Home Karier Banyak Peminat, Ayo Cari Tahu Peluang Kerja Jurusan Hubungan Internasional Di Sini

Banyak Peminat, Ayo Cari Tahu Peluang Kerja Jurusan Hubungan Internasional Di Sini

by Mas Abadi
prospek kerja hubungan internasional

Apakah kamu sedang bersiap siap untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi? Jika iya, maka kamu juga harus memutuskan akan mengambil jurusan apa. Ada banyak jurusan yang bisa kamu sesuaikan dengan kemampuan dan passion kamu, seperti misalnya jurusan Hubungan Internasional. Lantas, sebenarnya bagaimana prospek kerja hubungan internasional? Simak di sini.

Berkenalan Lebih Dekat Dengan Jurusan HI

Hubungan Internasional atau yang juga ngetren dengan singkatan HI, erat kaitannya dengan upaya sebuah negara dalam menghadapi tantangan Internasional. Mulai dari isu keamanan, kemiskinan lewat jalur kerja sama antarnegara hingga ketidakseimbangan perdagangan dunia. Untuk kamu yang memang bercita cita menjadi diplomat jurusan ini dirasa cocok.

Sebab ketika kamu kuliah di jurusan HI, kemungkinan besar kamu akan merasakan atmosfer internasional yang begitu kental. Tentu saja melalui beragam simulasi pertemuan penting yang ada di dunia. Misalnya sidang PBB, tentu saja akan sangat seru dan menyenangkan. Dimana nantinya kamu ikut terlibat menjaga hubungan antarnegara.

Untuk kamu yang memiliki karakter tekun, kritis, independen serta berwawasan luas maka kamu sudah memiliki bekal karakter jurusan ini. Ditambah jika kamu juga suka menganalisa dan melakukan riset. Kamu yang memiliki ketrampilan komunikasi dan interpersonal juga cocok dengan jurusan ini. Begitu juga dengan yang menyukai kegiatan memecahkan masalah.

Menginjakkan kaki di jurusan ini, kamu juga akan belajar banyak hal. Beberapa kajian yang nantinya kamu pelajari mulai dari diplomasi dan negosiasi, hukum internasional, globalisasi, politik internasional hingga ekonomi internasional. Untuk prospek kerja jurusan hi juga masih terbuka lebar dan memiliki masa depan yang terbilang cerah.

Dunia Perkuliahan Jurusan Hubungan Internasional

Setelah tahu sedikit tentang apa saja yang kiranya bisa kamu pelajari, kamu penasaran juga dengan dunia kuliahnya? Menempuh pendidikan ini, layaknya Strata 1 lainnya waktu tempuhnya selama 8 semester atau 4 tahun. Cakupan materi jurusan satu ini sangat luas seperti yang tadi sempat disinggung.

Untuk bidang kajiannya di studi Perdamaian Internasional misalnya, kamu akan diajak untuk menganalisis keterlibatan aktor yang terlibat dalam perang atau isu keamanan Internasional. Selain itu, kamu juga akan tahu bagaimana konteks hingga norma baru di dunia internasional. Hingga hukum humaniter yang membantu dan membina damai di kancah Internasional.

Mata kuliah yang bisa kamu ambil juga tak kalah banyak dengan prospek kerjanya. Kamu akan belajar Sejarah Hubungan Internasional sampai Sejarah Diplomasi. Mengintip Politik Internasional, Hukum Internasional hingga hubungan Internasional di berbagai belahan dunia. Untuk gelarnya beragam, ada yang Sarjana Hubungan Internasional, Sarjana Sosial maupun Sarjana Ilmu Politik.

Baca Artikel Selanjutnya : Mengulik Tuntas Peluang Kerja Jurusan Ilmu Pemerintahan

Peluang Kerja Untuk Lulusan Hubungan Internasional

prospek kerja hubungan internasional

1. Diplomat

Prospek kerja jurusan hi yang pertama adalah menjadi seorang Diplomat. Dimana jurusan ini menjadi prioritas di Kementerian Luar Negeri. Bahkan kamu memiliki peluang untuk bergabung dengan lembaga internasional sekelas PBB. Apalagi jika kamu memiliki nilai plus dengan penguasaan bahasa asing yang mumpuni, menjadi diplomat luar negeri bukan hanya mimpi.

2. Politikus

Kamu ingin terjun di dunia politik? Dengan mengambil jurusan ini kamu bisa meraih mimpi menjadi seorang politikus. Mengingat kamu memiliki ilmu yang tak jauh dari dunia politik. Gaji yang bisa kamu dapatkan dari pekerjaan ini cukup besar, dari puluhan sampai belasan juta.

3. International Officer

Kamu yang mengambil jurusan HI, juga bisa bekerja di kantor Internasional. Instansi kelas Internasional membutuhkan orang orang sepertimu untuk bergabung dengan timmu. Mulai dari kedutaan sampai Kementrian Luar Negeri bisa kamu tuju. Gaji dari pekerjaan ini menggiurkan, mulai dari Rp 5 juta sampai puluhan juta setiap bulannya.

4. Dosen

Kamu ingin bergerak di bidang pendidikan setelah lulus nanti? Tentu saja bisa dilakukan. Tetapi kamu harus melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi yakni pascasarjana. Kamu bisa memanfaatkan ilmu yang kamu dapatkan untuk dibagi ke mahasiswa kamu. Gajinya lumayan, mulai dari Rp 5 juta sampai belasan juta.

5. Jurnalis

Kamu yang mengambil HI juga memiliki prospek kerja lulusan HI sebagai jurnalis. Ilmu yang kamu dapatkan di bangku kuliah cukup mumpuni jika untuk menjadi jurnalis. Kamu yang terbiasa menganalisis bisa menemukan sisi berita yang menarik. Untuk gaji sebagai jurnalis sendiri beragam, mulai Rp 3 juta untuk jurnalis pemula.

6. Konsultan Internasional

Profesi sebagai seorang Konsultan Internasional dibutuhkan untuk menjalin hubungan baik dalam skala Internasional. Prospek pekerjaan ini terbilang menjanjikan, sangat cocok untuk kamu yang suka memecahkan masalah. Karena adanya Konsultan Internasional berperan untuk menjadi pendamping serta penasihat agar hubungan Internasional tetap terjaga.

Kini kamu yang ingin mengambil jurusan Hubungan Internasional tak perlu ragu lagi. Prospek kerja Hubungan Internasional masih terbilang luas dan terbuka lebar. Kendati demikian, pastikan kamu untuk selalu mengasah skill kamu agar tetap bisa bersaing di masa depan. Terutama skill menguasai beberapa bahasa asing, selain Bahasa Inggris.

You may also like