Home Karier Banyak Dicari, Berikut Prospek Kerja Akuntansi yang Wajib Kamu Ketahui

Banyak Dicari, Berikut Prospek Kerja Akuntansi yang Wajib Kamu Ketahui

by Mas Abadi
prospek kerja akuntansi

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan jurusan akuntansi. Bahkan jurusan dalam rumpun soshum ini tidak pernah sepi akan peminat. Setiap tahunnya, animo calon mahasiswa yang memilih akuntansi selalu tinggi. Lantas bagaimana sebenarnya prospek kerja akuntansi hingga membuatnya banyak peminat ? Simak ulasan berikut.

Mengenal Jurusan Akuntansi

Sebelum berbicara mengenai prospek, sebaiknya kamu terlebih dahulu mengenal lebih dalam terkait dengan jurusan satu ini. Bidang studi akuntansi mempelajari materi mengenai penyusunan laporan keuangan dan metode pencatatannya, guna membantu pemangku kepentingan yang dalam hal ini bisa suatu perusahaan, pada proses pengambilan keputusan.

Beberapa pengetahuan dan keahlian yang akan diperoleh mahasiswa jurusan akuntansi yaitu kemampuan dalam mengelola keuangan, kemampuan mengevaluasi anggaran, menyajikan laporan keuangan, menilai laporan keuangan, analisis, hingga menginterpretasikan angka. Ini alasan kenapa kamu harus memilih jurusan akuntansi.

1. Jurusan dengan Grade Tinggi

Bidang studi akuntansi merupakan salah satu jurusan yang mempunyai passing grade tinggi dalam dunia akademik. Sehingga tidak sembarang orang tentu dapat memasukinya. Di dunia kerja pun, orang yang merupakan lulusan akuntansi cukup dihormati oleh masyarakat. Pasalnya semasa kuliah dituntut memiliki kemampuan mumpuni akibat dari grade-nya yang tinggi.

2. Latar Belakang Pendukung Bisnis

Apabila kamu nantinya berminat untuk membuka bisnis sendiri dibandingkan kerja kantoran, maka jurusan akuntansi ini bisa menjadi pendukung yang hebat. Lihat saja bagaimana banyaknya lulusan akuntansi yang mampu menciptakan lapangan kerja. Pasalnya dasar dasar bisnis akan sangat dipengaruhi oleh bidang akuntansi.

3. Prospek Kerja Luas

Inilah yang menjadi salah satu alasan banyaknya peminat jurusan satu ini. Pasalnya prospek kerja jurusan akuntansi memang sangat luas, dengan pilihan karir yang cemerlang. Bahkan peluang dari lulusan akuntansi tidak pernah ada matinya, sebab dunia selalu butuh seorang akuntan. Dan industri apapun dapat dimasuki oleh lulusan akuntansi.

Baca Artikel Selanjutnya : Kuliah Jurusan Ekonomi Pembangunan? Simak Prospek Kerjanya Disini!

Prospek Kerja dari Lulusan Akuntansi

prospek kerja akuntansi

1. Akuntan

Bagi kamu yang merupakan lulusan akuntansi, maka sangat memungkinkan untuk berkarir sebagai akuntan baik publik maupun privat. Akuntan publik merupakan akuntan yang dapat membuka jasa akuntan ke ranah publik, karena telah memperoleh izin dari Menteri Keuangan. Biasanya gaji seorang akuntan publik bisa mencapai 5 hingga 10 juta rupiah per bulannya.

Sementara akuntan privat atau biasa pula disebut sebagai akuntan intern, adalah seorang akuntan yang menyusun keperluan akuntansi suatu organisasi atau perusahaan. Dengan kata lain kamu akan bekerja untuk satu perusahaan saja. Profesi satu ini juga bisa memiliki peluang gaji yang tinggi, terlebih jika perusahaan mempunyai taraf tinggi.

2. Auditor

Prospek kerja jurusan akuntansi berikutnya yaitu menjadi seorang auditor. Biasanya seorang auditor ini akan dibutuhkan saat suatu organisasi atau perusahaan sedang melakukan pengawasan keuangan. Dimana tugas dari auditor adalah meninjau catatan keuangan perusahaan tersebut agar akurat.

Jadi dalam hal ini seorang auditor memiliki peranan yang penting untuk memastikan akurasi dari keuangan perusahaan. Profesi auditor ini juga ada audit eksternal dan audit internal, yang mana seorang audit internal berasal dari pihak perusahaan sendiri. Sementara audit eksternal dilakukan oleh kantor akuntan publik yang telah bersertifikat.

3. Tax Manager

Bahkan seorang lulusan akuntansi juga bisa menduduki jabatan tax manager. Hal ini karena semasa duduk di bangku perkuliahan, mahasiswa jurusan akuntansi akan diajarkan pula terkait dengan materi pajak. Tugas dari seorang tax manager sendiri yaitu memimpin serta mengelola segala praktik terkait dengan perpajakan dalam perusahaan.

Apabila kamu ingin berkarir dalam lingkup global, maka peluang menjadi international tax manager juga terbuka di depan mata. Namun tentu saja manajer pajak internasional ini mempunyai ruang lingkup serta tanggung jawab yang lebih besar dan agak berbeda, jika dibandingkan dengan bekerja untuk suatu perusahaan.

4. Penasihat Keuangan

Penasihat keuangan atau financial advisor menjadi salah satu profesi yang dapat dilirik oleh lulusan akuntansi sebagai kesempatan berkarir. Dimana tugas utama dari seorang financial advisor yaitu memberikan nasihat keuangan kepada para klien. Sehingga seorang penasihat keuangan ini juga harus mampu membangun kepercayaan di antara klien.

Mereka yang menjabat sebagai penasihat keuangan juga harus tanggap dalam menjawab pertanyaan serta masalah yang dihadapi klien. Pasalnya seorang financial advisor akan membantu klien dalam merencanakan tujuan ke depannya, baik jangka panjang maupun jangka pendek termasuk terkait dengan investasi.

5. Budget Analyst

Budget analyst atau perencana anggaran menjadi salah satu prospek kerja lulusan akuntansi yang cukup menjanjikan. Gaji yang ditawarkan pada profesi ini sangat variatif, tergantung keputusan klien atau pihak perusahaan. Dan tugas dari seorang budget analyst ini sesuai namanya, yaitu menganalisis dan menyusun perencanaan keuangan perusahaan.

Prospek kerja akuntansi memang sangat luas, bahkan seorang lulusan akuntansi bisa menduduki berbagai jabatan di suatu perusahaan. Hal ini tak ubahnya karena bidang studi akuntansi sendiri, yang materinya dapat diaplikasikan langsung dalam kehidupan sehari hari. Tidak heran jika peminat dari jurusan ini selalu tinggi setiap momen penerimaan mahasiswa baru.

You may also like