Home Tips Bagaimana Sih Seharusnya Kita Bersikap Kaya?

Bagaimana Sih Seharusnya Kita Bersikap Kaya?

by Mas Abadi

Hampir seluruh orang menginginkan untuk menjadi kaya. Tapi apa yang harus dilakukan agar dapat mewujudkannya? Bagaimana bila kita meniru segelintir orang-orang yang kaya dan masih mempunyai hati nurani dalam menggunakan uangnya sebagaimana mestinya? Jauh dari pada itu, sebelum meniru pola hidup sebagai orang kaya, sebaiknya Anda mempersiapkan diri sebagai orang kaya.

Kiat dan persiapan yang perlu Anda lakukan yakni mengendalikan diri serta mempunyai kondisi keuangan yang baik tentunya. Tak ada orang kaya sukses dengan memiliki kepribadian serta pengendalian dirinya yang buruk. Bila seseorang mempunyai sikap seperti ini, harta yang dimiliki tentunya akan cepat habis, terkait apapun yang dilakukan. Maka dari itu, berikut beberapa cara yang dapat Anda terapkan dalam mengelola harta seperti orang kaya yang bijak pada umumnya.

Beberapa Cara untuk Bersikap Kaya

1.       Waspada Terhadap Promosi dan Diskon yang Menggiurkan

Tak ada yang dapat memungkiri bahwa pihak penjual produk apapun akan menerapkan berbagai cara agar dapat menarik perhatian para pelanggan supaya mau membeli barang atau sebuah produk yang mereka miliki. Orang kaya biasanya tidak mudah tergiur oleh diskon yang ditawarkan di berbagai produk.

Mereka akan selalu mempertimbangkan harga dengan kualitasnya. Justru mereka akan memilih untuk mau mengeluarkan uang lebih besar, tapi tergolong jarang membeli produk murah untuk frekuensi yang tinggi.

2.       Fokus Pada Masa Depan

Menjadi salah satu pembeda antara sikap orang biasa dengan orang kaya yakni visi dalam menyongsong masa depan. Kebanyakan orang kaya akan melihat segala hal itu untuk jangka waktu yang panjang. Konsep inilah membawa mereka bisa berhasil sebab sudah mempertimbangkan dan mempersiapkan apa yang mesti dimiliki di kemudian hari agr dapat menghadapi berbagai situasi kondisi sesuai perkiraan.

3.       Berbelanja Memang untuk Kebutuhan Pribadi

Apa yang ingin Anda beli tentu itu untuk mengutamakan kebutuhan Anda sendiri dan bukan hanya sekedar gengsi. Orang kaya tentu tidak perlu memberitahu bahwa mereka orang kaya dengan mempunyai barang yang bisa membuat masyarakat luas terkesan. Orang kaya sukses selalu memilih sikap apa adanya serta tidak memperdulikan komentar orang lain.

4.       Rencanakan secara Detail Anggaran Finansial Anda

Sebaiknya jangan memberi gambaran secara garis besar untuk urusan belanja yang nantinya Anda jalankan dengan menggunakan perkiraan harga. Anda wajib merencanakan pengeluaran kebutuhan secara detail, setelah itu barulah Anda berbelanja berbagai kebutuhan rumah tangga dan lain sebagainya.

5.       Bekerja Keras dan Bekerja Cerdas

Tidak ada yang bisa kaya tiba-tiba tanpa bekerja keras. Agar seseorang bisa bertahan dengan kekayaan yang dipunya, Tentu perlu yang namanya bekerja cerdas, karena tak ada satupun orang kaya di dunia ini yang bisa mengumpulkan kekayaannya dari hasil santai atau bermalas-malasan kecuali jika orang tersebut anak raja, maka wajar hal tersebut dapat terjadi.

6.       Simpan Pendapatan Anda

Sikap orang kaya bisa dilihat dimana mereka tak akan menghabiskan uangnya secara Cuma-Cuma dan terus menerus. Berangkat dari kebiasaan yang selalu melihat situasi dan kondisi untuk jangka panjang akhirnya membuat mereka lebih mempunyai persiapan lebih baik perihal keuangan. Hal tersebut membuat para orang kaya ini tidak begitu tergantung oleh kondisi pasar yang kerap berubah-ubah dan tidak bisa ditebak.

7.       Mencoba Menawar Ketika akan Berbelanja Apapun

Hanya karena orang kaya, tidak berarti seseorang sudah tidak perlu lagi menawar untuk membeli suatu barang atau jasa. Apalah artinya jika Anda mengeluarkan dana lebih besar untuk membeli sesuatu sedangkan orang lain dapat memperolehnya dengan nilai yang lebih murah? Maka orang kaya sekalipun tetap mencoba menawar harga suatu barang yang akan dibeli.

8.       Melakukan Investasi dengan Bijak

Kebanyakan orang kaya mempunyai kebiasaan seperti menyisihkan penghasilan mereka lalu dialokasikan ke kebutuhan investasi. Upaya ini untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi berbagai risiko yang bisa saja terjadi di kemudian hari, dengan begitu seseorang akan lebih percaya diri dalam mengarungi kehidupan.

9.       Berhati-Hati dengan Pengeluaran

Para pengusaha sukses bukanlah orang yang tak mempunyai rencana pengeluaran. Sebaliknya, justru mereka akan lebih berhati-hati saat mengeluarkan uang untuk berbelanja dan membayar kebutuhan lainnya. Mereka akan jauh lebih menghindar dalam membayar suatu hal yang dirasa tidak begitu penting.

10.   Mengatur Finansial dengan Baik

Menjadi kaya bukan hanya tentang bekerja keras saja lalu mengumpulkan uang yang banyak, namun juga soal cara Anda dalam mengelola uang yang bisa mengantarkan Anda menjadi orang kaya. Karena sebesar apapun gaji atau pendapatan Anda, percayalah bahwa tak akan membuat Anda menjadi orang kaya apabila tidak dapat mengelola uang sendiri serta yang paling penting selalu berbagi ke orang-orang yang lebih membutuhkan. Karena do’a dari orang yang tertolong merupakan kunci utama berkahnya sebuah rejeki yang Anda miliki.

You may also like