Home Tabungan Bagaimana Cara Buka Giro Bank Syariah dan Berapa Biayanya?

Bagaimana Cara Buka Giro Bank Syariah dan Berapa Biayanya?

by Mas Abadi
Giro bank syariah

Bank Syariah Indonesia merupakan bank syariah paling besar yang ada di negara Indonesia saat ini, dimana bank tersebut terdiri dari gabungan 3 bank syariah BUMN, yakni BNI Syariah, BRI Syariah, Mandiri Syariah. Mereka menawarkan berbagai produk simpanan dan salah satunya yaitu Giro Bank Syariah.

Simpanan giro biasanya dipakai untuk nasabah yang mempunyai aktivitas keuangan untuk jumlah yang besar serta intensitasnya yang lumayan sering. Karena gito tidak memberi batasan maksimum penarikan serta waktu untuk penarikannya.

Hal ini sangat berbeda jika dibandingkan oleh tabungan yang mana memiliki batas maksimum penarikan per harinya. Giro Bank Syariah Indonesia adalah simpanan giro yang berjalan dengan menganut prinsip syariat Islam. Nah, untuk penjelasan lebih lengkapnya, silahkan simak artikel ini sampai habis dan akan mengupas banyak hal mengenai produk tersebut.

Cara Membuka Giro Bank Syariah Indonesia

Membuka Giro BSI dapat Anda lakukan dengan mendatangi langsung kantor Bank Syariah Indonesia. Berikut cara untuk dapat membukanya, antara lain:

  •         Mengunjungi kantor cabang BSI terdekat
  •         Lalu mengambil nomor antrian di bagian CS
  •         Isi formulir khusus pembukaan rekening baru giro rupiah
  •         Membawa beberapa dokumen dan data diri berupa KTP bagi WNI dan membawa KITAS bagi WNA lalu siapkan NPWP
  •         Menyiapkan setoran pertama sebesar 500 ribu
  •         Kemudian tunggu sampai proses pembuatan rekening giro selesai

Jika pendaftaran selesai, Anda akan memperoleh berbagai fasilitas sebagai seorang nasabah bank, berupa layanan CMS (Cash Management System) atau e-channel yang dapat dipakai untuk bisa memantau pergerakan rekening giro Anda seperti transfer, cek saldo, sampai cetak rekening koran.

Produk Giro BSI

Produk Giro dari Bank Syariah Indonesia merupakan sarana penyimpanan uang dalam bentuk mata uang rupiah. Dimana simpanan tersebut dikelola sesuai prinsip syariat Islam yaitu wadiah dhamanah.

Untuk akadnya sendiri wadiah dhamanah berarti 2 belah pihak sudah sepakat untuk melakukan kerja sama untuk keperluan pengurusan uang atau dana. Pihak nasabah memiliki peran sebagai orang yang menitipkan sebuah barang. Sementara Bank syariat Islam sebagai pihak penerima titipan barang tersebut.

BSI mempunyai kewenangan dan hak untuk memanfaatkan uang tersebut serta wajib mengembalikan uang dalam jumlah yang utuh jika suatu saat diminta atau diambil kembali oleh nasabah. Berdasarkan ketentuan bank, pihak nasabah giro mempunyai hak untuk memperoleh keuntungan senilai 3% yang diambil dari hasil pengelolaan uang yang sudah dilakukan oleh pihak bank. Di dalam aturan bank syariah sendiri, keuntungan ini disebut dengan nisbah atau sebuah bonus.

Rekening giro di Bank Syariah Indonesia umumnya dipakai untuk keperluan pengusaha, baik untuk sebuah lembaga atau usaha perorangan. Selain itu rekening giro di BSI tidak hanya dapat dibuka bagi warga asli Indonesia saja, melainkan orang dari negara asing yang mempunyai izin untuk menetap sementara juga dapat membukanya.

Syarat untuk Membuka Giro BSI

Sebelum Anda melakukan pembukaan, sebaiknya pastikan dahulu jika Anda sudah memenuhi seluruh persyaratan yang sudah ditentukan. Giro Bank Syariah Indonesia dibuka bukan hanya untuk masyarakat asli Indonesia saja, tapi juga memberikan kesempatan untuk para WNA yang sudah mempunyai surat izin tinggal sementara.

Beberapa syarat yang diperlukan, antara lain:

  •         NPWP
  •         Dokumen berupa KTP bagi Warga Negara Indonesia (WNI)
  •         Dokumen KITAS bagi Warga Negara Asing (WNA)
  •         Formulir pembukaan giro
  •         Menyiapkan uang untuk setoran awal sebesar 500 ribu

Keunggulan Produk Giro Bank Syariah Indonesia (BSI) 

Secara garis besar, keunggulan yang ada pada rekening giro yaitu  menjaga uang lebih aman. Sebab pihak bank, berperan sebagai pihak yang dititipkan sejumlah dana serta mempunyai tanggung jawab dalam pengelolaannya dan mengembalikan dana tersebut ke pihak nasabah dalam kondisi yang utuh ketika akan ditarik sewaktu-waktu oleh nasabah tersebut. Maka dari itu, jangan khawatir terkait adanya potongan bunga atau mengalami kerugian karena pengelolaan keuangan yang buruk.

Tidak hanya itu, jika Anda ingin melakukan transaksi dalam jumlah yang besar, Anda tentu tidak perlu repot-repot lagi membawa uang cash yang banyak. Dimana Anda hanya perlu menggunakan bilyet giro atau cek. Tidak seperti rekening tabungan biasa yang umumnya memiliki batas maksimum untuk melakukan transaksi setiap harinya.

Nah, untuk Anda yang ingin mengetahui keunggulan dari Giro Bank Syariah Indonesia, antara lain:

  •         Nasabah dapat memperoleh bonus bulanan berdasarkan ketetapan dari pihak bank
  •         Transaksi sangat mudah dan dapat menggunakan bilyet giro atau cek
  •         Tiap bulannya akan memperoleh laporan transaksi dan dikirim secara rutin
  •         Tersedia fasilitas kartu debit berupa ATM yang akan memudahkan setiap melakukan transaksi
  •         Menerapkan akad wadiah dhamanah dimana para nasabah dapat terhindar dari yang namanya kerugian dari sistem pengelolaan uang suatu bank.

 

 

You may also like