Home Tips Atasi Pembengkakan Tagihan Listrik Dengan Cara Ini

Atasi Pembengkakan Tagihan Listrik Dengan Cara Ini

by Mas Abadi

Saat ini listrik merupakan sumber energi yang sangat dibutuhkan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Baik di rumah untuk keperluan pencahayaan, masak, air dan elektronik. Untuk di tempat kerja, sekolah, jalanan mall bahkan pasar semuanya membutuhkan listrik sebagai bagian hidup sehari-hari. Maka kita sepakat bahwa listrik merupakan elemen paling penting dalam kehidupan. 

Tetapi masyarakat masih belum menyadari bahwa penggunaan listrik seharusnya bisa dibatasi. Karena listrik dipakai oleh semua lapisan masyarakat dan memiliki energi yang terbatas. Sehingga pemborosan listrik adalah suatu hal yang dapat memperburuk keberadaan listrik itu sendiri. Selain itu jika kita menggunakan listrik di rumah dengan boros, akan menyebabkan pembengkakan untuk tagihan listrik yang kamu pakai. 

Zaman sekarang semuanya serba mahal, jadi pastikan untuk selalu hemat dalam segala hal. Terutama hemat untuk pemakaian listrik. Nah ini dia cara atasi pembengkakan tagihan listrik yang harus kamu lakukan. 

Menggunakan Listrik Hanya Saat Dibutuhkan

Apakah saat di rumah, kamu termasuk orang yang senang menyalakan semua sambungan listrik? Menyalakan televisi, mendengarkan radio, menyalakan AC, membiarkan air terus menyala dan kebiasaan boros listrik lainnya? Padahal sebenarnya kamu tidak membutuhkan semua itu. Dirumah mungkin menyalakan televisi dan radio agar tidak sepi saja, itu adalah kebiasaan menggunakan listrik yang sangat tidak bijak. 

Mulai sekarang gunakanlah listrik hanya saat dibutuhkan saja. Misalnya kamu hanya ingin di rumah tidak sepi, bisa nyalakan salah satu antara tv atau radio. Sedangkan jika menggunakan AC, memang sedang gerah bukannya karena kamu tidak memberikan udara masuk sehingga di dalam pengap sehingga harus menggunakan AC padahal udara di luar sangat segar. 

Menggunakan Pencahayaan di Rumah dengan Lampu LED

Setiap rumah sekarang membutuhkan pencahayaan untuk menerangi rumahnya. Biasanya rumah akan menggunakan lampu untuk pencahayaan tersebut. Lampu yang dipakai oleh masyarakat kebanyakan adalah lampu dengan watt yang tinggi atau lampu dengan daya penyerapan listrik tinggi tetapi murah di pasaran. Padahal ada jenis lampu yang hemat pada listrik. 

Kamu bisa berhemat dengan lampu jenis LED selain menghemat listrik, lampu LED juga memiliki pencahayaan yang lebih terang dari lampu biasanya. Kamu cukup menambah sedikit uang untuk harga lampu ini, tetapi memiliki keuntungan yang berlipat yaitu pencahayaan yang lebih terang dan dapat menghemat listrik. Jangan tergiur dengan lampu murah di pasaran tapi menyedot listrik yang besar dan membuat tagihan listrik membengkak. 

Matikan Penggunaan Listrik Ketika Setelah Dipakai

Selain menggunakan listrik saat dibutuhkan saja, kamu juga harus selalu ingat untuk mematikan penggunaan listrik setelah dipakai. Misalnya lampu, jika sudah pagi harus dimatikan. Keran air, jika sudah penuh di matikan. Televisi, jika sudah tidak ingin nonton dimatikan dan kebiasaan mematikan listrik setelah penggunaan lainnya. 

Cara ini memang terdengar sederhana dan mudah dilakukan, tetapi dalam praktek nya tetap saja masyarakat lebih sering lupa untuk mematikan listrik setelah menggunakannya. Kebanyak lagi beranggapan bahwa kebiasy tersebut tidak berpengaruh apa-apa. Padahal hal ini sangat menentukan tagihan listrik yang nanti akan kamu bayar. 

Cabutlah Seluruh Kabel Jika Tidak Diperlukan

Siapa nih yang kebiasaan nya membiarkan seluruh kabel yang menempel di kontak  listrik begitu saja? Ini juga harus sering kamu perhatikan loh. Biasanya kabel seperti charge handphone, charge laptop, kabel mejikom dan kabel lainnya yang selalu dibiarkan menempel pada kontak listrik. Padaha kebiasaan ini juga dapat menyedot listrik di rumah loh. Selain itu, membiarkan kabel terus mencolok akan membuat tegangan listrik tidak stabil dan membahayakan orang rumah. 

Hemat Dalam Penggunaan Alat Elektronik

Zaman sekarang pasti penggunaan alat elektronik makin meningkat. Seperti handphone, laptop, komputer, televisi dan yang lainnya. Karena seluruh informasi ada di dalam alat tersebut membuat kamu lupa waktu memainkan dan menggunakan nya. Sehingga misalnya handphone cepat habis daya dan kamu harus men charge nya. 

Lebih parah lagi jika alat elektronik tersebut menjadi tidak bagus kualitas baterai nya, sehingga baru di gunakan sebeni sudah mati. Lalu saat charge juga membutuhkan waktu lama. 

Cek Listrik Sebelum Meninggalkan Rumah

Jika kamu sering meninggalkan rumah dengan keadaan kosong, maka kamu harus meninggalkan nya dengan keadaan listrik di rumah sudah di matikan. Selain untuk berhemat karena seluruh listrik tidak dipakai, kamu juga bisa meminimalisir musibah terjadinya tegangan listrik. Hal ini sering sekali terjadi saat rumah kosong dibiarkan dengan listrik menyala. 

Nah itu dia cara atasi pembengkakan tagihan listrik yang harus kamu ketahui dan ikuti. Menghemat listrik memang sulit untuk dilakukan, karena kita sudah terbiasa dengan lampu yang terang setiap saat, terbiasa boros menggunakan elektronik, terbiasa lupa mencabut kabel, terbiasa menyalakan televisi meskipun tidak di tonton dan kebiasaan buruk lainnya yang sulit untuk dirubah. Tetapi, kembali lagi pada niat awal yaitu mengatasi pembengkakan tagihan listrik semoga menjadi motivasi agar tidak boros lagi menggunakan listrik. 

You may also like