Home Perencanaan Aplikasi Untuk Pengatur Keuangan Agar Terkendali

Aplikasi Untuk Pengatur Keuangan Agar Terkendali

by Mas Abadi
ilustrasi aplikasi pengatur keuangan

Mungkin sebagian dari Anda adalah orang yang tidak begitu suka mencatat untuk mengatur keuangan. Padahal hal ini sangatlah penting agar masalah keuangan dapat terkendali. Namun, bagi Anda yang sekiranya memang ingin lebih mudah, dapat menggunakan aplikasi untuk pengatur keuangan. Aplikasi yang satu ini ternyata cukup membantu sekali. 

Jenis Aplikasi Untuk Pengatur Keuangan 

Menggunakan aplikasi yang memang diperuntukan dalam pengaturan keuangan dapat dijadikan alternatif yang tepat bagi Anda yang kesulitan dalam masalah pengelolaan uang. Di bawah ini sendiri ada beberapa daftar aplikasi yang bisa membantu Anda dalam mengatur keuangan: 

  • Money Lover 

Aplikasi pertama yang bisa digunakan dalam pengaturan keuangan adalah Money Lover. Aplikasi yang satu ini termasuk popular, karena selain bisa mencatat pengeluaran sehari-hari, Anda juga bisa mengkategorikan pengeluaran. Semisalnya seperti uang makan, transportasi dan lain sebagainya. 

Money Lover juga menjadi salah satu aplikasi yang sangat mudah sekali digunakan, di mana Anda bisa dengan mudah menghitung pengeluaran apa yang paling besar dengan berdasarkan kategori yang ada. Tentu saja ini akan membantu Anda dalam melakukan pengaturan keuangan, apalagi jika Anda tahu kelompok mana saja yang perlu dijadikan fokus dalam mengatur keuangan. 

  • Monefy 

Aplikasi yang selanjutnya adalah Monefy. Untuk dasarnya aplikasi ini adalah sama saja dengan jenis aplikasi sebelumnya. Hanya saja, secara visual tampilan dari aplikasi ini lebih sederhana dibandingkan dengan Money Lover. Tapi, aplikasi Monefy ini bisa dijadikan acuan ketika Anda ingin mencatat pengeluaran keuangan harian hingga bulanan. 

Aplikasi ini juga memiliki fitur widget, sehingga Anda bisa mengatur masalah keuangan dengan langsung dari home screen. Untuk mendapatkan aplikasi yang satu ini, Anda bisa mendownloadnya di Google Play Store bagi pengguna Android dan Apple Store untuk pengguna iOS. 

  • Money Manager Expenses and Budget 

Bagi Anda yang memang membutuhkan bantuan untuk mengatur dalam hal keuangan, Anda mungkin akan suka dengan aplikasi Realbyte Money Manager Expenses dan Budget yang satu ini. Aplikasi ini dinilai memiliki kinerja yang cukup baik dalam bidangnya. Di mana Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengatur pengeluaran setiap bulan beserta mengatur budget uang yang diperlukan. 

  • Teman Bisnis 

Untuk aplikasi yang satu ini sendiri seperti namanya, diperuntukan bagi Anda yang baru saja memulai bisnis. Aplikasi ini memiliki fitur yang cukup lengkap dalam pencatatan keuangan yang terjadi dalam bisnis. Di mana Anda bisa juga membuat kategori masing-masing berdasarkan keperluan. 

aplikasi keuangan baru

Aplikasi ini juga bisa membantu Anda melihat berapa pengeluaran serta keuntungan yang didapatkan dalam sehari, mingguan ataupun bulanan. Anda dapat mendownload aplikasi ini di Google PlayStore bagi yang menggunakan Android dan juga juga di Apple Store yang menggunakan iOS. 

  • AndroMoney 

Jika Anda mencari aplikasi untuk mengatur uang yang terbaik, mungkin AndroMoney adalah salah satunya. Di mana aplikasi yang satu ini sendiri memiliki fitur lengkap dan juga sangat membantu Anda untuk mengatur uang. Anda bisa mencatat pengeluaran dan pemasukan berdasarkan waktunya serta kategori.

Aplikasi yang satu ini termasuk popular bagi masyarakat yang memang ingin belajar money manager. Kelebihan lain dari aplikasi ini sendiri adalah dari sisi tampilannya yang sangat sederhana. Sehingga akan memudahkan Anda dalam melakukan pencatatan keuangan. Apalagi AndroMoney juga tidak berat digunakan untuk ponsel pintar yang berspek rendah. 

  • Fast Budget 

Money manager yang satu ini mungkin salah satu aplikasi pengaturan yang paling menarik. Di mana memang aplikasi ini memberikan pengalaman yang berbeda. Fitur yang disediakan selain pencatatan keuangan baik itu yang masuk dan keluar, Anda juga dapat menikmati stiker-stiker lucu yang bergerak dan juga icon menarik. 

Sama seperti aplikasi money manager yang lainnya, bahwa Anda juga bisa mengatur keuangan sesuai dengan category yang dibutuhkan. Di mana ini akan membantu Anda untuk bisa selalu mengetahui aliran uang. Anda juga bisa mengatur batasan berapa uang yang harus digunakan baik untuk harian hingga bulanan. 

  • Google Sheet 

Bagi Anda yang bekerja di kantoran pasti paham dengan aplikasi yang satu ini, yaitu Google Sheet. Google sendiri menyediakan aplikasi yang dapat digunakan siapa saja untuk mencatat dan nantinya akan tersimpan di Google Drive masing-masing. Di mana tentu ini akan sangat membantu sekali bagi Anda yang memang tidak ingin terlalu repot melakukan penyimpanan. 

Google Sheet sendiri hampir sama dengan Microsoft Excel, di mana perbedaannya adalah data tidak akan hilang selama Anda masih memegang alamat email dan juga passwordnya. Pencatatan di aplikasi yang satu ini sendiri terbilang sangat disarankan karena bisa diakses baik itu komputer maupun ponsel. 

Dengan menggunakan aplikasi untuk pengatur keuangan diatas, maka Anda akan dengan mudah mengetahui pengeluaran yang dibutuhkan dalam sebulan. Sehingga uang pun dapat diatur dengan lebih sederhana dan tidak membingungkan.

You may also like