Home Tabungan Apa yang Dimaksud Kartu ATM? Cek Info, Jenis, Fungsi, dan Biayanya

Apa yang Dimaksud Kartu ATM? Cek Info, Jenis, Fungsi, dan Biayanya

by Mas Abadi

Kartu ATM merupakan kartu yang dapat dipakai menjadi fasilitas transaksi oleh para nasabah Bank di mesin EDC atau mesin ATM. Kartu ATM atau kartu debit bisa dipakai untuk melakukan transfer, setor tunai, cek saldo, sampai membayar tagihan. Sekarang, kartu debit pun dapat digunakan untuk melakukan transaksi non tunai sebagai pengganti uang cash.

Untuk penjelasan lebih lengkap tentang kartu ATM, jenis, fungsi dan biayanya, simak ulasannya di bawah ini. 

Jenis-jenis kartu ATM 

Saat ini jenis kartu ATM yang beredar di kalangan masyarakat memiliki dua jenis yang berbeda, yaitu kartu ATM chip dan kartu ATM magnetic. Jika dilihat sekilas memang keduanya terlihat sama. Tetapi, kedua ATM tersebut memiliki perbedaan teknologi yang dipakai sehingga sistem keamananya juga berbeda. 

  • Kartu ATM Chip 

Kartu ATM chip memakai teknologi yang lebih canggih dibanding sebelumnya yaitu kartu ATM magnetic stripe. Kartu ATM dengan chip ini lebih aman dari hacking atau pencurian data, penipuan dan skimming. 

Jika dilihat secara fisik, Anda bisa dengan mudah melihat adanya chip di kartu ATM berbentuk kotak kecil dengan warna emas yang mempunyai garis-garis di dalam nya, mirip dengan chip di kartu SIM ponsel. Chip yang ada di sisi depan kartu ini mempunyai CPU, sistem operasi, memori, fungi kriptografi dan aplikasi. 

Data yang ada di dalam kartu AT ini juga kompleks dan lebih banyak. Chip yang dipakai mempunyai standar National Standard Indonesian Chip Card Specification (NSICCS). Lalu, keabsahan dari kartu ATM chip ini bisa dipastikan menggunakan metode online CAM dan offline CAM. Apabila terjadi pemalsuan, kartu ini langsung bisa terdeteksi. Dengan demikian, nasabah juga dapat melakukan transaksi dengan lebih nyaman dan aman. 

  • Kartu ATM Magnetic Stripe 

Kartu ATM yang satu ini merupakan kartu debit yang pertama kali dirilis oleh bank-bank di Indonesia. Ciri khas dari kartu ATM ini bisa dilihat dari adanya paris hitam di sisi belakang kartu, biasa dikenal dengan pita. 

Kartu ATM magnetic stripe dapat menyimpan nama nasabah, expire data, nomor kartu dan juga data lainnya yang penting di dalam magnetic stripe tersebut. Seluruh data tersebut bisa terbaca saat di gesekkan ke mesin ATM atau ketika nasabah sedang melakukan transaksi. 

Namun, kartu ATM ini mempunyai sejumlah kelemahan. Apabila pita hitam di kartu ATM tergores, rusak, bahkan mengelupas, maka otomatis seluruh data tidak dapat lagi terbaca. Jika hal tersebut terjadi, nasabah harus langsung ke bank untuk mengganti kartu mereka sehingga dapat melakukan transaksi kembali. 

Selain itu, kartu ATM magnetic stripe ini sangat mudah untuk digandakan. Bank host dan terminal tidak bisa memastikan keaslian dari kartu ini jika dipakai untuk bertransaksi. Oleh sebab itu, pemilik kartu ini rawan sekali dengan penipuan, pencurian data dan skimming. 

Fungsi kartu ATM 

Sama dengan namanya, kartu ATM mempunyai berbagai fungsi untuk bertransaksi pada mesin ATM. Terdapat pula jenis-jenis transaksi yang dapat para nasabah lakukan memakai kartu ATM, yaitu: 

  • Cek Saldo 

Kartu ATM ini dapat dipakai untuk memeriksa saldo pada mesin ATM. Fungsi ini dapat nasabah lakukan dimana saja dan kapan saja sesuai dengan kebutuhan mereka. 

  • Tarik Tunai 

Dengan memakai kartu ATM, nasabah bisa melakukan tarik tunai atau pengambilan uang yang ada di rekening tabungan ketika mereka sedang membutuhkannya. 

  • Setor Tunai 

Selain itu bisa tarik tunai, nasabah juga bisa memakai kartu ATM untuk setor tunai ke rekening tabungan. Hal ini tentunya memudahkan para nasabah sehingga tidak perlu pergi ke bank hanya untuk menyetorkan uang saja. Tetapi, fungsi yang satu ini tidak dapat dilakukan di sembarang ATM. Fungsi setor tunai ini hanya bisa dilakukan di mesin ATM khusus setor tunai. 

  • Cek Mutasi Rekening

Selanjutnya, kartu ATM dapat dipakai untuk memeriksa mutasi rekening melalui mesin ATM. Apabila Anda hanya ingin tahu lima transaksi terakhir, Anda bisa lakukan pemeriksaan menggunakan ATM apapun tanpa perlu datang ke bank atau mencetak buku tabungan. 

  • Membayar Tagihan 

Anda bisa membayar tagihan menggunakan kartu ATM ini. Cukup datang ke ATM terdekat, Anda dapat membayar tagihan seperti air, listrik, telepon, BPJS Kesehatan, sampai tagihan cicilan motor dan lainnya. 

  • Transfer uang 

Tidak hanya bisa menarik dan menyetorkan uang ke rekening sendiri saja, kartu ATM ini dapat dipakai untuk memindahkan uang di rekening satu ke rekening yang lainnya. Hal ini biasa dikenal dengan transfer. Melalui mesin ATM memakai kartu ATM, Anda dapat transfer uang ke lain bank maupun ke sesama bank dengan limit yang telah disesuaikan dari bank. 

Biaya kartu ATM 

  • Biaya di Mesin ATM 

Saat bertransaksi dengan mesin ATM dari bank yang sama maka Anda tidak akan dikenakan biaya apapun. 

  • Biaya di Mesin ATM Bank Lain

Transaksi di mesin ATM lain menggunakan dari bank yang berbeda maka Anda bisa dikenakan biaya sekitar Rp 2.500 sampai Rp 6.500 ribu. 

 

You may also like