Home Tabungan Apa yang Dimaksud Dengan Teller Bank? Cek Info, Tugas dan Syaratnya

Apa yang Dimaksud Dengan Teller Bank? Cek Info, Tugas dan Syaratnya

by Mas Abadi
Teller bank

Petugas yang memiliki kewajiban melayani nasabah atau non nasabah adalah teller. Mereka bertugas membantu Anda ketika ingin melakukan transaksi perbankan, misalnya setor uang tabungan, transfer, mencairkan cek dan lain sebagainya.

Biasanya pada kantor bank, biasanya akan ada dua bagian yang memiliki tugas melayani nasabah, yaitu teller serta customer service yang memiliki tugas untuk melayani nasabah yang datang dan ingin melakukan membuka rekening, menanyakan informasi seputaran produk perbankan, pembuatan kartu ATM dan lainnya. 

Jadi, teller bank memiliki tugas yang berkaitan dengan transaksi keuangan, sedang customer service bertugas memberikan pelayanan seperti yang dijelaskan sebelumnya serta menanggapi keluhan dari nasabah.

Tugas serta tanggung jawab seorang teller

Seperti yang Anda ketahui, bila teller bank memiliki tugas untuk memberikan pelayanan pada nasabah perihal keperluan yang menyangkut transaksi keuangan serta administrasi lainnya, karena itu seorang teller wajib berhati-hati ketika menjalankan tugasnya.

Berikut adalah tugas serta tanggung jawab seorang teller yang perlu diperhatikan dan dijalankan dengan baik :

  • Melayani dan memproses transaksi nasabah

Telah menjadi tugas seorang teller untuk melayani semua transaksi nasabah yang berkaitan dengan setor dan menarik uang. Teller juga harus mempunyai ketelitian saat melakukan transaksi keuangan, misal menghitung jumlah uang dari nasabah yang akan diberikan maupun disetorkan. Juga mengecek apakah uang tersebut palsu atau tidak menggunakan pendeteksi (detektor) uang.

  • Cek identitas nasabah

Teller dituntut untuk teliti dalam memeriksa segala data milik nasabah yang akan melakukan transaksi. Misalnya informasi tentang tanggal, bank tujuan, serta identifikasi penerima dana juga kelegalitasan dari dokumen. 

  • Memasukkan data transaksi pada sistem

Teller wajib memasukkan semua data transaksi dari nasabah dan mengeluarkan resi (tanda terima) yang akan divalidasi.

  • Melakukan pemeriksaan kas

Tugas dari seorang teller lainnya adalah memeriksa kas serta menghitung transaksi yang berlangsung setiap harinya dengan menggunakan kalkulator atau alat hitung lainnya.

  • Melakukan tugas administrasi bank

Tugas seorang teller akan senantiasa berkaitan dengan administrasi, misalnya membuat catatan, pengarsipan, memasukkan data pada sistem dan sebagainya. Karena itu sebagai seorang teller ada baiknya memiliki keahlian dalam pengoprasian komputer yang baik.

  • Melayani nasabah dengan ramah

Karena tugas utama seorang teller berhubungan dengan pelayanan, karenanya wajib memberikan service yang ramah dan baik sehingga dapat tercipta sebuah hubungan harmonis dengan nasabah. Hal tersebut sangatlah penting bagi citra perbankan.

  • Menjaga counter

Seorang tidak diperbolehkan untuk meninggalkan area kerjanya, bila memang harus pergi karena hal mendesak. Mereka harus memastikan jika ada rekan lain yang tetap berada di counter agar dapat menggantikan sementada waktu.

  • Memeriksa uang deposit dan cek

Seorang teller harus siap melayani semua transaksi yang diinginkan nasabah, termasuk pencairan cek dan memastikan jika jumlah uang yang akan diterima oleh nasabah tidak salah serta memeriksa kembali segala kebutuhan lainnya.

Syarat menjadi teller bank

  • Pendidikan

Biasanya lowongan kerja posisi teller memberikan syarat minimal adalah lulusan Diploma, namun walau tidak jarang juga membuka bagi lulusan SMA. Profesi sebagai teller sebenarnya cukup berpeluang bagi jurusan lain, jika memang bank membutuhkan. Karena sebenarnya pihak perusahaan juga nantinya akan memberikan pelatihan bagi pegawai baru.

  • Punya karakter teliti dan detail oriented

Sebagai teller, Anda nantinya akan memiliki tugas berat. Karena harus melakukan banyak sekali pekerjaan yang berhubungan transaksi keuangan. Jumlah yang harus dihitung dan diproses tidak hanya ratusan ribu atau jutaan, namun bisa mencapai milyaran rupiah setiap harinya. Oleh sebab itu, pihak bank akan memilih orang-orang yang teliti agar dapat mengisi posisi tersebut.

  • Jujur dan berintegritas

Bank memiliki tanggung jawab yang besar, karena mereka dititipkan dana dalam jumlah besar oleh nasabah. Tidak hanya untuk satu atau dua tahun, namun bertahun-tahun lamanya. Karenanya, kejujuran merupakan hal utama di dalam perbankan. Termasuk bagi seorang teller.

  • Berpenampilan menarik

Walaupun ini bukanlah syarat mutlak, namun memang ada baiknya mereka yang menempati posisi sebagai teller memiliki penampilan menarik dan juga rapi. Beberapa lowongan bahkan memberikan syarat tinggi badan, bagi perempuan serta laki-laki.

Bahkan seorang teller juga diharuskan untuk memiliki kemampuan agar dapat mendukung pekerjaan yang dilakukan secara maksimal, misalnya :

  • Memiliki keahlian dibidang matematika yang baik, karena nantinya akan selalu berhubungan dengan hitung menghitung. Jadi, bila Anda tidak begitu menyukai kegiatan hitung menghitung, sebaiknya pertimbangkanlah kembali bila ingin menjadi teller.
  • Anda harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik.
  • Anda harus memiliki kemampuan yang baik dalam hal pengoperasian komputer, karena hampir semua transaksi saat ini dikerjakan secara online.
  • Anda harus memiliki keahlian dalam hal manajemen krisis, kemampuan ini bertujuan agar Anda dapat mengatasi kendala yang bisa datang kapan saja.

Itulah tadi penjelasan singkat mengenai teller bank, tugas yang dilakukan serta syarat bila Anda ingin bekerja sebagai teller. Anda harus benar-benar memahami tentang pekerjaan ini agar nantinya dapat melakukan segala aktifitas dengan baik.

You may also like