Home Investasi Apa Yang Dimaksud Dengan Kebebasan Finansial

Apa Yang Dimaksud Dengan Kebebasan Finansial

by Mas Abadi
kebebasan finansial

Kebebasan finansial saat ini menjadi tujuan utama generasi milenial yang sudah sadar mengenai masalah keuangan. Karena bila tidak menyadari tentang problem tersebut, Anda tidak akan dapat mencapainya. Lalu, apa yang dimaksud dengan kebebasan finansial itu sendiri?

Kebebasan Finansial

Kebebasan finansial merupakan sebuah kondisi dimana Anda tidak lagi harus bergantung ke orang tua atau yang lainnya untuk masalah keuangan. Dengan begitu tentunya Anda pastinya akan jauh lebih bahagia dan tidak terbebani.

Sebenarnya belum ada ahli atau pakar yang dapat menjelaskan secara pasti tentang kebebasan finansial ini. Karena itu, dalam prakteknya hal ini tentunya akan berbeda-beda pada setiap individu dan menjadi tolak ukur apakah seseorang itu sudah mampu atau tidak.

Cara supaya bisa memperoleh kebebasan finansial

Sebelumnya Anda telah sedikit mengetahui maksud dari financial freedom dan selanjutnya adalah cara agar Anda bisa memperoleh kondisi tersebut. Berikut adalah strategi yang harus dilakukan, bila Anda ingin merdeka secara finansial.

1. Belajar untuk mengelola keuangan

Bila Anda termasuk dalam generasi milenial, namun belum mempunyai penghasilan sendiri. Ada baiknya mulai saat ini belajar untuk mengelola keuangan dalam skala kecil, yaitu menyisihkan uang jajan pemberian orang tua. Belajar menabung sedini mungkin itu merupakan sebuah langkah tepat supaya dapat mencapai financial freedom.

Untuk yang sudah bekerja atau memiliki usaha sendiri, yuk mulai menyisihkan juga setidaknya 20% dari pendapatan bulanan Anda sebagai simpanan darurat. Kemudian sisanya bisa Anda anggarkan untuk kebutuhan bulanan. Anda harus dapat menekan keinginan akan sesuatu dan mendahulukan yang dibutuhkan.

Anda bisa membuat daftar anggaran bulanan, tuliskan semua hal yang masuk pada pengeluaran bulanan. Misalnya seperti tagihan listrik, air PAM, BPJS, kuota/pulsa dan lain-lain. Kemudian buat juga kebutuhan bulanan, contohnya beras, gas, bumbu dapur, sabun cuci serta belanjaan lain.

2. Mengubah kebiasaan

Bila Anda sudah belajar untuk dapat mengelola penghasilan yang dimiliki, nantinya Anda bisa melihat bagian mana yang salah dan merupakan kebiasaan buruk yang dimiliki. Apakah Anda adalah orang dengan sifat konsumtif atau bukan.

Bila memiliki pinjaman, uang tersebut dipergunakan untuk apa saja. Apakah memang yang dilakukan adalah hal yang bijaksana atau malah membuat arus keuangan yang Anda miliki jadi berantakan serta menjadi beban tersendiri.

Jika sudah menemukan dimana letak kesalahan dalam pengelolaan keuangan tersebut, selanjutnya yang harus dilakukan adalah memperbaikinya dan berusaha untuk tidak mengulangi perilaku tersebut agar Anda mudah mencapai tujuan, yaitu financial freedom.

3. Pemilihan karier

Salah satu hal terpenting untuk bisa memperoleh kebebasan finansial adalah penghasilan yang Anda miliki. Karena itu Anda jangan sampai salah memilih pekerjaan. Bukan berarti bila bekerja serabutan tidak bisa mencapai financial freedom, karena kembali lagi semua itu kembali masing-masing individu.

Hanya saja, semakin baik penghasilan yang Anda miliki maka akan mudah bagi Anda mewujudkannya. Apalagi ini menentukan bagaimana keadaan finansial di masa depan, misalnya 10 tahun atau 20 tahun kemudian.

4. Pertimbangkan untuk membuka rekening dana darurat

Selanjutnya adalah mempertimbangkan untuk membuka rekening tabungan, khusus dana darurat dan usahakan untuk tidak menggunakan dana tersebut bila tidak dalam keadaan genting.

5. Mulai berinvestasi

Mempertimbangkan untuk berinvestasi pada instrumen-instrumen yang sesuai juga bisa Anda lakukan. Misalnya berinvestasi pada emas atau menggunakan deposito yang ditawarkan oleh pihak bank. Kedua jenis investasi ini selalu direkomendasikan karena resiko gagalnya yang terbilang rendah.

Tanda orang bebas finansial

1. Memiliki passive income

Passive income yang dimaksud adalah investasi seperti pada reksadana, saham, deposito atau emas. Karena bila ditekuni dengan baik, semua instrumen tersebut akan memberikan imbal hasil yang lebih dari cukup dan bisa membantu Anda selangkah mendekati merdeka finansial.

2. Memiliki dana darurat

Dengan Anda memiliki dana darurat, bisa dianggap Anda sudah siap untuk menghadapi kondisi-kondisi yang mungkin saja terjadi. Karena ketika terdapat kendala dan Anda telah memiliki simpanan, sudah pasti akan jauh merasa lebih tenang.

3. Bebas hutang

Tidak mempunyai cicilan kredit, KRP, KKB atau pun pinjaman apapun juga termasuk tanda Anda adalah orang yang merdeka secara finansial. Karena hutang merupakan penghambat terbesar untuk bisa mencapai financial freedom.

4. Menahan diri

Menahan diri disini adalah Anda telah mampu membedakan mana yang menjadi kebutuhan dan menekan keinginan Anda untuk membeli hal-hal yang sebenarnya tidak penting. Karena bila Anda selalu berperilaku konsumtif, akan membuat Anda sulit untuk bisa merdeka secara finansial.

Demikianlah ulasan mengenai kebebasan finansial. Semua pilihan kembali kepada Anda, apakah ingin bisa menikmati hasil kerja secara full atau dibagi-bagi dengan keegoisan akan hasrat konsumtif Anda. Namun, bila memiliki niat untuk dapat mencapai kemerdekaan finansial, persiapkan semuanya secara matang dan berkomitmenlah.

 

You may also like