Home Tabungan Apa yang Dimaksud Dengan ATM

Apa yang Dimaksud Dengan ATM

by Mas Abadi
tampilan mesin ATM

ATM (Automated Teller Machine) atau Anjungan Tunai Mandiri merupakan mesin yang dapat Anda gunakan untuk menarik uang dan mengecek saldo di manapun. Anda tidak lagi perlu pergi ke bank uang untuk mengambil dana yang dibutuhkan. Dengan adanya sistem dari komputer, Anda hanya perlu memasukkan kartu kemudian menentukan berapa jumlah nominal yang akan diambil setelahnya Anda tinggal menunggu uang keluar.

Bisa juga diartikan sebagai mesin transaksi dengan sistem komputerisasi guna melayani serta membantu nasabah dalam melakukan berbagai jenis transaksi perbankan, seperti mentransfer uang, membayar tagihan, dan lain sebagainya.

Jenis Mesin ATM

Mesin ATM terkoneksi pada jaringan komunikasi bank, hal ini memudahkan Anda ketika akan melakukan transaksi tanpa harus datang dan mengantri di bank. Biasanya Anda dapat menemukan mesin ATM di tempat-tempat umum, misalnya mal, minimarket, SPBU, perkantoran bahkan diantara ruko-ruko pinggir jalan.

Mesin ATM dibagi menjadi 4 (empat) jenis dan memiliki fungsi masing-masing :

  • ATM Tunai

Mesin ini merupakan yang paling banyak dan dapat ditemukan hampir di semua tempat umum. Seperti namanya ATM tunai, bisa Anda gunakan untuk menarik uang tabungan sesuai dengan kebutuhan, transfer uang, membayar tagihan dan lain sebagainya.

  • ATM Non Tunai

Jenis yang kedua adalah non tunai, fungsinya berkebalikan dengan ATM tunai. Pada mesin ini, Anda hanya bisa melakukan transaksi yang sifatnya tidak melibatkan uang cash, misalnya membayar tagihan, transfer dan kegiatan perbankan lain.

  • ATM Setor Tunai

ATM ini bisa juga disebut sebagai CDM (Cash Deposit Machine). Adanya mesin setor tunai Anda tidak perlu direpotkan untuk datang ke bank melakukan penyetoran uang. Biasanya ATM ini dapat menerima uang setoran dengan nominal terkecil adalah lima puluh ribu rupiah.

  • ATM Serba Bisa

Jenis ATM satu ini merupakan yang paling jarang ditemukan dan tidak semua bank menyediakannya. Padahal dengan adanya ATM Serba Bisa, nasabah bisa melakukan hampir segala transaksi, seperti non tunai sampai setor tunai.

Fungsi dari ATM

Fungsi utama dari mesin ATM sudah pasti adalah untuk memudahkan Anda serta nasabah lain ketika akan melakukan transaksi dan membutuhkan uang cash. Selain itu Anda tidak lagi perlu membawa uang tunai dalam jumlah banyak. 

  1. Anda dapat menarik uang tunai kapanpun selama 24 jam sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan, seperti minimarket atau tempat umum lain.
  2. Anda juga dapat menggunakan mesin setor tunai ketika ingin melakukan penyetoran, namun malas untuk mengantri di teller bank. Sekarang Anda bisa dengan mudah menemukan mesin di minimarket yang buka 24 jam.
  3. Ketika ingin melakukan transaksi tentunya akan lebih mudah, karena cukup mendatangi mesin ATM terdekat. Anda bisa mentransfer sejumlah uang ke rekening tujuan.
  4. Bila dulu Anda harus datang ke kantor masing-masing untuk melakukan pembayaran tagihan, sekarang tentunya lebih praktis karen cukup membayar melalui ATM saja.

Cara Menggunakan ATM dengan Benar dan Aman

Perlu diperhatikan bila dalam menggunakan mesin ATM Anda wajib berhati-hati supaya terhindar dari tindak kejahatan. Setiap kali akan menggunakan mesin pastikan tidak ada yang mencurigakan pada mesin, terutama bagian untuk memasukkan slot kartu. 

Maksudnya apakah ketika ingin memasukkan kartu terasa ada yang mengganjalnya atau tidak, jika iya ada baiknya Anda waspada. Karena dikhawatirkan, telah dipasangi dengan sebuah alat oleh oknum tidak bertanggung jawab, ada baiknya Anda mencari mesin lain.

Lalu, seharusnya setiap ATM hanya memiliki satu buah kamera pengawas dan biasanya berada di bagian pojok atas mesin. Jika, Anda menemukan kamera lain pada posisi atau lokasi yang cukup mencurigakan. Sebaiknya Anda segera pindah ke mesin lainnya.

Pastikan kartu ATM Anda ketika di masukkan ke slot kartu tidak terbalik. Biasanya setiap kartu akan memiliki tanda panah yang menunjukkan posisi atau Anda bisa menemukan contoh kartu pada posisi yang benar tepat di dekat slot masuk kartu, silahkan mengikuti petunjuk tersebut.

Ingat! Jangan sampai nomor PIN ATM Anda diketahui oleh orang lain, hindari penggunaan mesin ATM yang berada di tempat sepi, karena bisa saja mesinnya telah diakali oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Apabila terjadi masalah pada mesin, seperti misalnya kartu ATM Anda tertelan dan tiba-tiba ada orang yang ingin membantu Anda. Sebaiknya tidak langsung mempercayai orang tersebut, langkah terbaik adalah dengan menghubungi call center dari bank yang Anda gunakan dan mintalah petugas untuk memblokir kartu Anda atau bisa juga menunggu hingga petugas dari bank datang.

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan ATM beserta dengan jenis, fungsi dan juga cara menggunakannya secara aman. Ada baiknya Anda bisa mengatur keuangan secara bijaksana, jangan terlalu sering menarik tunai uang Anda demi memenuhi keinginan.

You may also like