Home Investasi Apa yang Dimaksud Dengan Asuransi Wajib? Ini yang Perlu Diketahui

Apa yang Dimaksud Dengan Asuransi Wajib? Ini yang Perlu Diketahui

by Mas Abadi
Ilusttasi Asuransi

Asuransi wajib merupakan program yang mengharuskan seluruh maupun kelompok tertentu di dalam masyarakat agar bisa mendapatkan perlindungan, hal ini ada pada peraturan undang-undang. Namun, program ini tidak termasuk yang diwajibkan oleh undang-undang bagi sistem subsidi silang pada penetapan dari premi.

Tujuan Asuransi

Asuransi sendiri memiliki arti sebagai perlindungan atau jaminan. Asuransi juga mempunyai perjanjian kerja sama yang dibuat antara nasabah dan perusahaan asuransi, dimana pihak perusahaan bersedia ganti rugi terkait dengan objek atau hal yang dijaminkan.

Asuransi merupakan sebuah mekanisme agar bisa memindahkan resiko yang menimpa nasabah ke pihak penyedia asuransi. Pengalihan ini dilakukan dengan membayarkan klaim dari penanggung kepada tertanggung (nasabah) yang sedang mengalami kerugian akibat suatu peristiwa.

Agar dapat menikmati segala fasilitas dari Asuransi, Anda memiliki kewajiban untuk membayar sejumlah uang dengan nominal tertentu setiap bulannya, sesuai kesepakatan yang telah dibuat bersama pihak perusahaan asuransi.

Jenis Asuransi

Seiring meningkatnya minat banyak orang terhadap asuransi dan melihat perkembangan ekonomi di negara ini, tersedia berbagai jenis asuransi yang ada sekarang. Asuransi biasanya akan dikhususkan untuk hal atau objek tertentu dan memberikan perlindungan lengkap serta penuh.

  • Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan merupakan jenis asuransi yang akan memberikan jaminan pada masalah kesehatan, terkait dengan kecelakaan dan penyakit. Umumnya biaya lain juga akan ditanggung, seperti biaya perawatan sampai dengan pengobatan.

  • Asuransi Jiwa

Asuransi yang akan memberikan jaminan atas kematian pemilik polis, kemudian memberikannya pada pihak ahli waris. Manfaatnya beragam perlindungan pada tertanggung (nasabah).

  • Asuransi Pendidikan

Asuransi yang akan memberikan jaminan pendidikan pada nasabah. Asuransi ini menjadi sebuah alternatif terbaik serta solusi yang menjamin kehidupan menjadi lebih baik terutama untuk masalah pendidikan.

  • Asuransi Bisnis

Asuransi yang akan memberikan perlindungan kepada perusahaan ketika terjadi masalah yang menimbulkan kerugian, contohnya kerusakan, kehilangan dan lainnya. Dapat juga memberikan jaminan (proteksi) bagi karyawan yang merupakan aset bisnis.

  • Asuransi Cacat Tetap Total

Asuransi ini akan memberikan pertanggungan kepada nasabah yang mengalami kecelakaan sehingga kehilangan fungsi dari anggota tubuhnya dan membuatnya tidak dapat melakukan pekerjaan seperti sedia kala.

  • Asuransi Kehamilan dan Persalinan

Asuransi yang akan memberikan pertanggungan apabila sang ibu mengalami kondisi tertentu ketika proses melahirkan. Asuransi ini bisa digunakan untuk pra serta pasca melahirkan, membayar sejumlah biaya persalinan baik normal maupun caesar dan lain sebagainya.

  • Asuransi Perjalanan

Asuransi ini merupakan jaminan jangka pendek yang hanya berlaku apabila nasabah melakukan perjalanan. Anda atau pengguna asuransi ini akan mendapatkan perlindungan ketika dalam perjalanan mengalami kecelakaan dan pihak asuransi akan menanggung semua biaya serta pengobatan darurat yang dibutuhkan.

Fungsi Asuransi

asuransi adalah

Tidak hanya untuk yang tidak memiliki asuransi, namun bagi para pemilik polis asuransi ternyata juga masih banyak yang tidak memahami tentang fungsi utama jaminan perlindungan. Berikut ini adalah fungsi dari asuransi :

  • Asuransi sebagai pengalih risiko

Anda dan siapapun tidak ingin mengalami musibah atau kejadian buruk. Namun, tidak ada satu orang pun di dunia ini yang dapat menghindar dari kemalangan. Jika terjadi hal-hal tersebut tentunya akan membuat Anda harus mengeluarkan dana dan jumlahnya tidaklah sedikit.

Karena itu bila Anda memiliki asuransi, tentunya Anda memiliki hak untuk mendapatkan pengalihan resiko. Sehingga dapat mengajukan klaim atau ganti rugi dari kondisi tersebut.

  • Asuransi sebagai investasi

Jangan pernah menganggap remeh pada asuransi. Selain memiliki fungsi untuk pengalihan resiko, dapat juga menjadi sarana investasi. Karena daya yang terhimpun bisa dikembangkan menjadi investasi oleh perusahaan asuransi.

  • Asuransi berfungsi untuk melindungi resiko kebangkrutan

Macam asuransi tentunya beragam, tergantung dengan kebutuhan. Tidak hanya untuk kesehatan dan pendidikan, ada juga asuransi bagi perusahaan. Artinya, bila Anda adalah seorang pengusaha dan sedang merintis bisnis, ada baiknya mendaftarkan usaha yang dimiliki pada asuransi usaha.

Asuransi jenis ini akan memberikan atau dapat mencegah usaha dari kebangkrutan, baik bagi yang baru saja mulai atau sudah lama. Fungsinya tentu untuk melindungi nasabah serta menghimpun dana dari premi yang dibayarkan setiap bulannya.

  • Asuransi membantu perbaikan ekonomi nasional

Tahukah Anda bila ternyata asuransi juga mempunyai andil pada perekonomian di negara kita. Semakin membaiknya perkembangan ekonomi di Indonesia, maka taraf kehidupan masyarakat akan semakin baik. Jadi, bila Anda telah memiliki asuransi itu artinya Anda sudah membantu utnu memajukan perekonomian di dalam negeri, tentunya Anda juga dapat menikmati hasilnya.

Setelah mengetahui maksud dari asuransi wajib, tujuan, jenis beserta dengan fungsinya. Maka diharapkan Anda mengetahui dan memahami manfaat memiliki asuransi bagi masa depan. Anda akan memiliki jaminan bagi diri sendiri serta keluarga tercinta.

You may also like