Home Perencanaan Apa yang Dimaksud dengan Asuransi Bencana dan Apa Kelebihannya 

Apa yang Dimaksud dengan Asuransi Bencana dan Apa Kelebihannya 

by Mas Abadi

Tidak dapat dipungkiri, Indonesia mempunyai berbagai sumber daya, mulai dari flora, fauna sampai budaya. Tetapi, pastinya hal tersebut bisa mengundang risiko yang tidak dapat diprediksi. 

Seperti yang kita ketahui, Indonesia ada di wilayah cincin api atau ring of fire, sehingga menjadi wilayah yang rawan terkena bencana. Oleh karena itu, kamu harus mempunyai solusi dari semua kemungkinan risiko bencana yang bisa terjadi, salah satunya mempunyai asuransi bencana. 

Saat ini sudah ada berbagai jenis asuransi bencana yang dapat kamu pertimbangkan untuk menggunakannya. Lalu, bagaimana ulasan tentang asuransi bencana alam yang satu ini? Di bawah ini ulasan lengkap tentang asuransi bencana alam. 

Pengertian Asuransi Bencana Alam 

Secara definisi, asuransi bencana alam adalah salah satu program mitigasi terhadap potensi kerugian yang bisa terjadi akibat adanya bencana alam, seperti banjir atau gempa bumi. Produk ini ada pada kategori asuransi kerugian dan perlindungan yang bisa diberikan bukan hanya sebatas pada banjir atau gempa bumi saja. 

Sebagai informasi, pada Polis Standar Asuransi Gempa Bumi Indonesia – AAUI (Asuransi Umum Indonesia) mengungkapkan tentang risiko gempa bumi, ledakan, letusan gunung berapi dan ledakan yang dibarengi dengan adanya gempa bumi serta tsunami akan ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi. 

Namun, untuk memperoleh hal tersebut, kamu perlu mempunyai produk asuransi kebakaran, properti atau kendaraan bermotor sebelumnya. Karena, klausul tersebut adalah jaminan yang perlu kamu perluas pada polis standar. 

Oleh sebab itu, premi asuransi yang dibayarkan tentunya lebih tinggi dibandingkan biasanya. Terlebih, jika dilihat dari tingginya risiko yang dapat ditanggung, sepertinya sangat masuk akal untuk memperluas jaminan. Apalagi untuk kamu yang tinggi di daerah yang sering terkena bencana. 

Hitung dengan baik mengenai perluasan misalnya apa yang kamu perlukan, apakan asuransi gempa bumi, banjir atau semuanya. Untuk menunjukkan gambaran premi yang perlu dibayarkan, kamu dapat memakai rumus “jumlah pertanggungan x rate premi”. Sehingga hasilnya yaitu premi yang perlu kamu bayarkan guna memperoleh perluasan asuransi ini. 

Kelebihan Asuransi Bencana Alam 

Lalu, apa saja kelebihan dari asuransi bencana alam ini? Asuransi bencana alam bisa ditambahkan pada asuransi properti dengan bentuk polis secara terpisah. Selain itu, usaha asuransi ini pun bisa dijadikan menjadi perluasan jaminan guna asuransi kendaraan bermotor. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya jika asuransi bencana alam mempunyai sejumlah fitur, diantaranya:  

  • Menjadi polis pelengkap pada polis asuransi untuk kendaraan dan bangunan mu. 
  • Memakai polis Standar Asuransi Gempa Bumi Indonesia. 
  • Pembayaran untuk ganti rugi hanya dalam waktu 30 hari sesudah kesepakatan tertulis tentang nominal penggantian klaim. 

Sedangkan, dari sumber yang lain pun disebutkan jika asuransi harta benda yang dapat dijadikan perluasan dari produk asuransi bencana ini mempunyai 3 fitur yakni: 

  • Flexas cover policy 

Akan menanggung berbagai risiko seperti asap kebakaran, ledakan, petir dan kebakaran. Fitus ini juga bisa diperluas dan bisa menanggung resiko seperti tanah longsor, banjir, angin topan, huru hara dan penghalangan bekerja, pemogokan, kerusuhan dan sejumlah perluasan yang lainnya.  

  • Property all risk 

Adalah polis asuransi yang comprehensive menanggung berbagai resiko flexas dan hampir seluruh perluasannya termasuk menanggung resiko yang digolongkan menjadi accidental damage, tetapi pastinya semua polis asuransi ada beberapa pengecualian. 

  • Asuransi gempa bumi 

Polis yang akan menjadi pelengkap jaminan asuransi flexas, property all risk dengan bertanggung jawab atas kerugian maupun kerusakan harta benda karena gempa bumi, letusan gunung dan tsunami. 

Selain itu, ada asuransi properti yang juga bisa mengamankan aset properti milikmu dari kemalingan atau perampokan ketika kamu meninggalkan rumah dalam waktu yang lama seperti ketika mudik atau liburan. 

Saat kamu memilih asuransi bencana alam, kamu harus memilihnya dengan teliti. Jika bisa, kamu harus membandingkan asuransi yang satu dengan lainnya. Cari asuransi yang membantu dan menguntungkan mu. Hal ini dilakukan agar kamu bisa mendapatkan kenyamanan saat menggunakannya. 

Tidak lupa pula untuk mencari asuransi yang terpercaya dan mempunyai reputasi bagus. Kamu bisa cek kredibilitasnya di internet maupun dari testimoni teman-teman mu yang pernah menggunakan asuransi yang ingin kamu pilih tersebut. Jika ada beberapa hal yang janggal atau ditutupi oleh pihak asuransi, ada baiknya jangan memilih asuransi tersebut. 

Nah, itu dia pengertian asuransi bencana dan juga kelebihan yang dimiliki dari produk asuransi bencana ini. Jika kamu mempunyai budget yang cukup dan bisa membayar premi asuransi bencana setiap bulannya, maka tidak ada salah nya untuk memiliki asuransi bencana ini untuk melindungi aset mu yang sangat berharga. Semoga ulasan di atas ini bisa menjadi pertimbangan untuk kamu yang ingin menggunakan asuransi. 

 

You may also like