Home Tabungan Apa Saja Bank yang Ada di Indonesia? Cek Daftar Bank Berikut Ini Yuk!

Apa Saja Bank yang Ada di Indonesia? Cek Daftar Bank Berikut Ini Yuk!

by Mas Abadi
ilustrasi bank di Indonesia

Seperti yang Anda ketahui bila bank merupakan lembaga keuangan yang resmi dan mempunyai kewenangan untuk mengelola serta menghimpun dana masyarakat, selain itu dijadikan sebagai tempat menabung juga berinvestasi berjangka, baik jangka pendek maupun panjang.

Dibanding menabung pada celengan, tentu memiliki tabungan akan memberikan Anda banyak keuntungan. Dana Anda juga akan aman, mengirim uang, ada tambahan bunga, bebas bertransaksi, praktis, bisa mendapatkan berbagai hadiah, pengelolaan uang juga lebih terencana dan masih banyak lagi keuntungan yang bisa didapat.

Cek Daftar Bank di Indonesia Berdasarkan Kategorinya

Sebelum menjabarkan mengenai daftar bank yang ada di Indonesia, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu jenis-jenisnya. Bank dikategorikan berdasarkan dengan fungsi, kepemilikan dan operasional untuk menentukan harga.

  • Bank berdasarkan fungsinya

Di dalam UU Anda dapat mengetahui jika bank terbagi berdasarkan fungsi, ada yang menjadi pengatur, penghimpun, serta penyalur dana untuk masyarakat.

  • Bank Sentral
  • Bank Umum
  • BPR (Bank Perkreditan Rakyat)
  • Bank berdasarkan operasional penentuan harga

Di Indonesia peraturan tentang perbankan tidak selalu dapat diterima oleh semua orang. Karena sebagian menganggap bila bunga yang ada merupakan riba. Berdasarkan hal tersebutlah, bank dikategorikan menjadi dua dan menurut operasionalnya.

  • Bank Konvensional
  • Bank Syariah
  • Bank berdasarkan kepemilikan

Perlu Anda ketahui bila tidak semua bank yang ada di Indonesia merupakan milik pemerintah dan BUMN, ada juga beberapa bank milik swasta.

  • Bank Pemerintah
  • Bank Swasta Nasional
  • Bank Asing
  • Bank Campuran

Bank Sentral di Indonesia

Saat Anda masuk pada daftar bank yang ada di Indonesia, tentunya pada urutan pertama ditempati oleh bank sentral. Namun, untuk bank jenis ini Anda tidak akan menemukan deretan nama. Hal tersebut disebabkan, karena setiap negara hanya memiliki satu.

Di Indonesia kita memiliki Bank Indonesia yang mengemban tugas menjaga keseimbangan nilai mata uang rupiah, melaksanakan serta menetapkan kebijakan moneter juga mengatur kelancaran dari sistem perbankan.

Semua bank yang ada di Indonesia, wajib mematuhi segala peraturan dan kebijakan yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia. Apabila melanggar maka akan dikenakan sanksi, seperti pencabutan izin untuk beroperasi.

Daftar Bank Milik Pemerintah (BUMN)

Bank yang menjadi milik pemerintah merupakan perusahaan perbankan yang kepemilikannya sebagian besar dipegang oleh pemerintah pusat (negara), biasa disebut dengan BUMN (Badan Usaha Milik Negara). Berikut adalah daftar bank BUMN beserta kodenya :

BRI (Bank Rakyat Indonesia) 002

BNI46 (Bank Negara Indonesia) 009

BTN (Bank Tabungan Negara) 200

Bank Mandiri 008

Daftar Bank Milik Daerah (BPD)

Beberapa pemerintah di daerah juga mempunyai bank sendiri yang dikenal dengan istilah BPD (Badan Pembangunan Daerah). Dibangun guna mengembangkan perekonomian pada daerah tersebut, juga untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat.

Tujuan tersebut dapat dicapai dengan mengumpulkan dana dan menyediakan keuangan bagi pembangunan di daerah serta masyarakat. Berikut adalah beberapa daftar bank daerah beserta kodenya :

BPD Kalimantan Tengah 125

BPD Papua 132

BPD Banten 137

BPD Jabar 110

BPD Jateng 113

BPD DIY 112

BPD Jatim 114

Masih banyak lagi bank milik daerah yang tersebar di seluruh Indonesia. Anda dapat melihat daftar lengkapnya secara online.

Daftar Bank Swasta Nasional di Indonesia

Tidak hanya bank milik daerah dan negara, ada pula bank swasta nasional di Indonesia. Bank jenis ini memiliki kegiatan dalam mengumpulkan dana dari masyarakat dan menyalurkannya kembali untuk yang membutuhkan bantuan. Berikut beberapa nama bank swasta beserta kodenya :

BCA (Bank Central Asia) 014

CIMB Niaga 022

UOB Indonesia 023

Syariah Bukopin 521

Mandiri Taspen 564

HSBC Indonesia 087

Muamalat Indonesia 097

Masih banyak lagi bank milik swasta nasional yang tersebar di seluruh Indonesia. Anda dapat melihat daftar lengkapnya secara online.

Daftar Bank Milik Asing di Indonesia

Selain semua daftar diatas, ada juga bank milik asing yang beroperasi dan memiliki cabang di Indonesia. Produk yang mereka tawarkan tidak hanya berupa simpanan, namun juga asuransi. Berikut daftar bank asing beserta kodenya :

  • Bank of China 069
  • Standard Chartered 050
  • Bank of America 033
  • Bank JP Morgan Chase 032
  • MUFG 042

Beberapa bank asing lainnya yang tersebar di seluruh Indonesia. Anda dapat melihat daftar lengkapnya secara online. 

Berdasarkan data milik OJK (Otoritas Jasa Keuangan), pada tahun 2021 ada sebanyak 107 bank yang tercatat secara resmi : bank milik BUMN 4, bank milik swasta berjumlah 67, BPD 27 dan bank asing 8.

Itulah tadi beberapa rincian daftar bank, mulai dari bank yang dikelola oleh pemerintah (BUMN), bank sentral, bank milik daerah, bank swasta nasional serta bank asing yang diizinkan untuk beroperasi di Indonesia. Semua bank tersebut tentunya telah diawasi oleh OJK dan LPS.

You may also like