Home Tips Apa Modal Terpenting untuk Memulai Wirausaha

Apa Modal Terpenting untuk Memulai Wirausaha

by Mas Abadi

Modal usaha pastinya merupakan bagian pertama yang perlu disiapkan bila seseorang mau mencoba membuka bisnis. Berbicara mengenai modal usaha, tidak sedikit masyarakat yang langsung berpikir mengenai investasi atau bentuk modal lainnya yang bisa diukur oleh materi. Cara pikir seperti ini sebetulnya tidak sepenuhnya salah. Memulai bisnis baru memang memerlukan dana yang bisa saja tidak bisa dikatakan sedikit. Akan tetapi, terdapat beberapa hal yang tidak kalah penting selain materi yang perlu Anda miliki sebelum masuk ke dunia kewirausahaan.

Sebelum Anda mencoba membuka bisnis, sebaiknya Anda harus memastikan telah menyiapkan beberapa hal seperti berikut ini.

1.       Mengetahui Seputar Calon Konsumen Anda

Di dalam dunia bisnis entah itu bidang apapun itu, pastinya akan selalu ada sebuah produk atau jasa yang harus dipasarkan. Maka dari itu, sebaiknya Anda mencoba untuk mempelajari dahulu orang-orang yang dapat menjadi calon konsumen bagi bisnis yang akan Anda  mulai.

Dengan memiliki pengetahuan yang baik mengenai pasar potensial Anda tentu akan membantu ketika menentukan metode pemasaran yang efektif dan efisien. Contohnya, bila produk atau jasa yang ingin Anda tawarkan adalah produk khusus anak-anak, ketika akan mulai menawarkan produk ini, ketahui dahulu besaran uang jajan rata-rata para anak kecil yang akan menjadi pasar Anda sekaligus berapa pendapatan yang dimiliki orang tua mereka, dengan begitu ketika Anda mulai menawarkan produk ini, Anda dapat menentukan nilai jual produk supaya tetap bisa dijangkau.

Jangan sampai barang yang telah dikemas susah payah malah menumpuk di rumah atau toko, sebab Anda tidak begitu memahami hal seputar pasar potensial bisnis Anda serta tidak bisa menemukan cara terbaik untuk memasarkannya dengan tepat. Jangan terburu-buru agar bisa membuka sebuah bisnis, Anda harus menyiapkan semuanya dengan sangat matang, dan mempelajari dahulu siapa saja orang calon konsumen yang bisa membuat bisnis Anda laris manis.

2.       Mencari Lokasi Paling Strategis

Anda mungkin sudah pernah melihat secara langsung ada layanan pijat refleksi di pusat perbelanjaan atau mall. Sekilas, rasanya agak sedikit aneh jika melihat ada layanan pijat refleksi berdiri diantara tenant yang menawarkan pernak-pernik dan sejenisnya. Akan tetapi, bila dipikirkan secara baik-baik, mall atau pusat perbelanjaan adalah lokasi paling strategis untuk membuka usaha jasa pijat refleksi apabila target pasar yang diincar adalah masyarakat yang merasa lelah atau capek setelah berjalan mengelilingi mall agar mendapatkan produk belanjaan mereka.

Maka dari itu, lokasi strategis termasuk modal lain yang dibutuhkan ketika akan membuka sebuah bisnis apapun. Ketika sudah mengetahui target pasar potensial Anda, Anda juga harus mencari tempat atau lokasi strategis untuk menjalankan sebuah usaha.

3.       Display yang Menarik

Berstatus sebagai bisnis yang baru akan dibuka, mungkin masih belum terlalu banyak masyarakat yang menyadari kehadiran bisnis Anda. Maka dari itu, perlu untuk Anda menyajikan produk dengan display yang menarik dan unik. Dengan tampilan menarik tentunya bisa mencuri perhatian para calon konsumen yang akan lewat di depan usaha Anda.

Bila sudah terjadi demikian, Anda akan jauh lebih mudah memasarkannya. Apabila usaha yang Anda pasarkan tidak mempunyai produk dalam bentuk fisik, yakni menawarkan jasa. Cobalah untuk memperhatikan tempat layanan jasa Anda dikreasikan semenarik mungkin dan yang paling utama adalah menjaga kebersihan.

4.       Networking yang Kuat

Memiliki jaringan yang luas dapat dikatakan sebagai modal dalam memulai usaha, khususnya bila Anda benar-benar berniat membuka usaha dari awal. Kebanyakan para pengusaha sukses tidak langsung menawarkan produk yang sudah mereka buat, namun mereka berkeliling dulu untuk mendapatkan peluang bermitra serta investasi, dengan begitu semua modal yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha tidak akan habis seketika karena menjalin kerja sama oleh pihak lain.

Bahkan para praktisi pun rela mengikuti sebuah kursus, sekolah dan sejenisnya, walaupun mereka sebetulnya sudah begitu ahli di bidang jasa, sebab biasanya ditempat seperti inilah jaringan profesi dapat terbentuk.

5.       Pemanfaatan Media Sosial yang Tepat

Apabila sebelumnya Anda harus membangun jejaring yang sifatnya langsung, untuk modal berwirausaha lainnya yang juga tidak kalah penting yakni menggunakan media sosial dengan baik. Media sosial sendiri adalah tempat terbaik jika ingin menerapkan teknik pemasaran mulut ke mulut. Bila bisa digunakan dengan tepat, usaha yang sedang Anda coba bisa dimanfaatkan dengan signifikan. Bila dibutuhkan, Anda juga dapat memakai buzzer atau jasa influencer untuk dapat memasarkan jasa atau produk Anda.

Cukup banyak pengusaha mudah yang baru saja memulai bisnis, namun langsung cepat meraih kesuksesan karena mampu menerapkan strategi pemasaran paling efektif lewat media sosial. Selain itu, di era yang mana semuanya sudah serba digital, online presence serta media sosial sudah dianggap sebagai sebuah keharusan ketika memulai suatu bisnis tertentu.

You may also like