Home Bisnis Apa Itu Unicorn? Kenali Pengertian dan Contoh Perusahaannya Disini!

Apa Itu Unicorn? Kenali Pengertian dan Contoh Perusahaannya Disini!

by Mas Abadi
Apa Itu Perusahaan Unicorn? Kenali Pengertian dan Contoh Perusahaannya Disini!

Perusahaan startup nampaknya telah menjadi bisnis yang menjamur di Indonesia. Hal ini lantaran banyak startup yang tumbuh dan berkembang. Tentunya istilah unicorn adalah salah satu hal yang wajar diketahui oleh pebisnis di bidang ini. Namun, bagi anda yang belum tahu tentang istilah tersebut, simak ulasan selengkapnya disini.
Sekilas Tentang Unicorn Dalam Dunia Bisnis
Unicorn yang biasa anda kenal mungkin adalah kuda putih yang merupakan sebuah mitologi dari bangsa barat dengan tanduk yang ada pada dahi. Di dalam bisnis sendiri, tepatnya start up juga mengenal istilah unicorn ini. Perusahaan yang mendapatkan gelar ini ketika telah memiliki bisnis dengan nilai valuasi mencapai nilai USD 1 miliar atau jika dikalkulasikan dalam rupiah sekitar 14 triliun.
Dikatakan unicorn karena memiliki kemiripan dengan hewan tersebut. Pasalnya, unicorn merupakan salah satu hewan yang jarang dan unik di temui. Sehingga ketika perusahaan mampu mencapai nilai valuasi hingga USD 1 miliar, tentu saja akan menjadi pencapaian yang membanggakan dan mungkin terdengar mustahil.

Beberapa Perusahaan Startup Dengan Level Unicorn yang Ada di Indonesia

1. JD.ID

Apa Itu Perusahaan Unicorn? Kenali Pengertian dan Contoh Perusahaannya Disini!

Setelah mengetahui apa itu unicorn, pastinya anda pun ingin mengetahui start up apa saja yang telah mencapai gelar ini. JD.ID menjadi salah satu start up yang menempati posisi ini. Sebab, valuasi dari start up berbasis E commerce satu ini telah mencapai USD 1 miliar sejak tahun 2019 yang lalu. Perusahaan rintisan ini pertama kali mulai beroperasi yakni sekitar tahun 2015.
Bisa dikatakan jika perusahaan ini pun telah menjadi salah satu bisnis yang berkembang cukup pesat. Bahkan jumlah produk yang ditawarkan pun mengalami perkembangan yang signifikan. Dimana pada awal mulai di tahun 2015 hanya sekitar 10 ribu produk saja, namun di akhir tahun 2016 telah naik berkali kali lipat menjadi 100 ribu produk
Keunggulan lain dari JD.ID adalah e commerce ini juga menyediakan layanan pengiriman ke 365 kota di seluruh Indonesia. Dengan ribuan armada yang siap mengantar produk langsung ke tangan pelanggan membuat e commerce ini banyak dilirik oleh masyarakat untuk membeli barang.

2. Ovo

Perusahaan startup selanjutnya yang menduduki peringkat unicorn adalah OVO. Perusahaan rintisan di bidang e wallet ini menyabet status sebagai unicorn di tahun 2019 lalu. Aplikasi pembayaran seluler yang dimiliki oleh LippoX ini, pertama kali muncul sebagai perusahaan unicorn adalah ketika CB Insight menyebutkan kumpulan startup yang telah meraih status unicorn.
Tidak main main, ketika dikabarkan menjadi salah satu perusahaan rintisan unicorn, valuasi OVO telah mencapai 2.9 miliar dollar AS. Apabila dikalkulasikan dalam bentuk rupiah, nilai tersebut berkisar 40 triliun pada Oktober 2019. Sehingga tak mengherankan jika OVO menjadi salah satu perusahaan rintisan dengan gelar unicorn yang ada di Indonesia.

3. Bukalapak

e-commerce lainnya yang mendapatkan gelar start up unicorn adalah Bukalapak. Mulai merintis karir di tahun 2010, pada tahun 2018 lalu startup satu ini berhasil meraih gelar unicorn. Bahkan jumlah pengguna aktifnya pun menjadi 70 juta dengan kunjungi aplikasi sebanyak 42 juta per bulannya. Untuk nilai valuasinya sendiri mencapai 34 triliun rupiah.

4. Tokopedia

Situs belanja online yang resmi meluncur di tahun 2009 ini juga menjadi perusahaan rintisan unicorn yang dimiliki Indonesia. Dengan suntikan dana dari Alibaba di tahun 2017, menjadikan startup ini menduduki status unicorn. Untuk jumlah pengguna aktif bulanan dari e commerce ini pun tak main main.
Pasalnya, hingga Agustus 2019 sebanyak 90 juta pengguna telah aktif di e commerce yang dimiliki oleh William Tanuwijaya ini. Untuk nilai valuasi dari Tokopedia mencapai 97 triliun rupiah atau sekitar 7 miliar dollar Amerika. Bahkan untuk penjual yang telah bergabung di Tokopedia yakni mencapai 6.6 juta merchant.

Baca Juga Artikel Berikut : Mengenal Perusahaan Rintisan Decacorn Dan Bedanya Dengan Unicorn

5. Traveloka

Traveloka juga menjadi salah satu start up unicorn yang bisa anda temui di Indonesia. Perusahaan rintisan yang bergerak di bidang penyedia layanan tiket, hotel dan juga berbagai akomodasi untuk liburan ini memiliki pertumbuhan yang sangat pesat. Berdiri tahun 2012, dan di tahun 2017 perusahaan ini telah meraih gelar unicorn berkat investasi yang diberikan oleh Expedia.

6. Gojek

Gojek merupakan salah satu start up yang bergerak di bidang ojek online dan juga pengantar makanan secara online. Namun, start up yang baru berdiri di tahun 2010 ini telah berhasil memperoleh gelar unicorn di tahun 2017. Tak tanggung tanggung, valuasi yang didapatkan oleh Gojek ini mencapai 1.2 miliar dolar AS dan meningkat menjadi Decacorn.
Unicorn adalah salah satu gelar yang didapatkan apabila nilai valuasi dari perusahaan rintisan tersebut mencapai angka dalam rentang USD 1 miliar hingga USD 10 miliar. Banyak perusahaan startup yang masih sulit untuk mendapatkan angka ini. Oleh karena itu termasuk prestasi yang membanggakan apabila sebuat perusahaan rintisan berhasil mencapai level satu ini.

 

You may also like