Home Tabungan  Apa Itu Safe Deposit Box dan Berapa Harga Layanannya?

 Apa Itu Safe Deposit Box dan Berapa Harga Layanannya?

by Mas Abadi
ilustrasi safe deposit box

Sebagian orang akan menunjuk safe deposit box terbaik menurutnya sebagai wadah penyimpanan harta berharga. Maka dari itu, dihimbau untuk tidak asal pilih, Anda perlu mengetahui jenistak p terbaik dan juga besaran nilai dari untung rugi yang ada. Nah, agar tidak penasaran, silahkan simak artikel tersebut sampai habis yang akan mengulas tentang apa itu safe deposit box dan berapa harga layanannya.

Mengenal Safe Deposit Box

Berbicara safe deposit box, tentunya ini merupakan sebuah istilah yang dipakai untuk sebuah brankas besar yang umumnya ada di dalam bank untuk keperluan penyimpanan berbagai barang yang berharga yang dimiliki oleh nasabah.

Tempat penyimpanan harta tersebut terdiri banyaknya kotak loker bahkan sampai ribuan yang tertata rapi, menggunakan bahan baja yang sangat kuat, tahan dari api dan anti maling.

Karena diklaim sebagai kotak yang memiliki tingkat keamanan yang baik, brankas besar tersebut ditawarkan oleh perusahaan perbankan sebagai wadah yang aman untuk keperluan menyimpan barang-barang berharga milik para nasabah. Hal tersebut bisa berupa logam mulia, emas, surat-surat berharga, mata uang dollar dan masih banyak lagi.

Agar bisa mempunyai safe deposit box di dalam bank, caranya cukup mudah. Dimana Anda hanya perlu datang langsung ke kantor pusat layanan bank di daerah tempat tinggal Anda. Lalu, serahkan dokumen atau berkas data diri berupa KK, KTP dan sejenisnya.

Penggunaan safe deposit box yang ada di bank pastinya akan dikenakan beban biaya atau biaya sewa. Akan tetapi, besaran biaya sewa tersebut bervariasi, dilihat berdasarkan ukuran dari kotak yang Anda pilih.

ilustrasi safe deposit box

Dilihat dari harga paling murah untuk penyewaan safe deposit box ini yaitu, kisaran 200 ribu per tahunnya dan biaya tambahan sebagai jaminan kunci sebesar 750 ribu.

Soal keamanan penyimpanan harta dan barang berharga di dalam safe deposit box sangat terjamin, tapi sebaiknya Anda tetap harus memilih dan mencari safe deposit box terbaik yang sudah mempunyai reputasi bagus di telinga banyak orang.

Pelayanan safe deposit box pada Perusahaan Bank

Sekarang ini perbankan bukan hanya menawarkan simpanan dan penyaluran pinjaman saja. Namun, juga sebagai bank telah menyediakan layanan untuk penyewaan safe deposit box untuk nasabah. Di negara Indonesia sendiri telah ada sebagian bank yang turut menyediakan layanan terbaik untuk safe deposit box, yakni:

BCA

Bank BCA juga terkenal memiliki safe deposit box paling aman dengan kecanggihannya yang dimilikinya. Anda sudah tidak perlu lagi memakai kunci kotak untuk penyimpanannya, namun berupa kartu untuk akses masuk serta memakai sidik jari atau pin bila ingin membuka brankas tersebut.

Untuk harga dari safe deposit box bank BCA sendiri bisa dilihat dibawah ini:

  •         Box tipe A harganya berkisar antara 600 ribu sampai 900 ribu per tahunnya
  •         Box tipe B harganya berkisar antara 400 ribu sampai 650 ribu per tahunnya
  •         Box tipe C harganya berkisar antara 250 ribu sampai 500 ribu per tahunnya
  •         Box tipe D harganya berkisar antara 150 ribu sampai 250 ribu per tahunnya

Harga tersebut belum termasuk beban biaya jaminan senilai 750 ribu yang berlaku setiap jenis box, dan biaya denda untuk perpanjangan sewa sebesar 5% dari biaya box yang disewa, serta PPN senilai 10%.

BCA Syariah

BCA syariah turut andil dalam menawarkan layanan sewa safe deposit box dengan beban biaya yang juga berbeda. Untuk sistem keamanannya pun yang dipakai sesuai standar yang digunakan oleh Bank BCA.

Untuk harga dari safe deposit box bank BCA Syariah sendiri bisa dilihat dibawah ini:

  •         Box tipe A harga yang ditawarkan sebesar 600 ribu per tahunnya
  •         Box tipe B harga yang ditawarkan sebesar 350 ribu per tahunnya
  •         Box tipe C harga yang ditawarkan sebesar 250 ribu per tahunnya

Seluruh biaya setiap tipe box diatas belum termasuk dalam biaya lain, berupa:

  •         Biaya jaminan senilai 500 ribu
  •         Biaya PPN senilai 10% dari biaya sewa safe deposit box

CIMB Niaga

Bank CIMB Niaga juga menyediakan layanan safe deposit box tapi yang membedakan, di bank tersebut layanan khusus untuk biaya jaminan lebih besar dari bank BCA, yaitu 1 juta.

Untuk harga layanan safe deposit box CIMB Niaga, antara lain:

  •         Box tipe S sebesar 500 ribu per tahunnya
  •         Box tipe M sebesar 700 ribu per tahunnya
  •         Box tipe L sebesar 1 juta per tahunnya
  •         Box tipe XL sebesar 2 juta per tahunnya

Bank Mandiri

Bank Mandiri turut menawarkan layanan safe deposit box yang tidak kalah terpercaya aman dan sudah teruji, dan memiliki biaya jaminan seperti Bank BCA senilai 750 ribu.

Untuk harga dari setiap tipe safe deposit box bank Mandiri, antara lain:

  • Ukuran mini sebesar 200 ribu per tahun
  • Ukuran kecil 500 ribu per tahun
  • Ukuran sedang 650 ribu per tahun
  • Ukuran besar 1 juta per tahun
  • Ukuran ekstra 1 sebesar 1,5 juta per tahun
  • Ukuran ekstra 2 sebesar 3 juta per tahun

Dan seluruh tipe safe deposit box diatas belum termasuk beban biaya sewa jaminan kunci senilai 750 ribu.

You may also like