Home Tips Apa itu Prilaku Hedonisme dan Bagaimana Ciri-cirinya

Apa itu Prilaku Hedonisme dan Bagaimana Ciri-cirinya

by Mas Abadi

Hedonisme atau sikap seseorang yang terlalu banyak bersenang-senang, menghamburkan uang dan membeli banyak hal yang tidak perlu dilakukan merupakan sifat yang tidak baik untuk dilakukan. Hedonisme itu sendiri yaitu mengedepankan egonya terhadap kesenangan dan barang-barang mahal untuk tujuan kesenangan berbelanja semata. Sebenarnya tidak salah dalam urusan berbelanja selama memakai uang sendiri tanpa mengutang  dan sebelumnya sudah memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari. 

Sayangnya perilaku hedon ini banyak sekali merugikan banyak orang, baik pada orang lain di sekitar dan tidak terkecuali pada diri sendiri. Dimana bahwa dengan kamu berperilaku boros berarti kamu akan lebih cepat untuk menghabiskan uang sehingga kondisi finansial dalam hidup kamu bisa dapat berkurang atau bahkan menghilang. Hal ini dikarenakan pengeluaran yang kamu keluarkan setiap saat tidak sesuai atau lebih banyak dari penghasilan yang kamu dapat. 

Dengan berbagai dampak buruknya, sebaiknya kamu harus menghindari perilaku hedonisme karena akan sangat merugikan kamu dalam jangka waktu yang pendek maupun panjang. Tetapi sebelum itu mungkin banyak yang belum tahu juga apa itu hedonisme dan bagaimana Ciri-cirinya? Yuk simak secara lengkap disini-disini biar setelah tahu, kamu gak bakalan jadi orang dengan perilaku hedonisme. 

Apa Itu Perilaku Hedonisme? 

Menurut bahasa Yunani, hedone artinya adalah kesenangan. Jadi bisa dijelaskan secara istilah bahwa hedonisme merupakan seseorang yang yang lebih mementingkan sebuah kesenangan dalam hidup, hanya memuaskan diri sendiri untuk mencapai kesenangan tanpa mementingkan kondisi finansial yang sedang dihadapi. Sehingga orang yang memiliki perilaku hedonisme ini cenderung boros, menghamburkan uang untuk hal tidak penting, tidak memiliki rencana keuangan yang baik dan lebih mementingkan keinginan dibandingkan kebutuhan hidup yang lainnya. 

Selain itu, hedonisme juga dapat diartikan sebagai pandangan hidup manusia yang berpikir bahwa untuk mencapai sebuah kebahagiaan maka harus melakukan berbagai macam cara untuk menghindari kesedihan dengan segala hal yang menyenangkan. Sehingga para pelaku hedonisme ini banyak memanipulasi hidup sendiri agar selalu terlihat senang dan bahagia. Karena perilaku seperti ini lebih suka menimbulkan perasaan senang dibanding dan melupakan kesedihan mereka. 

Hedonisme termasuk sebuah perilaku yang buruk, karena terlalu senang dengan kemewahan, berlebihan dalam segala hal. Perilaku ini sangat berbanding terbalik dengan seseorang yang lebih senang kesederhanaan yang hanya akan membeli barang secukupnya, mementingkan kebutuhan daripada keinginan dan bisa mengontrol diri untuk tidak berlebihan dalam segala hal. 

Contoh dari seseorang yang memiliki perilaku hedonisme ini biasanya seperti sering membeli mobil mewah yang banyak untuk sekedar dijadikan koleksi, sering mentraktir banyak orang dengan uang yang tidak sedikit dengan maksud pamer, suka sekali dengan kegiatan berbelanja karena bisa membeli semua barang yang dapat membahagiakan, makan selalu di tempat mahal dan mewah tanpa mau berhemat dan masak makanan sendiri. 

Ciri-ciri Hedonisme

Meskipun perilaku hedon ini sudah tidak asing lagi oleh kebanyakan orang, tetapi masih banyak orang yang tidak menyadari bahwa dirinya adalah seorang hedonisme. Jangan-jangan kamu termasuk orang yang memiliki perilaku ini. Maka dari itu penting untuk mengetahui ciri-ciri perilaku hedonisme, dengan begitu kamu bisa sedikit demi sedikit menghilangkan beberapa ciri hedon yang ada dalam diri kamu. Bisa juga kamu mengingatkan orang terdekat untuk menghilangkan perilaku buruk ini. Nah ini dia ciri-ciri hedonisme sebagai berikut:

  • Mementingkan Diri Sendiri

Biasanya seseorang yang memiliki perilaku hedonisme ini memiliki sifat yang egois, yaitu mementingkan diri sendiri. Karena tujuannya adalah mencapai kesenangan diri sendiri jadi tidak peduli dengan kesenangan orang lain. 

  • Memiliki Perilaku Konsumtif

Jila kamu senang berlebihan dalam membeli apapun, selalu ingin dan selalu harus tercapai berarti kamu memiliki perilaku konsumtif yang menyebabkan kamu menjadi seorang yang hedonisme. Maka kamu harus mengurangi perilaku hedonisme ini secepatnya. 

  • Tidak Memiliki Perencanaan dalam Hidup

Orang yang memiliki perilaku hedonisme biasanya tidak memiliki perencanaan dalam hidup, seperti perencanaan keuangan atau kebutuhan. Sehingga dia hanya akan membeli dan berbelanja hanya sesuai dengan keinginan. Mengeluarkan uang sesuai keinginan dan tidak sedikitpun mengatur keuangan dalam hidup. 

Nah itu dia yang dimaksud perilaku hedonisme, semoga kamu bukan bagian dari orang-orang yang memiliki perilaku ini ya. Tetap belanja sesuai kebutuhan, pastikan bahwa pengeluaran kamu untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari hari tidak akan melebihi dari jumlah pendapatan yang kamu miliki. Sehingga kamu terhindar dari pemborosan, menghamburkan uang, terlalu mendahulukan keinginan daripada kebutuhan yang berapa kemungkinan ini membuat rugi hidup kamu sendiri. 

Pokoknya selalu harus mengerti bahwa bersenang-senang itu boleh saja, tetapi jika berlebihan dan melampaui batas itu tidak baik karena akan menjadikan kami sebagai manusia dengan perilaku hedonisme. Nah, semoga informasi dalam tulisan ini bermanfaat untuk kamu.

 

 

You may also like