Home Perencanaan Apa itu Premi Asuransi

Apa itu Premi Asuransi

by Mas Abadi

Apakah Anda sudah pernah mendengar nama atau istilah premi asuransi? Bila pernah, pastilah Anda juga termasuk salah satu yang telah melakukan bentuk investasi misalnya asuransi dan juga memahami kegunaannya. Sedangkan untuk proses asuransi itu sendiri terdapat istilah premi asuransi, yang mana kedua bagian tersebut saling mengikat satu sama lain serta tidak dapat dipisahkan.

Pengertian Premi Asuransi

Di dalam sektor asuransi, premi merupakan salah satu bagian paling penting. Premi merupakan sejumlah dana yang perlu dibayar oleh nasabah ke pihak penanggung atau perusahaan investasi terkait.

Itu berarti, premi asuransi merupakan biaya yang harus dibayar oleh pihak nasabah di dalam tempo tertentu berdasarkan ketentuan yang sudah disepakati sebelumnya. Biasanya, sistem pembayaran untuk premi dilakukan setiap bulan, tapi hal ini kembali lagi ke pihak perusahaan serta kesepakatan yang sudah terjadi di awal.

Apabila merujuk ke UU No. 40 Tahun 2014, dimana premi merupakan sejumlah dana yang sudah ditetapkan oleh pihak perusahaan layanan asuransi atau pihak perusahaan reasuransi serta disetujui oleh pemilik polis yang harus dibayarkan sesuai perjanjian reasuransi atau perjanjian asuransi, atau sejumlah dana yang ditetapkan sesuai ketentuan aturan undang-undang yang melandasi program asuransi wajib agar mendapatkan manfaatnya.

Jenis-Jenis Premi

Terdapat cukup banyak jenis atau bentuk asuransi ditawarkan pihak perusahan penyedia layanan asuransi dan biasanya secara perorangan. Jenis-jenis premi yang dimaksud, seperti:

1.       Premi Asuransi Kesehatan

Untuk premi asuransi kesehatan ini juga termasuk jenis premi, yang mana premi tersebut terdapat manfaat terkait kesehatan tertanggung, mulai dari pembiayaan operasi, biaya rawat inap, biaya perawatan gigi, persalinan sampai pelayanan rawat jalan.

Terkait besaran jumlah premi yang perlu dibayarkan biasanya mulai dari 150 ribuan serta bisa disesuaikan  oleh batasan pertanggungan hak yang dipilih oleh nasabah

2.       Premi Asuransi Jiwa

Selanjutnya yaitu premi asuransi jiwa, premi satu ini memiliki manfaat agar bisa mendapatkan dana pertanggungan bagi ahli waris yang memang ditunjuk berdasarkan kesepakatan yang sudah disetujui bersama.

Semakin besar dana pertanggungan tersebut, tentu akan semakin besar juga premi yang wajib Anda setorkan setiap bulannya. Itu berarti, besaran dana pertanggungan ini akan sangat mempengaruhi terhadapan nominal premi asuransi yang Anda miliki.

3.       Premi Asuransi Pendidikan

Satu ini adalah premi yang menjadi favorit para masyarakat pada umumnya, yakni premi asuransi pendidikan. Dimana premi tersebut memberikan fasilitas berupa jaminan untuk bidang pendidikan yang menjadi masa depan sang anak.

Saat ini sudah banyak sekali para orang tua yang sudah menyadari bahwa biaya untuk pendidikan formal semakin mahal dan mengalami kenaikan setiap tahun, oleh sebab itu mempunyai asuransi pendidikan sangat dibutuhkan apalagi pendidikan untuk anak menjadi sebuah prioritas yang tidak bisa dipungkiri.

4.       Premi Asuransi Kecelakaan

Jenis premi asuransi berikutnya yaitu premi asuransi kecelakaan diri, berfungsi untuk mendapatkan dana pertanggungan atas risiko kecelakaan yang terjadi oleh nasabah. Premi asuransi satu ini tergolong murah terkait biayanya, yaitu mulai dari 165 ribu pe tahun.

5.       Premi Asuransi Perjalanan

Jika Anda memiliki rencana untuk melakukan sebuah perjalanan, tentu jenis premi tersebut bisa menjadi pertimbangan untuk dipilih. Premi asuransi perjalanan adalah premi untuk memperoleh hak dari klaim pertanggungan terkait perjalanan yang Anda lakukan, misalnya biaya medis, terjadi gangguan perjalanan, dan masih banyak lagi.

6.       Premi Asuransi Properti

Seperti namanya, jenis premi asuransi properti ini merupakan premi yang memberikan pertanggungan terkait properti yang Anda miliki saat mengalami sebuah bencana alam atau musibah lain, seperti banjir, kebakaran, gempa, dan lain sebagainya agar bisa diperbaiki dan bisa kembali seperti semula.

7.       Premi Asuransi Kendaraan

Untuk jenis premi yang terakhir yakni premi asuransi kendaraan yang berfungsi untuk memperoleh berbagai macam manfaat pertanggungan terkait kendaraan yang dimiliki, seperti biaya untuk memperbaiki karena mengalami kerusakan, mulai dari perawatan ringan hingga perawatan besar, sampai kehilangan kendaraan.

Tujuan Premi

Apabila Anda sudah mengetahui pengertian dari premi hingga jenis-jenis premi yang ada di dalam layanan asuransi pada umumnya, bisa jadi Anda juga penasaran terkait tujuan dari membayarnya premi tersebut. Nah, agar bisa lebih memahami secara detail, di bawah ini sudah ada rangkuman mengenai beberapa tujuan dari premi, antara lain:

  •         Memperoleh Pemerataan Biaya

Premi ini bertujuan untuk memperoleh pemerataan biaya. Inti dari mendapatkan pemerataan biaya tersebut yaitu sebagai nasabah, tertanggung atau pemilik polis, Anda sudah tidak perlu lagi mengganti atau membayar biaya secara keseluruhan dari segala kerugian atau permasalah yang mungkin saja Anda alami di kemudian hari.

  •         Mendapatkan Jaminan Perlindungan

Banyak masyarakat yang menganggap bahwa fungsi premi asuransi yaitu sebagai sebuah jaminan perlindungan dari berbagai macam risiko yang dapat terjadi. Oleh sebab itu, tujuan dalam membayar iuran premi ini tiada lain untuk memperoleh jaminan tersebut.

You may also like