Home Uncategorized Apa Itu Perencanaan Keuangan Jangka Pendek ?

Apa Itu Perencanaan Keuangan Jangka Pendek ?

by Mas Abadi

Perencanaan keuangan adalah salah satu aspek penting dalam kehidupan karena dapat dijadikan sebagai petunjuk yang akan mengontrol serta mengarahkan kita untuk mencapai tujuan. Jika tanpa perencanaan, kita akan kesulitan dalam menghadapi situasi sekarang ini dan situasi yang belum pasti di masa depan.

Salah satu manfaat dari perencanaan keuangan yang paling nyata yaitu kita dapat terhindar dari pengeluaran yang bersifat pemborosan. Membeli barang-barang yang tidak terlalu dibutuhkan dan berutang untuk memenhui tuntutan sosial. Dengan melakukan perencanaan keuangan, itu berarti kita akan selalu berdasar pada forecasting atau peramalan terhadap masa kini serta masa yang akan datang, berupa perencanaan keuangan jangka panjang, menengah maupun jangka pendek. Pada artikel ini, kami akan membahas mengenai perencanaan keuangan jangka pendek. Simak penjelasan di bawah ini.

Apa Itu Perencanaan Keuangan ?

Perencenaan keuangan menurut Prita Hazari Ghozie adalah proses yang dilalui oleh individu atau perorangan untuk mencapai tujuan finansialnya dengan cara mengembangkan rencana keuangan yang komprehensif. Dan perencanaan keuangan yang baik akan menghasilkan rencana-rencana yang jelas sehingga akan menjadi petunjuk ke arah mana kondisi keuangan seseorang berjalan.

Menurut seorang ahli, perencanaan keuangan yaitu sebuah proses yang dilakukan individu untuk menetapkan serta mencapai tujuan tertentu dalam hidupnya, dengan cara mengevaluasi kondisi keuangan mereka.

Manfaat Perencanaan Keuangan 

Dengan perencanaan keuangan, kita dapat mengalokasikan penghasilan untuk mewujudkan tujuan finansial jangka pendek, menengah maupun jangka panjang. Adapun manfaat lainnya yang dapat kita peroleh dengan perencanaan keuangan, antara lain :

  • Masa Depan Keluarga Terjamin

Mengingat kondisi di masa depan yang belum pasti, kita butuh mempersiapkan segala sesuatunya. Salah satunya dengan perencanaan keuangan. Dengan begitu, masa depan kita dan keluarga akan semakin aman dan terjamin. Karena melalui perencanaan keuangan yang baik, itu berarti kita sudah menyisihkan sebagian penghasilan ke bentuk aset tabungan.

  • Meminimalisir Kecemasan

Jika perencanaan keuangan dilakukan secara tepat, maka setiap kebutuhan kita saat ini maupun di masa depan dapat terpenuhi semua dengan baik. Hal tersebut akan menghindarkan kita dari rasa takut atau cemas karena tidak dapat mencukupi kebutuhan. Dengan perencanaan, kita menjadi lebih tenang dalam menjalani serta menikmati kehidupan.

  • Menjaga Aset yang Dimiliki

Aset yang kita miliki seperti tabungan, investasi dan emas akan tetap tersimpan dengan baik jika dilakukan perencanaan keuangan. Karena dengan merencanakan keuangan, berarti kita telah membagi pos-pos pengeluaran untuk keperluan sehari-hari, misalkan makan, belanja bulanan, membayar tagihan dan lain sebagainya. Sehingga aset yang kita miliki tidak akan terganggu dengan kebutuhan-kebutuhan tersebut.

  • Perencanaan Keuangan Jangka Pendek 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa perencanaan keuangan dapat meliputi perencanaan keuangan jangka panjang, menengah dan pendek. Apa itu perencanaan jangka pendek ?

Dalam menjalani kehidupan, kita pasti memiliki berbagai macam tujuan yang ingin diwujudkan. Namun masing-masing tujuan memiliki target waktunya sendiri kapan akan diwujudkan. Ada yang tidak sampai 5 tahun ke depan harus terwujud dan dalam belasan tahun dari sekarang.

Perencanaan keuangan jangka pendek merupakan rencana yang dibuat untuk mewujudkan keinginan yang harus dipenuhi dalam waktu tidak lebih dari 3 tahun. Misalkan dalam waktu satu sampai dua tahun bahkan hanya dalam kurun waktu beberapa bulan.

Tujuan Perencanaan Keuangan Jangka Pendek

Kira-kira apa saja yang termasuk dalam perencanaan keuangan jangka pendek ? Berikut berbagai tujuan perencanaan jangka pendek yang dapat diwujudkan dalam kurun waktu kurang dari tiga tahun :

  • Menikah

Bagi beberapa orang, persiapan pernikahan itu dapat dilakukan dalam waktu satu sampai dua tahun. Dalam kurun waktu tersebut, tetap harus dilakukan perencanaan keuangan yang baik. Alokasikan dana penghasilan untuk mempersiapkan biaya pernikahan. Langkah pertama yaitu dengan menentukan total budget yang dibutuhkan lalu perhitungkan berapa banyak biaya yang harus disisihkan setiap bulannya.

  •  Liburan 

Merencanakan keuangan untuk liburan ? Kenapa tidak ? Terkadang kita merasa penat dengan berbagai rutinitas yang dijalankan setiap harinya. Maka, tidak ada salahnya jika kita membuat perencanaan keuangan untuk berlibur dalam beberapa bulan ke depan. Meskipun hanya berlibur ke tempat yang dekat, namun tetap harus direncanakan dan diperhitungkan. Karena aktivitas ini juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit mulai dari akomodasi, berbelanja oleh-oleh hingga tiket masuk ke tempat-tempat wisata.

  • Membayar Tagihan

Perencanaan jangka pendek berikutnya bertujuan untuk memenuhi keperluan setiap bulannya yaitu membayar tagihan. Jika tidak dilakukan perencanaan keuangan yang baik, bagaimana kita dapat membayar berbagai kewajiban seperti tagihan listrik, kendaraan, dan utang. Karena semua itu merupakan hal yang harus dicukupi terlebih dahulu sebelum keperluan-keperluan yang sifatnya tidak begitu penting.

Itulah tadi penjelasan mengenai perencanaan keuangan jangka pendek. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

You may also like