Home Perencanaan Apa itu Paklaring? Ini Fungsi dan Contohnya

Apa itu Paklaring? Ini Fungsi dan Contohnya

by Greg Pascal
Paklaring

Paklaring merupakan surat keterangan bekerja atau surat pengalaman kerja yang bisa diajukan oleh pegawai ke perusahaan sebelum memutuskan untuk berhenti bekerja di perusahaan tersebut. Pada umumnya, surat keterangan ini digunakan sebagai syarat lampiran berkas lamaran kerja ketika mendaftar pekerjaan di perusahaan baru.

Apa Itu Paklaring?

Pengertian Paklaring secara umum merupakan dokumen yang berisi pengalaman kerja seseorang di perusahaan yang menempati posisi tertentu, isinya menjelaskan jenjang karier mulai dari awal masuk hingga akhir masa kerjanya.

Bagi seseorang yang akan melamar pekerjaan di perusahaan yang baru, lampiran surat paklaring cukup dibutuhkan, melalui surat ini perusahaan baru dapat menilai kualitas dan kapasitasnya mulai dari prestasi dan kontribusinya terhadap pekerjaan. Selain itu, apa fungsi dari surat paklaring?

Fungsi Surat Paklaring

Adapun fungsi surat paklaring bagi seorang pegawai yang memutuskan berhenti bekerja di perusahaan lama, tidak hanya sebagai surat lampiran dalam dokumen lamaran kerja untuk mendaftar di perusahaan baru. Bisa juga digunakan untuk hal lainnya, yaitu sebagai berikut.

1. Pencairan BPJS Ketenagakerjaan

Untuk proses pencairan BPJS Ketenagakerjaan salah satu syarat yang harus dipenuhi dengan melampirkan surat Paklaring, bertujuan agar bisa mendapatkan semua atau sebagian Jaminan Hari Tua (JHT) BPJS Ketenagakerjaan.

Jadi, bagi anda yang mau mencairkan dana JHT BPJS Ketenagakerjaan, maka usahakan punya surat paklaring. Anda bisa mengajukan pembuatannya ke perusahaan tempat anda bekerja, bisa sebagai pengganti surat keterangan bekerja.

2. Syarat Dapat Beasiswa Jalur Profesional

Surat paklaring bisa digunakan untuk mengajukan beasiswa jalur profesional, biasanya beasiswa ini digunakan bagi yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan S2 atau S3 yang diselenggarakan oleh pihak swasta maupun pemerintah.

Dengan menyertakan surat Paklaring, para pemberi beasiswa akan menimbang dalam memberikan bantuan tersebut berdasarkan prestasi yang tertulis di surat paklaring. Maka siapkan surat ini dalam berkas dokumen ketika ingin mengajukan beasiswa pendidikan di jalur profesional.

Paklaring

Baca Artikel Selanjutnya : 

3. Pengajuan Kartu Kredit atau Pinjaman Bank

Surat paklaring juga bisa digunakan untuk mengajukan pembuatan kartu kredit atau pinjaman di bank, bertujuan agar pihak bank bisa mengetahui pemohon punya penghasilan tetap dengan nominal tertentu.

Dengan surat paklaring ini, pihak bank bisa mengetahui kemampuan finansial pemohon. Dengan demikian, pengajuan kartu kredit maupun pinjaman bank bisa lebih mudah, karena ada bukti bahwa pemohon sanggup membayar cicilan per bulannya.

4. Melamar Pekerjaan

Surat paklaring bisa digunakan sebagai lampiran dokumen melamar pekerjaan di perusahaan baru, tujuannya agar perusahaan yang merekrut mengetahui bahwa pelamar pernah bekerja di perusahaan, punya pengalaman kerja di perusahaan sebelumnya.

Meskipun tidak semua perusahaan mewajibkan melampirkan surat paklaring, tetapi untuk jabatan tertentu seperti supervisor dan jabatan lebih tinggi lagi sebagian besar membutuhkan surat ini. Maka siapkan surat paklaring sebagai syarat mendapatkan pekerjaan dengan jabatan yang lebih tinggi yang anda ajukan.

Contoh Surat Paklaring

Dalam pembuatan surat paklaring harus mencantumkan informasi yang lengkap seperti nama lengkap, jabatan, hingga masa kerja. Kemudian harus dilengkapi dengan tanda tangan HRD dan stempel perusahaan.

Bagi anda yang ingin mendapatkan surat paklaring, bisa mengajukan ke HRD perusahaan. Dengan memiliki surat ini, selain untuk syarat administrasi, juga sebagai bukti bahwa anda punya pengalaman kerja di perusahaan. Lantas, seperti apa contoh surat paklaring?

Berikut contoh surat paklaring yang bisa anda ketahui

Pada surat paklaring diatas, terdapat beberapa informasi penting yang harus dicantumkan, seperti nama dan jabatan si pembuat dan juga bagi si penerima surat paklaring. Kemudian penjelasan mengenai pengalaman kerjanya selama di perusahaan dijelaskan dalam surat tersebut.

Contoh surat paklaring lainnya adalah sebagai berikut.

Setelah mengetahui contohnya, adapun syarat pembuatan surat paklaring adalah sebagai berikut.

Syarat Membuat Surat Paklaring

Sebelum memutuskan berhenti bekerja demi ingin mendapatkan surat paklaring, terlebih dahulu harus mengetahui syarat pembuatan surat tersebut diantaranya :

1. Resign dengan Cara Baik

Salah satu syarat untuk bisa mendapatkan surat paklaring, anda harus mengajukan resign dengan cara yang baik, bisa melalui surat pengunduran diri atau bisa bicara langsung dengan pihak HRD, sebagaimana dilakukan ketika anda melamar pekerjaan pertama kali.

2. Sudah Bekerja Minimal Satu Tahun

Syarat yang harus dipenuhi agar bisa mendapatkan surat paklaring yaitu anda sudah bekerja minimal satu tahun, karena perusahaan akan menilai terlebih dahulu kinerja anda selama satu tahun. Apabila bekerja dibawah satu tahun, biasanya dianggap kutu loncat karena sering berpindah-pindah pekerjaan.

3. Sudah Memenuhi Kewajiban Pekerjaan

Apabila anda sudah memenuhi kewajiban pekerjaan, atau sudah menyelesaikan pekerjaan sesuai kontrak tertulis, dengan kinerja yang bagus, maka perusahaan akan menerbitkan surat paklaring agar anda bjsa melamar pekerjaan baru dengan pengalaman yang sudah ada.

Itulah syarat membuat surat paklaring, bagi anda yang membutuhkan surat tersebut untuk melamar pekerjaan baru atau mengajukan pencairan dana Jaminan Hari Tua BPJS Ketenagakerjaan.

You may also like