Home Belanja Apa Itu Mastercard? Baca Artikel Ini untuk Tahu Definisi dan Kegunaannya

Apa Itu Mastercard? Baca Artikel Ini untuk Tahu Definisi dan Kegunaannya

by Mas Abadi
ilustrasi mastercard

Anda pasti sudah tidak asing dengan Mastercard yang biasanya tersemat di kartu ATM. Meski sering melihat, kenyataannya tidak banyak yang tahu sebenarnya apa itu Mastercard. Banyak yang menganggap bahwa Mastercard adalah sekedar kartu ATM. Agar Anda juga lebih memahami tentang Mastercard, dalam artikel ini akan dibahas lebih dalam. 

Apa Itu Mastercard? 

Bila menanyakan definisi dari Mastercard, sudah pasti tidak akan mendapatkan jawaban pasti. Karena sebenarnya Mastercard adalah merk kartu kredit yang dikeluarkan oleh Mastercard Worldwide yang merupakan sebuah organisasi keanggotaan yang dimiliki 25.000 lebih institusi keuangan yang ada di dunia. 

Perusahaan ini didirikan oleh Wells Fargo, United California Bank, Bank of California dan Crocker National Bank. Di mana Mastercard ini memang didirikan untuk menyaingi Visa yang terlebih dahulu ada. Tahun pendirian dari perusahaan ini adalah 1966, di mana memang 11 tahun lebih lama dari Visa. Tapi, Mastercard sendiri dikenal memiliki kelebihan yang mungkin disukai oleh pengguna kartu kredit. 

Mastercard pun mempunyai beberapa jenis kartu kredit yang dikeluarkan, berikut ini adalah jenisnya: 

  • World Mastercard 

Untuk jenis yang satu ini tidak bisa dimiliki oleh sembarang orang. Bagi Anda yang ingin memiliki World Mastercard minimal harus mempunyai aset yang bernilai di atas 1 milyar rupiah dan dalam bentuk tunai. Penggunaan dari kartu ini minimum adalah 75 juta dalam satu tahun. 

Bila pengguna tidak mencapai angka tersebut, maka akan biaya bulanan atau tahunan yang akan dikenakan. Besarnya pun bergantung dari bank penerbit kartu kredit ini. Namun, pemilik kartu ini minimal mempunyai tabungan, giro, deposito atau investor di bank penerbit. 

  • World Elite Mastercard

Jenis kartu yang satu ini sendiri adalah yang paling tinggi. Di mana untuk bisa mendapatkan kartu ini ada standar yang harus dipenuhi. Tentu saja, karena kartu ini memiliki tingkat yang paling tinggi, ada beberapa keuntungan yang juga tidak biasa. Kartu ini bahkan memiliki fitur Identity Theft Resolution Service yang akan memberikan pengamanan lebih ketika ada yang berusaha untuk mencuri kartu kredit ini. 

  • Mastercard Classic 

Jenis selanjutnya adalah Mastercard Classic yang banyak digunakan masyarakat umum. Jenis kartu kredit ini mempunyai limit penggunaan yang paling rendah yaitu hanya 5 juta rupiah saja. Jika Anda ingin memiliki kartu kredit jenis ini, minimal pendapatan adalah UMR atau bisa juga pendapatan minimal per tahun adalah 50 juta rupiah. 

  • Mastercard Gold 

Lalu ada juga Mastercard Gold yang mempunyai limit hingga 100 juta rupiah. Tapi tentu saja, iuran per bulan pada kartu kredit ini termasuk tinggi. Untuk bisa mendapatkan kartu ini pun Anda harus berpenghasilan tinggi. 

  • Mastercard Platinum 

Jenis yang satu ini sendiri terbilang jarang dimiliki oleh orang biasa. Batas pemakaian dari kartu ini sendiri mencapai 75 juta rupiah. Bahkan bisa unlimited, tergantung penghasilan dari penggunanya. Banyak sekali keunggulan yang diberikan, salah satunya adalah reward poin yang akan diberikan jika melakukan transaksi. 

Kegunaan dari Mastercard 

Kartu kredit BRI

Setelah memahami apa itu Mastercard dan juga jenis-jenisnya, maka Anda juga harus tahu kegunaan dari kartu ini. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa Mastercard adalah brand untuk kartu kredit. Jadi jika membahas kegunaannya, maka sudah pasti akan berhubungan dengan kartu kredit. Berikut ini adalah kegunaannya: 

  • Berbelanja online 

Kegunaan pertama dari kartu Mastercard adalah bisa digunakan untuk berbelanja online. Sama seperti kartu kredit pada umumnya, di mana bagi Anda yang menggunakan kartu ini bisa berbelanja online dengan lebih mudah dan cepat. Tidak hanya berbelanja di online shop lokal saja, Anda pun bisa berbelanja dari online shop luar negeri. 

Tapi sebelum berbelanja online dengan menggunakan kartu Mastercard, pastikan bahwa Anda sudah memahami berapa biaya bulanan yang akan dikenakan beserta dengan bunganya. Meski ada beberapa menerapkan cicilan 0%, tapi tetap saja Anda tidak boleh sembarangan ketika menggunakan kartu kredit. 

  • Sistem cicilan dalam berbelanja

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya ada fasilitas cicilan. Anda yang membutuhkan sesuatu dan dana tidak mencukupi, bisa membeli dengan menggunakan kartu kredit. Nantinya pembayaran akan dicicil dengan jangka waktu yang sudah ditentukan. 

  • Layanan pinjaman dana 

Pengguna kartu kredit sendiri bisa juga menikmati layanan pinjaman dana. Perlu Anda ketahui bahwa limit di kartu kredit bisa diuangkan. Tapi, tentu saja tetap memperhatikan berapa besaran cicilan yang harus dibayarkan. 

  • Adanya berbagai promo yang diberikan 

Pengguna Mastercard pun bisa menikmati berbagai promo hingga diskon di seluruh dunia. Contohnya saja ketika Anda ingin menginap di hotel, jika membayar dengan kartu ini bisa mendapatkan diskon atau promo yang disediakan. Dengan catatan bahwa hotel sudah bekerja sama dengan Mastercard. 

Demikianlah penjelasan dari Mastercard dari definisi hingga kegunaannya. Jadi, Anda sudah tahu bahwa logo Mastercard yang ada pada kartu Anda adalah sebuah perusahaan yang menerbitkan kartu kredit atau ATM.  

You may also like