Home Bisnis Apa Itu Manajemen Keuangan Bisnis? Ketahui Manfaat, dan Tipsnya

Apa Itu Manajemen Keuangan Bisnis? Ketahui Manfaat, dan Tipsnya

by Mas Abadi
ilustrasi manajemen keuangan bisnis

Pada sebuah bisnis baik itu kecil ataupun besar, memiliki keuangan yang sehat sangatlah penting. Hal ini tidak lain untuk bisa mempertahankan bisnis agar bisa bertahan lama. Tentu saja keuangan yang sehat harus menjalankan pengaturan atau manajemen yang tepat. Manajemen keuangan bisnis pun mempunyai manfaatnya sendiri. Lalu, sebenarnya apa itu manajemen keuangan bisnis? Apa saja manfaat dan juga bagaimana tipsnya? Simak pembahasannya berikut ini. 

Pengertian Menajemen Keuangan Bisnis 

Secara garis besar, manajemen keuangan bisnis memiliki arti sebuah kegiatan perusahaan yang memiliki hubungan dengan cara perusahaan mendapatkan dan mengelola aset serta dana yang dimiliki. Tanpa adanya manajemen keuangan, maka sudah pasti perusahaan tidak akan berjalan. Untuk lebih memahami pengertianya, berikut ini adalah pendapat dari beberapa ahli terkait manajemen keuangan bisnis: 

  • L. Massie 

Menurut ahli yang satu ini, manajemen keuangan merupakan aktivitas di dalam operasional sebuah bisnis dan bertanggung jawab untuk bisa mendapatkan serta menggunakan dana. Di mana dana ini nantinya akan dipergunakaan untuk kepentingan operasional yang efektif serta efisien. 

  • Agus Sartono 

Manajemen keuangan bagi Agus Sartono adalah hal-hal yang seluruhnya berhubungan dengan alokasi dana dalam bentuk investasi yang efektif maupun usaha dari pengumpulan dana dengan tujuan pembiayaan investasi atau pun pembelanjaan yang efisien. 

  • Bambang Riyanto

Manajemen keuangan bagi ahli yang satu ini adalah aktivitas dari perusahaan terkait dengan usaha dalam mendapatkan pendanaan yang nantinya akan diperlukan dengan pembiayaan minimal serta syarat yang menguntungkan dan usaha menggunakan dana dengan lebih efektif. 

  • J. F Bradley

Menurut Bradley, manajemen keuangan merupakan cara pengelolaan modal untuk digunakan secara bijaksana serta seksama, di mana sumber modal memungkinkan untuk dikeluarkan dan bergerak agar mencapai tujuan. 

  • Sonny S 

Bagi Sonny S, manajemen keuangan merupakan kegiatan perusahaan yang memiliki hubungan untuk mencari cara dalam penggunaan dana serta bisa mengelola aset yang telah disesuaikan dengan tujuan dari perusahaan secara keseluruhan. 

Dari pengertian yang telah disampaikan oleh para ahli tersebut, dapat disimpulkan bahwa manajemen keuangan bisnis adalah cara mengatur atau mengalokasikan dana serta aset untuk digunakan perusahaan supaya bisa mencapai tujuan bersama. 

Manfaat Dari Manajemen Keuangan Bisnis 

prospek kerja jurusan manajemen

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa ada manfaat yang akan diterima perusahaan atau organisasi ketika menjalankan manajemen keuangan bisnis ini. Berikut ini adalah manfaatnya: 

  • Keuangan perusahaan dapat dikendalikan dengan baik 

Manfaat pertama dari manajemen finansial bisnis ini adalah keuangan perusahaan dapat dikendalikan dengan baik. Ketika sebuah perusahaan menjalankan manajemen keuangan yang sehat, berarti dana akan disimpan dengan baik dan pendanaan pun akan efektif. 

  • Keuangan perusahaan akan digunakan dengan lebih maksimal 

Manajemen finansial pada perusahaan sendiri juga akan sangat membantu agar keuangan bisa digunakan dengan lebih maksimal. Adanya manajemen ini, maka perusahaan bisa tahu mana pengeluaran yang memang penting dan mana yang tidak. Sehingga nantinya perusahaan bisa mengelola uang dalam keadaan yang lebih sempurna. 

  • Modal lebih memiliki struktur yang sehat 

Ketika manajemen keuangan sudah baik, maka secara garis besar modal pun juga akan lebih sehat. Untuk mengukur modal yang sehat ditandai dengan jumlahnya. Apabila modal lebih besar dari hutang, sudah jelas bahwa perusahaan tersebut mempunyai struktur finansial yang sehat. 

  • Dapat dengan aman berinvestasi 

Perusahaan dapat mendapatkan uang dengan cara investasi dari apa yang dimiliki. Bila keuangan dalam perusahaan dapat diatur dengan baik, investasi yang dijalankan pun aman dan juga menguntungkan. 

  • Meyakinkan investor atau pemegang saham 

Manfaat terakhir dengan adanya manajemen finansial ini adalah mampu meyakinkan investor atau pemegang saham. Kepastian akan keuntungan, pengeluaran dana dan lain sebagainya akan tercatat dengan jelas. Sehingga investor pun tidak akan ragu lagi untuk menambah jumlah investasi. Perusahaan pun akan mendapatkan suntikan modal yang lebih besar. 

Tips Dalam Menjalankan Manajemen Keuangan Bisnis 

Dengan adanya manfaat yang besar bagi bisnis, maka perlu sekali Anda ketahui tips-tips agar bisa menjalankannya dengan benar. Berikut ini adalah tipsnya: 

  1. Jangan sampai pembayaran yang jatuh tempo terlambat atau bahkan tidak dibayarkan sama sekali. 
  2. Terus pantau akan kredit dan pembukuan yang dijalankan agar bisa memastikan kondisi dari keuangan perusahaan. 
  3. Memilih orang atau SDM yang tepat, di mana ia memahami sistem serta berwawasan luas sehingga sepadan dengan apa yang menjadi tanggung jawabnya. 
  4. Merencanakan masa depan dari perusahaan, seperti membuat rencana bisnis hingga 5 tahun atau 10 tahun. Hal ini sendiri berfungsi untuk bisa mencegah apa yang akan terjadi di masa depan. 
  5. Sisihkan pembayaran pajak yang harus dibayarkan. Cara paling mudah adalah dengan menyisihkan dana pajak setiap bulan. 

Demikianlah pengertian dari manajemen keuangan bisnis beserta dengan manfaat dan tips menjalankannya. Pada dasarnya kunci sukses dalam dunia bisnis adalah pengelolaan uang yang baik, sehingga bisnis pun bisa terus berkembang dan maju. 

You may also like