Home Tabungan Apa Itu Kode SWIFT? Ini Info, Cara Mengetahui, dan Daftarnya di BCA, BNI, BRI

Apa Itu Kode SWIFT? Ini Info, Cara Mengetahui, dan Daftarnya di BCA, BNI, BRI

by Mas Abadi
ilustrasi kode swift

Transaksi keuangan saat ini semakin mudah untuk dilakukan, bahkan dengan adanya kemajuan ini memudahkan Anda bertransaksi antar bank tidak hanya dalam negeri, namun juga luar negeri. Semua itu dapat Anda lakukan berkat teknologi yang bernama kode SWIFT.

kode SWIFT ini sangatlah membantu Anda yang memiliki keluarga atau partner di luar negeri dan ingin mengirim sejumlah uang kepada mereka dan juga sebaliknya. Tetapi sebenarnya kode SWIFT itu apa? Lalu apa fungsinya?

Apa Itu Kode SWIFT

kode SWIFT (Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunications) yang berguna untuk mengidentifikasi suatu bank dari negara dan cabang tertentu. Umumnya kode tersebut akan terdiri dari huruf atau angka yang berjumlah 8 hingga 11 digit. Misalnya, GGGGBBTT345.

Setiap huruf dan angka tentunya memiliki arti tertentu, 4 (empat) huruf pertama merupakan inisial bank, 2 (dua) setelahnya adalah kode negara, 2 (dua) berikutnya serta 345 mewakili kode lokasi atau cabang, lalu biasa kode angka paling akhir opsional.

kode bank

kode SWIFT dibuat untuk mempermudah ketika melakukan pertukaran informasi antar bank di seluruh negara. Jika di total jumlah yang telah berpartisipasi dengan SWIFT adalah 200 negara dan lebih dari 9.000 badan usaha atau lembaga keuangan serta sekuritas.

kode SWIFT juga sering dikenal dengan BIC (Bank Identifier Code), karena memang fungsi atau kegunaannya adalah memberikan tanda (identitas) bagi sebuah bank yang berada di negara-negara lain.

Fungsi Kode SWIFT

kode SWIFT memiliki dua kegunaan atau fungsi, yakni sebagai sarana transaksi keuangan antar negara dan identitas.

  • Sebagai identitas

kode SWIFT dikenal juga BIC yang berisi 8 hingga 11 digit kombinasi dari huruf dan angka. Digunakan untuk mengidentifikasi sebuah institusi keuangan. Kode antar bank ini pada setiap bank tidak akan sama, selain itu memang dibuat agar mengurangi resiko adanya tambahan biaya dan juga sebagai keamanan ketika bertransaksi.

  • Sebagai kode transaksi antarnegara

Kode unik yang dimiliki oleh SWIFT juga dapat digunakan untuk kode transfer keuangan dengan skala internasional. Anda bisa melakukan pengiriman uang ke lembaga keuangan yang berada di luar negeri.

Dengan adanya kode SWIFT ini, melakukan pengiriman uang antar negara akan menjadi efektif, efisien juga dapat dengan mudah teridentifikasi. Apabila Anda salah ketika memberikan informasi tentang kode SWIFT dari bank tujuan, secara otomatis transaksi tersebut akan gagal.

Cara Mengetahui Kode SWIFT Bank

kode SWIFT dapat diketahui bila Anda memperhatikan 8 hingga 11 kombinasi huruf dan angka yang terdapat disana. Pola  yang harus diketahui dari GGGGBBTT345, untuk mengidentifikasi secara mendetail, negara, kota, perusahaan bank serta cabang.

  • GGGG : empat huruf pertama merupakan kode dari nama bank, misal BNI adalah BNIN.
  • BB : merupakan kode dari negara asal, misal Indonesia berarti kodenya adalah ID.
  • TT : merupakan lokasi dari kantor pusat lembaga keuangan tersebut, misal JA adalah Jakarta.
  • 345 : merupakan lokasi dari kantor cabang.

Contohnya, bila Anda berada di luar negeri dan ingin mengirim uang ke rekening BNI yang berada di Jakarta, maka Anda dapat menggunakan kode BNINDJA345, namun bagaimana caranya mencari kode SWIFT tersebut.

  • Mencari melalui laporan aktivitas rekening

Beberapa bank biasanya akan meletakkan kode pada laporan aktivitas perbankan yang Anda dan semua nasabah dapatkan setiap bulannya. Anda dapat mengeceknya apa kode tersebut ada dalam laporan tersebut atau tidak.

  • Melihat pada situs resmi bank

Anda dapat mengunjungi situs website resmi dari bank tempat membuka rekening. Kode tersebut biasanya akan tercatat dengan jelas pada bagian depan dari halaman bank tersebut. Kode SWIFT kebanyakan berada di paling bawah laman.

  • Mencari secara online

Jika Anda tidak dapat menemukannya pada website resmi bank, silahkan mencarinya pada situs atau media yang terpercaya secara online. Masuk saja pada Google, ketikkan kata kunci “Kode SWIFT BNI” dan semua informasi akan muncul di halaman pertama.

Daftar Kode SWIFT BCA, BNI, BRI

Setiap bank pastinya memiliki kode yang berbeda, karena kode tersebut merupakan identitas dari masing-masing lembaga keuangan yang ada di seluruh dunia. Begitu pula dengan semua bank yang ada di negara kita.

Berikut di bawah ini adalah kode SWIFT dari BCA, BNI, dan BRI dengan pusatnya yang berada di kota Jakarta :

Bank Central Asia (BCA) CENAIDJA

Bank Negara indonesia (BNI) BNINIDJA

Bank Rakyat Indonesia (BRI) BRINIDJA

Itulah tadi informasi tentang pengertian dari kode SWIFT, cara mengetahuinya serta daftar kode milik Bank BCA, BNI dan BRI. Ingat untuk selalu memperhatikan dengan seksama pola dari kode masing-masing bank, agar tidak terjadi gagal transfer ketika Anda melakukan pengiriman uang bagi keluarga atau rekan yang berada di luar negeri.

You may also like