Home Belanja Apa Itu Kode OTP? Cek Informasi, Kegunaan, Contoh, dan Cara Mendapatkannya

Apa Itu Kode OTP? Cek Informasi, Kegunaan, Contoh, dan Cara Mendapatkannya

by Mas Abadi
ilustrasi Kode OTP

Kode OTP merupakan kependekan dari One Time Password, bisa diartikan juga sebagai kode password yang bersifat sementara serta hanya sekali pakai. Keberadaan OTP memang bertujuan untuk menghindari cyber crime atau tindak kriminal dalam hal digital.

Itulah mengapa Anda harus menjaga kode OTP (One Time Password) dan tidak memberitahukannya kepada siapa pun. Karena itu, ada baiknya Anda mengenal atau mengetahui seluk beluk dari kode ini agar nantinya akan semakin cerdas dan bijak ketika melakukan transaksi secara online.

Contoh Kode OTP

Kode OTP biasanya mempunyai masa berlaku cukup singkat, yakni 30 detik sampai 5 menit. Untuk contohnya terdapat di beberapa aplikasi yang biasa digunakan, misal seperti berikut :

  • Grab

<#> 171*** is your Grab Activation Code (GAC).

It expires in 2 minutes. Do not share it with anyone. H9CMN*****

  • Dana

Hindari Penipuan! Jangan berikan kode OTP kepada siapa pun.

Kode OTP DANA : 67** berlaku selama 10 menit.

  • LinkAja

Kode verifikasi Anda adalah 317***

RAHASIAKAN kode Anda.

Abaikan jika Anda tidak meminta kode ini. Info linkaja.id

  • ShopeePay : Kode verifikasi 456***

Berlaku 5 menit. JANGAN BERIKAN kode kepada siapapun, TERMASUK TIM SHOPEE – jKPmMcd****

Itulah beberapa contoh dari kode OTP yang biasanya akan Anda dapatkan dari e-wallet, e-commerce, Grab dan mungkin Anda juga pernah mendapatkan kode seperti itu melalui SMS atau e-mail, bahkan mungkin dikirimkan melalui WhatsApp. Namun, ada juga yang melalui panggilan telepon.

Penerapan One Time Password, pertama kali digunakan oleh Bank Indonesia dan seiring perkembangan teknologi, akhirnya penggunaannya semakin meluas. Kode OTP sendiri didesain hanya dapat digunakan satu kali, tujuannya agar tidak terjadi penipuan atau tindak kriminal lainnya.

Kegunaan Kode OTP

Masih banyak orang yang sebenarnya masih tidak dapat membedakan PIN dan OTP, padahal kedua kode ini mempunyai fungsi berbeda. Simak cek informasi tentang kegunaan OTP sebagai berikut :

  • Aman karena digunakan satu kali

OTP (One Time Password) memang hanya bisa digunakan sekali saja. Mengapa? Hal tersebut disebabkan agar terhindar dari kejahatan cyber dan meminimalisirnya. Tentu saja kode OTP berbeda dengan PIN, karena PIN memiliki fungsi yang tetap serta tidak akan berubah.

  • Mendapatkan perlindungan ekstra

One Time Password pada umumnya hanya terbatas untuk beberapa kepentingan terkait dengan transaksi, misal login di aplikasi jual beli, bank, e-wallet dan lain sebagainya. Fungsi dari kode OTP sendiri sebenarnya agar terhindar dari tindak kriminal.

  • Adanya batas waktu penggunaan

Ciri khas dari One Time Password yang utama, yaitu penggunaannya memiliki batas waktu. Biasanya hanya akan diberikan 3 detik sampai 5 menit. Jika terlewat, maka Anda harus meminta untuk dikirimkan kode baru supaya bisa melanjutkan transaksi. Nomor yang diterima pastinya tidak sama dengan sebelumnya.

Cara Mendapatkan Kode OTP

Toko Online

Lalu bagaimana caranya agar Anda bisa mendapatkan kode OTP ini?

  1. Kode ini bisa didapat ketika Anda akan melakukan verifikasi login pada aplikasi.
  2. Kode OTP juga akan didapat ketika Anda ingin melakukan sebuah perubahan data, misalnya merubah password.
  3. Kode OTP juga bisa Anda dapatkan ketika melakukan transaksi secara online melalui aplikasi.

Apabila Anda telah mendapatkan kode OTP jangan menunda untuk memasukkannya ke kolom yang diminta, karena masa aktifnya cukup singkat serta hanya bisa digunakan satu kali dan jangan sampai kode tersebut diketahui oleh orang lain.

Mengapa OTP Tidak Boleh Diberitahukan Kepada Orang Lain?

Tujuan dibuatnya kode OTP tentunya agar transaksi online yang Anda lakukan tetap terjaga dan aman. Namun, masih banyak orang bisa tertipu karena dengan mudah memberikan nomor tersebut kepada orang lain.

Sebenarnya boleh atau tidak, kode ini diberikan kepada orang lain? Jawabannya adalah tidak boleh. Kenapa? Karena kode ini merupakan kunci utama agar Anda bisa mengakses akun dan mendapatkan segala informasi yang terdapat di dalamnya.

One Time Password atau OTP ini dapat diibaratkan sebagai kunci rumah milik Anda yang bila dengan sengaja diberikan kepada orang lain, mereka bisa dengan bebas melakukan apapun di dalamnya termasuk mengambil apa yang diinginkan.

Bayangkan jika saldo serta segala informasi pribadi milik Anda digunakan oleh orang lain untuk melakukan hal-hal yang dia inginkan. Bahkan bisa saja dipakai untuk menipu orang dengan semua data Anda, mulai dari KTP, nomor rekening dan lain sebagainya.

Tentunya yang akan dirugikan adalah Anda sendiri sebagai pemilik akun dan data. Karena orang tersebut menggunakan data diri Anda untuk melakukan penipuan. Jadi, mulailah waspada apabila Anda mendapatkan kode OTP dari aplikasi yang Anda miliki, tetapi tidak merasa meminta kode tersebut. 

You may also like