Home Bisnis Apa Itu Jastip? Kenali Pengertian dan Cara Kerjanya Disini!

Apa Itu Jastip? Kenali Pengertian dan Cara Kerjanya Disini!

by Mas Abadi
jastip adalah

Bisnis jasa titip atau yang dikenal dengan jastip adalah sebuah usaha atau bisnis yang dilakukan untuk mendapatkan keuntungan dari membeli barang untuk orang lain. Mudahnya, anda bisa mendapat untung dari biaya yang ditambahkan setiap item barang yang dipesan oleh konsumen. Bagi anda yang masih bingung, selengkapnya simak ulasan berikut ini.

Hal yang Perlu Anda Tahu Tentang Jastip

1. Pengertian Jastip

Dikutip dari Detik, jastip merupakan salah satu bisni yang memiliki cara kerja membelikan barang yang dipesan oleh konsumen atau pengguna layanan. Biasanya orang yang memulai usaha jastip ini mempromosikan jasanya melalui media sosial. Dapat dikatakan jika bisnis satu ini sedang hype atau nge tren, terutama di kalangan anak muda.

Pasalnya, konsumen tak perlu keluar rumah untuk mendapatkan barang yang diinginkan. Hanya dengan menggunakan smartphone dan juga media sosial, anda pun bisa memulai usaha satu ini. untuk itu, dengan adanya jastip ini dapat menjadi usaha yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan keuntungan dengan cara membelanjakan barang barang untuk orang lain.

2. Mengapa Banyak Orang Tertarik Menjalankan Bisnis Ini?

Apa itu jastip? Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, jasa ini akan memberikan kemudahan bagi konsumen yang ingin membeli barang tanpa perlu keluar rumah. Lantas apa bedanya dengan belanja online? Jastip memiliki sasaran target pasar yang lebih spesifik. Contohnya saja banyak masyarakat yang saat ini tidak asing dengan produk dari luar negeri.

Ada banyak barang dari luar negeri seperti produk kecantikan, sepatu, hingga fashion ataupun souvenir lucu dari berbagai belahan di dunia. Oleh karena itu, ketika anda kebetulan sedang berlibur di luar negeri tak ada salahnya untuk membuka jastip untuk kerabat, teman maupun konsumen yang ada di Indonesia.

Baca Artikel Selanjutnya : 6 Ide Usaha Makanan yang Tak Lekang Oleh Waktu

Cara Kerja Dari Jastip

jastip adalah

1. Memiliki Harga yang Kompetitif

Ketika anda memiliki keinginan untuk berbisnis jastip, maka sebagai pemilik bisnis anda pun diharuskan memiliki sifat yang transparan kepada pembeli. Contohnya, anda harus memberi tahu harga asli dari produk tersebut kepada konsumen. Hal ini dikarenakan biasanya pembeli telah tahu dan melakukan riset akan harga dari produk yang diincarnya tersebut.

Sehingga pembeli akan tahu berapa harga asli dari barang itu. Ketika anda memberi tahu konsumen tentang harga asli dan ongkos jastipnya, hal ini akan membuat konsumen semakin percaya untuk berbelanja dengan menggunakan jasa anda. Selain itu, pembeli pasti juga telah tahu bahwa harga jastip akan lebih mahal dibanding dengan harga aslinya.

Namun, cara kerja jastip yang benar adalah dengan tidak mematok ongkos jastip yang terlalu tinggi. Anda bisa menyesuaikan tarif jastip berdasarkan biaya logistik maupun transportasinya. Jangan sampai anda menjual barang jastip tersebut terlalu mahal. Umumnya pelaku usaha ini akan menaikkan harga sekitar 10 hingga 15 persen untuk ongkos jastip.

2. Tentukan Sistem Pembayaran di Awal

Sistem pembayaran dalam bisnis jastip ini merupakan hal yang sangat penting. Hal ini dikarenakan sering kali terdapat beberapa kasus ketika konsumen telah membayar, ternyata jastip tersebut menghilang begitu saja. selain itu, terdapat beberapa konsumen pula yang telah memesan barang namun tidak mau membayar atau menghilang.

Untuk itu, anda pun perlu memikirkan sistem pembayaran yang cukup efektif di dalam bisnis satu ini. disarankan agar anda melakukan sistem pembayaran yakni sebesar 50 persen. Sehingga pembeli yang ingin membeli barang dengan jastip diharuskan membayar dp sekitar 50 persen.

3. Memilih Target Pasar dan Melakukan Promosi yang Gencar

Cara kerja jastip selanjutnya adalah menentukan target pasar. Disini, anda pun bisa melakukan riset tentang produk apa yang sedang banyak dicari oleh konsumen. Terutama jika produk tersebut tidak dijual di Indonesia. Hal ini akan membuat anda bisa tahu barang apa saja yang banyak dibeli atau disukai oleh masyarakat di Indonesia.

Tak hanya memiliki target pasar yang spesifik saja, anda juga perlu untuk melakukan promosi yang gencar ketika ingin menjalankan bisnis satu ini. hal ini dikarenakan terdapat beberapa orang yang memang tertarik akan produk yang dijual di luar negeri. Sebut saja seperti fans fans Kpop yang tertarik dengan berbagai merchandise dari idolanya.

Untuk itu, anda pun bisa memanfaatkan media sosial untuk menjalankan bisnis satu ini. anda bisa membuat akun Instagram khusus barang barang jastip. Dimana untuk fotonya adalah dengan mencantumkan spesifikasi, harga dan hastag sehingga lebih mudah untuk dijangkau oleh orang banyak.

Jastip adalah salah satu jenis usaha yang sedang banyak dilakukan belakangan ini. untuk itu, bagi anda yang memiliki hobi berjalan jalan ke suatu daerah atau bahkan luar negeri, tak ada salahnya untuk membuka jasa titip ini. dengan begitu, anda pun akan bisa mendapatkan keuntungan dan uang tambahan selagi anda sedang berlibur.

You may also like