Home Tabungan Apa Itu Bank Digital? Ini Penjelasan, Keuntungan dan Daftarnya di Indonesia

Apa Itu Bank Digital? Ini Penjelasan, Keuntungan dan Daftarnya di Indonesia

by Mas Abadi
ilustrasi bank digital

Bank digital merupakan suatu bank yang memberikan fasilitas perbankan serta manajemen keuangan kepada nasabahnya dengan cara online melalui platform yang tersedia. Anda sebagai nasabah dari bank digital dapat menggunakan semua layanan, seperti :

  • Pembukaan rekening
  • Mengontrol deposit
  • Melakukan transaksi perbankan melalui aplikasi tanpa perlu datang ke bank.

Bank digital biasanya hanya memiliki satu kantor sebagai pusat kegiatan atau bahkan tidak ada sama sekali. Karenanya nasabah hanya diminta untuk mengunduh aplikasinya saja kemudian memanfaatkan semua fitur yang terdapat didalamnya.

Keuntungan Bank Digital

Keuntungan yang diberikan oleh bank digital tidak hanya dari aspek manajemen bisnisnya saja, namun juga beberapa keunggulan lain yang bisa didapatkan oleh nasabah bila dibandingkan dengan bank konvensional, seperti :

  • Memberikan layanan keuangan secara menyeluruh

Sebagai nasabah dari bank digital, Anda akan mendapatkan sarana dalam mengontrol keuangan secara menyeluruh. Maksudnya, bank online bisa menjangkau pelanggan lebih luas, seperti area yang tidak atau belum ada bank konvensional, dapat memanfaatkan keberadaan dari bank daring.

Keunggulan ini tentunya sangat bermanfaat guna membantu nasabah yang berada di wilayah di luar lingkup dari bank konvensional atau selalu bergantung pada ATM, karena kebanyakan dari bank digital dapat melakukan setoran dan penarikan dari berbagai merchant yang bekerja sama.

  • Layanan Selama 24 Jam

Dengan hadirnya bank digital, Anda tidak lagi terikat pada jam kerja untuk mendapatkan layanan keuangan. Kebutuhan apapun bisa Anda dapat selama 24 jam menggunakan bank online milikmu. Tidak perlu menunggu bank beroperasi dan antri.

  • Biaya Admin Murah

Apabila Anda memiliki bisnis, menggunakan bank digital sangatlah membantu. Apalagi untuk bertransaksi antar bank yang biasanya akan terkena biaya admin yang cukup mahal. Dengan Anda menggunakan bank daring, selisih tarifnya terbilang besar.

Daftar Bank Digital di Indonesia

  • JENIUS 

Jenius merupakan aplikasi bank digital milik PT. Bank Tabungan Pensiunan Nasional atau BTPN yang resmi diluncurkan tahun 2016. Aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan, bahkan Anda juga dapat membuka rekening BTPN. Untuk registrasi, verifikasi dan aktivasinya juga cukup mudah karena tidak memerlukan waktu lama dan tidak ada biaya apapun.

Anda juga akan langsung mendapatkan nomor rekening yang memiliki fungsi sama seperti membuka rekening baru langsung di bank. Untuk pengisian saldo juga telah dijelaskan secara lengkap pada aplikasinya. Bila sudah memiliki rekening dan saldo, aplikasi telah dapat digunakan untuk melakukan semua transaksi finansial.

  • WOKEE

Tahun 2018 lalu, Bank Bukopin secara resmi meluncurkan aplikasi Wokee. Bank digital ini dapat digunakan untuk membuka rekening dengan proses yang mudah. Mulai dari registrasi, verifikasi hingga aktivasi dan Anda tidak akan dikenakan biaya apapun.

Wokee juga dapat digunakan untuk mengisi saldo e-wallet, seperti OVO, LinkAja dan juga Gojek. Selain itu Wokee memiliki satu kelebihan, yaitu adanya fitur Merchant Careless Withdrawal. Fiturnya memiliki fungsi untuk tarik tunai di merchant yang telah bekerja sama dengan bank Bukopin.

  • TMRW

Bank UOB juga tidak ingin ketinggalan, pada tahun 2020 lalu tempatnya di bulan Agustus. Secara resmi Bank UOB memperkenalkan TMRW kepada masyarakat luas. Fungsi aplikasi ini sama dengan aplikasi bank digital lainnya. Nasabah dapat membuka rekening secara digital dan bisa membuat kartu kredit. Nasabah juga diberikan pilihan, apakah ingin membuka rekening saja atau hanya membuat kartu kredit.

perbankan adalah

Seperti yang lain juga, TMRW juga dapat digunakan untuk melakukan transaksi finansial apapun termasuk membayar belanjaan Anda di e-commerce. Selain itu TMRW memiliki fitur QR (Quick Response Code), fitur ini dapat digunakan pada merchant yang memiliki QR pada metode pembayarannya dan memang memiliki kerja sama dengan Bank UOB.

  • JAGO

Jago merupakan bank digital yang dirilis pada bulan April 2021 oleh PT. Bank Jago TBK. Untuk proses pendaftaran atau registrasinya Anda diwajibkan mempunyai e-KTP dan juga NPWP (bila ada), tahap selanjutnya adalah melakukan video call dengan customer service untuk langkah pengaktifan dan pengecekan data yang tadi telah diisi.

Proses registrasinya memakan waktu hanya 5 (lima) menit, pastikan saat jika jaringan internet Anda stabil. Jago juga tidak meminta Anda untuk mengisi deposit terlebih dahulu agar rekening aktif. Fitur andalan yang dimiliki oleh aplikasi ini adalah Kantong. Fitur Kantong memiliki fungsi sebagai tabungan bersama atau tempat dimana nasabah dapat mengalokasikan dananya pada kebutuhan-kebutuhan lain, seperti mengumpulkan biaya untuk wisata, sekolah, menikah dan lain sebagainya.

Itulah tadi penjelasan tentang bank digital, keuntungan serta daftar dari 4 (empat) bank digital yang ada di Indonesia. Jadi, Anda tidak perlu ragu untuk menggunakannya. Karena semua data yang Anda miliki akan terjaga dan aman serta akan membuat Anda lebih nyaman dalam melakukan transaksi perbankan secara online dimana pun dan kapan saja.

You may also like