Home Tabungan Apa Fungsi Lembaga Keuangan? Cari Tahu Selengkapnya di Sini!

Apa Fungsi Lembaga Keuangan? Cari Tahu Selengkapnya di Sini!

by Mas Abadi
pengertian lembaga keuangan

Lembaga keuangan merupakan badan usaha yang memberikan sarana dan produk pada bidang keuangan juga mengatur perputaran uang di dalam perekonomian. Di Indonesia, lembaga atau badan usaha yang bergerak pada bidang keuangan dan tidak hanya di perbankan. Lembaga keuangan sendiri dibagi menjadi dua, yakni :

Lembaga keuangan bank

Lembaga keuangan bank yang memiliki kewenangan untuk mengumpulkan dana masyarakat berupa tabungan, deposito dan giro, kemudian menyalurkannya kembali kepada orang-orang yang membutuhkan pinjaman (kredit).

Di Indonesia, badan usaha atau lembaga keuangan ini terbagi 3 (tiga) kategori, yakni : bank umum, sentral dan BPR (bank perkreditan rakyat). Tentunya masing-masing memiliki fungsi berbeda-beda.

Bank umum memiliki fungsi memberikan layanan berupa jasa keuangan untuk masyarakat. Bank sentral memegang peran menjaga keseimbangan perekonomian dan BPR bertugas menerima dana simpanan dari nasabah berupa deposito berjangka.

Lembaga keuangan non-bank

Lembaga keuangan non-bank, tugasnya adalah menyediakan macam-macam jasa keuangan serta menarik dana secara tidak langsung yang berasal dari masyarakat, misalnya seperti asuransi, leasing, dana pensiun, sekuritas dan pegadaian.

Fungsi Lembaga Keuangan Bank

pengertian bank

Beberapa fungsi dari lembaga keuangan bank adalah sebagai berikut :

  • Mencetak Uang

Mencetak uang merupakan tugas yang dilakukan oleh bank sentral, yaitu Bank Indonesia. Di mana memang merupakan satu-satunya lembaga keuangan di Indonesia yang berwenang menerbitkan uang secara legal.

  • Menyediakan Jasa

Menyediakan jasa merupakan salah satu fungsi utama bank. Bertujuan untuk memudahkan segala urusan masyarakat dan berhubungan dengan transaksi perbankan. Layanan ini memiliki banyak jenisnya, seperti penjualan saham (valas), pembayaran tagihan serta pengiriman uang.

Bank juga wajib menyediakan semua layanan yang dibutuhkan oleh masyarakat berupa informasi tentang produk keuangan. Dimana artinya, bank harus memiliki peran aktif untuk mengedukasi mengenai literasi keuangan.

  • Menyalurkan Pinjaman (Kredit)

Selain mengumpulkan dana yang berasal dari masyarakat. Bank memiliki fungsi untuk menyalurkannya kembali bagi mereka yang membutuhkan dana, seperti pinjaman atau kredit. Tujuannya agar dapat mensejahterakan seluruh rakyat supaya tidak ada ketimpangan ekonomi di dalam negara.

  • Tempat Penyimpanan Uang

Fungsi dari bank adalah untuk menyimpan uang, seperti yang Anda ketahui pada umumnya. Hingga kini, bank selalu menjadi tujuan dari masyarakat dalam hal menabungkan uang mereka, karena telah terjamin keamanannya.

Apalagi simpanan tersebut telah dijamin oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan), produk dari simpanan juga tidak tabungan, namun juga giro serta deposito.

Fungsi Lembaga Keuangan Non-Bank

Sebenarnya fungsi dari lembaga keuangan non-bank (LKBB), yaitu menjadi penyalur dan pengumpul dana untuk menunjang kemajuan pasar uang atau pasar modal.

  • Menghimpun Dana Masyarakat

Lembaga keuangan bukan bank (LKBB) seperti, asuransi, leasing, koperasi atau pasar modal memiliki fungsi untuk menghimpun dana secara tidak langsung dari masyarakat, caranya dengan mengeluarkan surat berharga. Fungsi inilah yang memungkinkan Anda untuk menyimpan dana, namun tidak dalam bentuk tunai.

  • Memberi Pinjaman (Kredit)

Seperti lembaga keuangan pada umumnya, LKBB juga memiliki fungsi memberikan kredit, baik jangka panjang atau pendek. Misalnya seperti perusahaan leasing, mereka memberikan pinjaman pada nasabah yang dapat membuat mereka membeli kendaraan.

  • Menjadi Penghubung Antara Pemilik Modal dan Pihak yang Membutuhkan

Lembaga keuangan bukan bank juga dapat menjadi perantara antara pemilik dana dengan pihak yang membutuhkan modal. Contohnya, perusahaan A memperoleh bantuan dana dari investor dengan cara menggadaikan atau menjual sertifikat berharga berupa obligasi di pasar modal.

Peran Lembaga Keuangan Bagi Perekonomian

Peran penting yang dimiliki oleh lembaga keuangan pada roda perekonomian Indonesia adalah sebagai berikut :

  1. Lembaga keuangan dalam hal ini adalah Bank Sentral mempunyai peran untuk pencetak uang yang Anda pergunakan dalam kegiatan sehari-hari sebagai alat transaksi atau pembayaran yang sah, dengan tujuan agar mempermudah segala kegiatan yang terkait keuangan.
  2. Lembaga keuangan dalam hal ini adalah Bank Umum mempunyai peran untuk menerbitkan alat transaksi berupa cek, guna memudahkan nasabah.
  3. Lembaga keuangan juga memiliki peran sebagai pialang, broker atau dealer agar lebih praktis bagi kedua pihak.
  4. Lembaga keuangan memiliki peran untuk membantu dalam penyaluran dari sektor rumah tangga secara tidak terbatas kepada peminjam. Biaya informasi dan transaksi tentunya lebih rendah bila dibandingkan apabila Anda harus bertransaksi dengan langsung.
  5. Lembaga keuangan mempunyai peran untuk meminimalisir resiko kerugian oleh penabung atau pemilik dana. Kerugian tersebut adalah tidak dapat dibayarkannya kembali uang simpanan nasabah. Hal ini sebenarnya bisa tidak terjadi dikarenakan lembaga keuangan memiliki strategi untuk mengatur alokasi dana.

Lembaga keuangan bank serta LKBB (lembaga keuangan bukan bank) mempunyai peranan sangat penting di dalam perkembangan serta lalu lintas perekonomian di masyarakat dan negara. Oleh sebab itu, kemajuan ekonomi tidak terlepas dari eksistensi lembaga atau badan usaha ini.

You may also like