Home Bisnis Apa Arti Sukses yang Sebenarnya dalam Kehidupan

Apa Arti Sukses yang Sebenarnya dalam Kehidupan

by Mas Abadi

Arti sukses bagi masing-masing orang tidaklah sama. Antara kamu dan orang di sekitarmu saja pasti akan berbeda dalam mendefinisikan sukses yang sebenarnya. Ada yang menilai kesuksesan dari seberapa banyak uang dan aset yang dimiliki, seperti mobil dan rumah mewah. 

Namun tak sedikit juga yang menganggap bahwa sukses itu ketika seseorang mempunyai gelar dan jabatan tinggi. Dipandang sukses jika sudah sarjana tingkat tiga atau menjadi direktur di sebuah perusahaan bonafid.

Padahal untuk memaknai sebuah kesuksesan yang sebenarnya tidak sesimpel itu. Lantas, apa arti sukses yang sesungguhnya dalam kehidupan ? 

Defisini Sukses dari Beberapa Tokoh

Sebelum membahas lebih jauh mengenai arti sukses yang sebenarnya, yuk simak bagaimana pandangan tokoh-tokoh dunia di bawah ini yang dianggap sudah sukses.

Bill Gates

Pendiri Microsoft ini berhasil masuk dalam daftar orang terkaya di dunia dengan total kekayaan mencapai sekitar US$ 125 miliar. Namun Bill Gates memiliki sudut pandang berbeda ketika memaknai kesuksesan. Menurut Bill Gates, tolak ukur kesuksesan bukanlah ketenaran maupun harta melimpah, melainkan kebahagiaan. Ia menganggap bahwa bukan kekayaan yang mampu mendatangkan kebahagiaan, tetapi justru sebaliknya. 

Warren Buffet

Sama halnya dengan Bill Gates, Warren Buffet seorang investor paling sukses di dunia ini juga memiliki pandangan tersendiri mengenai kesuksesan. Menurut Warren Buffet, kesuksesan dinilai dari berapa banyak orang yang mencintainya. Ia akan menganggap bahwa dirinya belum sukses jika masih banyak yang tidak suka dengannya.

Kara Goldin

Sementara bagi seorang CEO Hint Water ini, sukses adalah ketika segala sesuatu yang dilakukan bisa bermanfaat untuk diri sendiri dan orang-orang di sekitar. Bermanfaat dalam hal ini yaitu menjalani kehidupan yang lebih baik, sehat, dan bahagia.

Ron Cordes

Definis sukses yang berbeda juga diungkapkan oleh Ron Cordes pendiri Cordes Foundation. Menurutnya, sukses adalah sebuah jalan untuk menemukan tujuan hidup dan menjalaninya. Sehingga bisa mempengaruhi orang lain dan membuat perbedaan di dunia. 

Raj Sisodia dna David Kidder

Raj Sisodia, salah satu pendiri Conscious Capitalism sekaligus seorang profesor di Babson College menganggap bahwa orang dikatakan sukses jika berhasil membawa dampak positif dan menjadi inspirasi bagi orang lain. Sama halnya dengan David Kidder yang menjabat sebagai CEO Bionic. Ia menganggap dirinya sukses apabila sudah memberikan dampak positif bagi kehidupan banyak orang.

Inilah Definisi Sukses yang Sebenarnya 

Melihat sudut pandang dari berbagai tokoh di atas bisa disimpulkan bahwa tolak ukur sukses bukan dari harta yang dimiliki atau popularitas seseorang, tetapi bagaimana kamu bisa membawa banyak manfaat untuk diri sendiri dan juga orang lain.

Sukses juga bisa diartikan sebagai jalan untuk menemukan hidup yang seimbang. Menyeimbangkan kehidupan di keluarga, lingkungan sekitar, pekerjaan, kesehatan, spiritual, dan finansial. Jika masih ada yang kamu korbankan artinya hidupmu sudah tidak seimbang. Sebagai contoh, kamu bekerja seharian dari pagi hingga malam dan bisa menghasilkan gaji puluhan juta. Akan tetapi, kamu hampir tidak punya waktu untuk keluarga. Belum tentu kamu atau keluarga merasa bahagia dalam keadaan seperti itu. 

Jadi, arti sukses yang sebenarnya kembali lagi pada diri kamu sendiri. Karena masih banyak orang yang merasa belum sukses meski sudah memiliki segalanya. Ada juga yang tidak memiliki apa-apa namun menganggap dirinya sudah sukses menjadi orang yang lebih baik dari sebelumnya.  

 

Bagaimana Caranya Meraih Kesuksesan ?

Kesuksesan seringkali juga dikaitkan dengan sebuah pencapaian. Ketika kamu berhasil mendapatkan yang diinginkan itu artinya sudah bisa dikatakan sukses.

Namun terkadang yang menjadi hambatan seseorang untuk mencapai kesuksesan adalah diri sendiri. Apalagi jika terus menjadikan hidup orang lain sebagai tolak ukur kesuksesan. Karena jalan yang ditempuh masing-masing orang untuk meraih kesuksesan tentunya akan berbeda.

Kamu harus tahu dulu hal-hal apa yang ingin dicapai selama hidup. Kemuadian atur strategi sebaik mungkin untuk menentukan langkah apa saja yang tepat ketika kamu menemui kendala selama berproses menjadi orang yang sukses.

Kembangkan potensi dan kemampuan yang kamu miliki selama ini sebagai jembatan untuk membantumu meraih kesuksesan tersebut. Perlu kamu ketahui, dalam setiap prosesmu menuju sebuah kesuksesan memang tidak mudah dan terkadang harus gagal berkali-kali. Dalam menyikapi kegagalan, sebaiknya tetaplah semangat dan jangan mudah putus asa maupun menyerah. 

Karena kegagalan memang bagian dari proses meraih kesuksesan. Bahkan tokoh-tokoh yang disebutkan di atas juga pasti mengalami kegagalan yang bukan hanya sekali atau dua kali. Namun kenyataannya, mereka bisa melalui hambatan tersebut dan kini dianggap sebagai orang sukses.

Demikian tadi penjelasan tentang arti sukses yang sesungguhnya dalam kehidupan. Semoga setelah membaca artikel ini, kamu bisa menemukan arti sukses bagi dirimu sendiri. 

 

 

 

You may also like