Home Perencanaan Antara Membeli Mobil dan Rumah, Mana yang Lebih Dulu?

Antara Membeli Mobil dan Rumah, Mana yang Lebih Dulu?

by admin

Beli rumah atau mobil baru merupakan salah satu pertanyaan yang selalu muncul saat ingin menentukan tujuan keuangan. Kedua hal tersebut sama-sama bernilai tinggi. Tentunya semua orang ingin memiliki keduanya sekaligus. Namun, hal tersebut hanya angan-angan saja. 

Mimpi tersebut terbentur kenyataan saat Anda dihadapkan dengan dana yang tidak mencukupi. Nah, bila Anda memiliki dana hanya seharga satu rumah atau satu mobil, kira-kira Anda akan memprioritaskan yang mana? Daripada bingung, mari kita simak ulasannya di bawah ini. 

Membeli rumah lebih dulu 

Mungkin beberapa orang berpendapat jika rumah menjadi hal yang harus didahulukan dibandingkan membeli mobi. Karena, setiap tahunnya pasti harga rumah selalu naik. Menunda membeli rumah membuat Anda semakin sulit untuk mempunyai rumah. 

Namun, hal tersebut jangan dipikirkan secara mentah-mentah. Anda harus tahu niat awal membeli rumah tersebut apakah untuk investasi atau tempat tinggal? Alasan yang sangat kuat melihat rumah merupakan kebutuhan primer. Apakah Anda ingin selamanya tinggal di rumah mertua atau di kontrakan? 

Yang tidak kalah penting juga, membeli rumah sekarang menjadi bagian untuk berinvestasi jangka panjang sebab nilainya yang terus meningkat seiring berjalannya waktu. Yang berarti, beli rumah pun bagian dari Anda berinvestasi untuk masa depan. Bisa saja rumah tersebut Anda sewakan dan menjadi pemasukan tambahan. 

Tetapi, harus Anda ingat, jika ingin berinvestasi rumah harus berdasarkan tujuan keuangan. Jangan lupa juga ada konsekuensi yang akan Anda tanggung, seperti biaya perawatan rumah, renovasi, pajak, dan biaya lainnya. Jadi, apakah Anda sanggup menanggung semua biaya tambahan tersebut? 

Membeli mobil lebih dulu

Pilihan yang satu ini mungkin berlaku untuk beberapa orang yang memerlukan kendaraan pribadi supaya dapat membantu mobilitasnya dengan mudah dan nyaman. Lalu, mobil juga dapat dimanfaatkan seperti disewakan maupun Anda bisa menjadi driver online sebagai pekerjaan sampingan. Yang berarti mobil juga dapat menjadi aset yang menghasilkan. 

Jika dilihat dari status sosialnya, tentu saja Anda pasti akan lebih dipandang. Bagaimana juga memiliki mobil sangat berdampak pada kasta sosial Anda. Prioritas untuk membeli mobil mungkin Anda memerlukan alat transportasi yang nyaman dan layak. Saat membutuhkan mobil menjadi alat transportasi, maka hal tersebut dapat menjadi “kebutuhan”. 

Mungkin mobil bisa menjadi motivasi Anda untuk lebih semangat di kantor atau bisa juga menjadi sebuah “Self reward” karena Anda sudah bekerja keras selama ini. Jika tertuju dengan latar belakang ini, maka sah saja jika Anda mengeluarkan uang untuk membeli mobil baru. Misalnya, Anda memiliki uang Rp 150 juta, dengan dana tersebut Anda bisa membeli mobil baru yang murah. 

Tetapi, jangan lupa jika nilai investasi kendaraan selalu menurun setiap tahunnya sebab mobil merupakan benda bergerak. Umumnya penyusutan tersebut sekitar 5-10% setiap tahunnya. 

Pertimbangkan kembali sebelum membeli rumah atau mobil 

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli mobil atau rumah dulu, terdapat beberapa hal yang dapat menjadi bahan pertimbangan. Tentunya, hal tersebut berkaitan dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Yuk, simak pertimbangan tersebut berikut ini. 

  • Keadaan finansial 

Baik rumah atau mobil pun harganya sama-sama sangat mahal. Contohnya saja mobil Honda Jazz yang harganya sudah mencapai lebih dari Rp 150 juta per unitnya. Bahkan untuk mobil keluarga yang kapasitasnya 6 orang, harganya mencapai Rp 500 juta. 

Hal tersebut juga berlaku dengan harga rumah yang dimana harga rumah di kota besar misalnya Jabodetabek sangat mahal. Untuk 1 unit rumah bisa dihargai hingga Rp 450 juta sampai miliaran rupiah, lho. Sehingga, Anda harus mempertimbangkan dengan bijak uang yang Anda miliki untuk membeli kedua barang tersebut. Jangan lupa untuk menyisihkan uang tersebut untuk tabungan dana darurat. 

  • Pertimbangkan kebutuhan 

Memang tidak ada yang benar membeli mobil atau rumah lebih dulu. Karena hal tersebut tergantung dengan kebutuhan Anda yang sebenarnya. Yang berarti, jika Anda menunda atau tidak membeli salah satunya tidak berdampak buruk untuk kehidupan Anda. 

  • Pastikan menjadi investasi jangka panjang 

Hal yang harus Anda pertimbangkan selanjutnya yaitu usahakan pilihan Anda bisa memberikan manfaat di masa depan nantinya. Jika Anda sudah memiliki keluarga namun masih tinggal di rumah mertua, pastinya Anda memerlukan rumah lebih dulu. Belilah barang yang nilainya tidak akan menyusut setiap tahunnya karena hal ini akan berguna untuk Anda di masa depan nanti.  

  • Nilai yang naik setiap tahunnya 

Rumah atau mobil keduanya mempunyai nilai investasi nantinya. Anda dapat membeli mobil untuk dipakai menjadi driver online, sama halnya dengan rumah yang dapat Anda sewakan jika tidak digunakan. Namun, harus diingat keduanya mempunyai nilai yang dapat semakin turun dan naik seiring dengan waktu. 

Nah, itu tadi ulasan mengenai membeli rumah atau mobil lebih dulu yang bisa menjadi bahan pertimbangan untuk Anda.

You may also like