Home Tabungan Alasan Mengapa Semenjak Kecil Kita Harus Belajar Menabung

Alasan Mengapa Semenjak Kecil Kita Harus Belajar Menabung

by Mas Abadi
menabung sejak kecil

Jika Anda ingat ketika masih bersekolah, sering kali diajarkan untuk menabung. Hampir seluruh sekolah pun menerapkan sikap ini secara nyata. Dimana dulu sering kali kita menabung mulai seribu hingga lima ribu rupiah per harinya dan nanti akan dikelola oleh guru sendiri. Tapi, apakah Anda tahu mengapa kita harus belajar menabung semenjak kecil? Untuk lebih memahami apa saja alasannya, ikuti terus penjelasannya dalam artikel ini. 

Manfaat Belajar Menabung Semenjak Kecil 

Semenjak kecil kita sering mendengar bahwa menabung adalah sikap yang terpuji. Pernyataan tersebut sangatlah benar. Karena dengan menyisihkan uang, banyak sekali manfaat yang akan Anda dapatkan, seperti berikut ini: 

Belajar berhemat

Ada pepatah yang mengatakan bahwa hemat pangkal kaya. Tentu ini juga pepatah yang benar dan sudah banyak dibuktikan banyak orang. Dengan terbiasa menabung, Anda pun secara tidak langsung akan berhemat. Hal ini sendiri didorong karena rasa ingin menabung lebih besar daripada untuk menghabiskannya. 

Anda pun juga akan lebih sabar dan tidak terburu-buru untuk membeli hal yang sekiranya belum terlalu penting. Sikap ini pun akan memberikan kebaikan kepada Anda di masa depan. Karena Anda pun akan lebih memilih untuk tidak menghamburkan uang. 

Bisa jadi pencegahan untuk Anda berhutang 

Berhutang adalah hal yang bisa menjadi baik jika digunakan untuk hal bermanfaat yang produktif. Tapi, sayangnya banyak orang yang berhutang untuk keperluan konsumtif. Sehingga hal ini tentu akan menjadi boomerang untuk Anda. Bukan terbayarkan hutang, tapi malah semakin miskin. 

Tapi dengan menabung, maka Anda akan tidak akan berhutang. Karena ketika Anda membutuhkan mendadak, Anda bisa mengambil uang di tabungan. Tanpa harus mencari dana ke tempat lainnya. Sehingga, Anda pun tidak akan berhutang dan hidup menjadi lebih tenang. 

Lebih disiplin 

Dengan menabung Anda pun akan lebih disiplin. Karena secara tidak langsung Anda akan menentukan target untuk menyisihkan uang dari pendapatan yang diterima setiap bulannya. Hal ini tentu akan membuat Anda menjadi lebih menyadari bahwa kerja keras sangatlah penting agar target yang sudah ditentukan tercapai. 

Anda pun akan tahu bahwa waktu adalah hal yang paling berharga. Mengingat jika menghabiskan waktu yang tidak penting, tidak akan menghasilkan apapun. Menjadi pribadi yang disiplin tentu akan memberikan efek yang baik dalam kehidupan Anda. Selain menjadi lebih teratur, Anda juga tidak akan mudah kehilangan fokus. 

Bisa mengatur keuangan 

Pada dasarnya dengan menabung, mengatur keuangan menjadi sangat mudah. Anda tahu mana pengeluaran yang penting ataupun tidak. Sehingga Anda pun akan menciptakan sebuah sistem keuangan sendiri yang sekiranya nyaman dan tepat. 

Dengan memahami konsep mengatur uang inilah, Anda bisa jauh lebih berkembang. Bisa saja hasil dari tabungan Anda pun akan menjadi sebuah usaha yang berbuah manis di masa depan. Anda juga akan paham mana yang dimaksud dengan kebutuhan dan keinginan. 

Hidup menjadi lebih tenang 

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa dengan menabung, maka hidup menjadi lebih tenang. Kenapa? Selain bisa terhindar dari hutang, Anda pun tidak akan memiliki perasaan khawatir akan masalah keuangan. Karena Anda tahu bahwa Anda sudah mempunyai dan yang cukup di tabungan jika terjadi hal yang tidak diinginkan. 

Lebih bijaksana 

Jika Anda sadari dari pembahasan sebelumnya, dengan menabung ada sikap bijaksana yang akan Anda jalankan. Contohnya dengan kesabaran untuk tidak buru-buru untuk membeli sesuatu. Paham mana yang Anda butuhkan dan tidak. Anda pun akan bijak dalam urusan menggunakan uang untuk keperluan. 

Dengan adanya sikap bijaksana yang tubuh, Anda bisa mengajarkan lagi ke anak. Sehingga anak pun juga akan menjadi pribadi yang bertanggung jawab akan masalah finansialnya sendiri. Anda jadi tidak perlu khawatir dengan kehidupan anak Anda di masa depan. 

Bisa menghargai uang 

Belajar menabung semenjak kecil, juga akan menumbuhkan perasaan untuk menghargai uang. Anda jadi tahu bahwa untuk memperoleh uang tidaklah mudah. Harus bekerja keras setiap hari agar bisa mendapatkan gaji tetap setiap bulannya. Anda pun jadi tahu bahwa tidak akan sembarangan menghabiskan uang untuk hal yang tidak perlu. 

Habiskan masa pensiun dengan tenang 

Manfaat belajar menabung sejak dini adalah bisa mempersiapkan masa pensiun dengan tenang. Karena kita tidak selamanya bisa bekerja, semakin bertambah usia, maka akan semakin sulit untuk produktif. Jadi, dengan menabung, Anda pun bisa mempersiapkan uang untuk menghidupi diri sendiri di masa tua. 

Itulah beberapa manfaat belajar menabung semenjak kecil. Bisa Anda lihat bahwa dengan menabung, maka kehidupan pun akan berjalan baik dan dijauhi dari berbagai masalah keuangan. Dengan menabung pun Anda bisa menjadi pribadi yang juga lebih bijaksana, sabar dan menghargai kerja keras. 

You may also like