Home Karier Alasan Menarik Cewek Harus Merdeka Secara Finansial

Alasan Menarik Cewek Harus Merdeka Secara Finansial

by admin

Merdeka secara finansial, siapa sih yang tak menginginkannya ? Arti dari kemerdekaan finansial sendiri yaitu suatu kondisi di mana kamu tidak merasa khawatir soal keuangan dan tak perlu bergantung pada orang lain lagi. Namun apakah kebebasan finansial tersebut juga harus dimiliki oleh kaum perempuan ? Mengingat, kewajiban mencari nafkah ada pada laki-laki.

Namun upaya Kartini dalam memperjuangkan hak-hak perempuan dengan gerakan emansipasi, nampaknya tidak sia-sia. Saat ini, sudah semakin banyak perempuan yang sadar bahwa mereka memiliki kesetaraan hak. Siapa pun tanpa memandang gendernya berhak meraih kebebasan dalam hal apapun, termasuk dari segi finansial.

Sudah saatnya perempuan melek finansial untuk bisa mendapatkan kebebasan finansial tersebut. Akan tetapi, apa sih alasannya perempuan harus bisa merdeka secara finansial ? Yuk, simak ulasan yang sudah kami rangkum berikut ini.

Pentingnya Merdeka Secara Finansial Bagi Para Perempuan

Kondisi finansial itu menjadi salah satu faktor yang bisa mempengaruhi aspek kehidupan seseorang. Maka dari itu, bisa merdeka secara finansial adalah harapan bagi banyak orang, tak terkecuali perempuan. Berikut alasan-alasan yang mengharuskan perempuan untuk meraih kebebasan finansial :

1. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Saat kamu sudah merdeka secara finansial, maka kamu akan merasa berdaya. Rasa percaya dirimu pasti semakin meningkat dan ada perasaan bangga karena bisa kehadiranmu bisa berharga untuk orang-orang sekitar.

Namun hal itu jangan sampai membuatmu sombong, apalagi buat kamu yang sudah menikah. Meskipun kamu sudah lebih mampu, tetaplah hargai suamimu yang berkewajiban menafkahimu. 

 2. Tidak Bergantung dengan Orang Lain

Saat kamu berhasil mencapai kebebasan finansial, tentunya bisa lebih menjaga dirimu sendiri maupun keluarga. Kamu tidak perlu bergantung pada siapa pun, terutama orang-orang terdekatmu. Karena manusia dalam menjalani kehidupan, tidak akan bisa selalu mengandalkan orang di sekitarnya. 

Untuk kamu yang sudah menikah, misalnya. Dalam perjalananmu membangun rumah tangga bersama suami sampai tua, kamu tidak bisa tahu apa yang bisa terjadi kedepannya. Nah, menjadi perempuan yang merdeka secara finansial adalah salah satu upaya untuk mengatasinya jika memang ada hal buruk yang menimpa rumah tanggamu. Begitu juga buat kamu yang belum menikah, tidak mungkin seterusnya kamu akan bergantung pada orang tua atau saudaramu. 

3. Menjadi Contoh yang Baik

Di zaman sekarang, perempuan yang bisa merdeka secara finansial akan lebih dipandang oleh masyarakat. Karena untuk mencapai kebebasan finansial tidaklah mudah, butuh perjuangan yang luar biasa. Disiplin, tekun, pekerja keras dan sifat-sifat postif lainnya pasti sudah tertanam dalam diri orang tersebut.

Berbagai sifat positif tersebut pada akhirnya akan menjadi contoh bagi orang-orang di sekitar. Jadi, selain bermanfaat untuk dirimu sendiri, kamu juga bisa menginspirasi orang lain. 

4. Berperan dalam Pengambilan Keputusan

Kamu akan memiliki peran yang cukup kuat dalam pengambilan keputusan, jika sudah meraih kebebasan finansial. Saat kamu atau anggota keluarga ingin menggunakan uang untuk sesuatu hal, maka kamu bisa mengambil keputusan dengan cepat tanpa harus memikirkan kondisi keuangan. 

Kamu pun jadi lebih bisa diandalkan secara materil karena kondisi keuanganmu yang sudah stabil. Kamu juga tidak perlu berpikir ulang jika ingin membuat keputusan yang besar. Misalnya, mengajukan resign dari pekerjaan dan banting setir untuk menjadi pebisnis. Modal tentu sudah tersedia dan uang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari pun masih sangat cukup.

Bagaimana Caranya bisa Merdeka Secara Finansial ?

Setelah tahu mengapa perempuan harus merdeka secara finansial, kamu mungkin bertanya-tanya bagaimana cara untuk mencapainya. Nah, inilah beberapa tips agar kamu bisa merdeka secara finansial.

Jeli Melihat Peluang

Kamu harus jeli melihat peluang yang ada di sekitar, carilah apa saja yang mungkin bisa kamu kerjakan. Misalnya kamu ingin buka usaha pun, penting untuk kamu ketahui tren yang sedang berlangsung di masyarakat atau apa yang dibutuhkan orang sekitar. 

Nah, kecanggihan teknologi digital yang ada sekarang ini bisa kamu manfaatkan untuk menjadi lebih produktif. Kini sangat mungkin untuk bisa bekerja dari rumah sehingga mudah buat para IRT yang ingin mendapatkan penghasilan.

Kelola Keuangan Sebaik Mungkin

Untuk bisa mencapai kebebasan finansial, kamu harus memiliki kemampuan untuk mengelola keuanganmu. Disiplin mengatur keuangan dengan menyiapkan dana darurat, membuat sistem budgeting, dan menetapkan tujuan finansial. Dengan cara ini, kamu akan lebih berhati-hati dalam menggunakan uang.

Dari ulasan di atas, bisa disimpulkan bahwa di zaman sekarang sangat penting bagi perempuan untuk bisa memiliki penghasilan sendiri. Namun, hal itu harus didukung dengan pengelolaan yang baik. Meskipun kamu memiliki penghasilan yang besar, belum tentu kamu bisa merdeka secara finansial karena gagal mengatur keuangan. So, siapkah kamu untuk meraih kebebasan finansial ? Semoga artikel ini bisa jadi inspirasimu, ya !

 

 

 

 

You may also like