Home Tips Alasan Memiliki Finansial Mapan Merupakan Kunci Kebahagiaan

Alasan Memiliki Finansial Mapan Merupakan Kunci Kebahagiaan

by Mas Abadi

Apabila kamu mendengar kalimat bahwa uang bukanlah segala-galanya dan tidak bisa membeli kebahagiaan memang benar, namun kamu harus ingat selama masih hidup di dunia ini tentunya kamu harus memiliki uang untuk membeli kebutuhan sehari-hari seperti makanan, pakaian dan tempat tinggal.

Benar, ketika ada yang mengatakan bahwa uang itu nggak bisa membeli kebahagiaan. Karena definisi kebahagiaan bagi masing-masing individu itu berbeda, namun dengan adanya uang bisa memberikan kebahagiaan bagi orang-orang yang cerdas dalam mengatur keuangannya. 

Alasan-alasan masuk akal mengapa memiliki uang bisa bahagia

Mengapa dikatakan bila dengan finansial yang baik, arus keuangan yang sehat dapat memberikan kebahagiaan kepada diri sendiri? Berikut di bawah ini adalah beberapa alasan yang harus kamu tahu mengapa saat mempunyai uang hidup bisa lebih bahagia.

1. Dapat memenuhi kebutuhan hidup

Seperti yang kamu ketahui bahwa untuk menjalani kehidupan ada kebutuhan-kebutuhan yang wajib dipenuhi, seperti kebutuhan sekunder, primer sampai dengan tersier yang mana ketika kamu sudah mampu memenuhi ketiga aspek tersebut tentunya akan ada rasa bahagia di dalam hatimu.

Ingatlah bahwa kamu bisa memiliki gadget, pakaian, makan, tempat tinggal shopping, bersekolah dan masih banyak lagi itu karena kamu memiliki uang. Bayangkan ketika kamu hidup di zaman seperti sekarang dan kamu tidak bekerja dan memiliki penghasilan apa yang akan kamu lakukan?

Tentu kamu akan merasa bahagia kan saat mempunyai uang karena kamu dapat menikmati makanan enak, tidak kehujanan ataupun kepanasan dan hal-hal menyenangkan seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.

2. Dapat membeli yang diinginkan

Selanjutnya adalah ketika kamu memiliki uang tentunya kamu bisa membeli barang atau produk yang diinginkan. Uang hasil kamu bekerja tentunya tidak hanya kamu gunakan untuk diri sendiri tapi bisa juga dipakai  membeli hadiah bagi orang-orang tercinta.

Untungnya saat kamu menghadiahkan sesuatu kepada orang-orang yang kamu sayangi, mereka akan merasa bahagia dan juga senang. Nah, inilah mengapa dikatakan bawa uang bisa memberikan kebahagiaan dalam hidup.

3. Menambah ilmu dan pengalaman

Di atas sudah dikatakan bahwa dengan uang kita bisa melangkah dan menikmati jenjang pendidikan. Ketika kamu sudah memiliki uang dengan jumlah yang cukup maka kamu dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Saat kamu bisa berkuliah hingga sarjana atau yang lebih tinggi lagi dari itu, tentunya peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik jauh lebih besar. Karena tidak dipungkiri di negara ini pendidikan masih dianggap prioritas dibandingkan dengan skill.

Selain untuk bisa merasakan bersekolah di jenjang yang lebih tinggi, saat kamu memiliki uang kamu juga dapat travelling sehingga memperoleh pengalaman-pengalaman baru. Tentunya perjalanan ini tidak hanya di Indonesia tapi bisa juga ke luar negeri.

4. Dapat memberi lebih banyak

Selanjutnya alasan kenapa saat finansialmu sudah matang menjadi sebuah kunci kebahagiaan, karena kamu dapat membantu lebih banyak orang yang membutuhkan dan memberikan sedekah yang tentunya jauh lebih besar dibandingkan ketika penghasilan masih pas-pasan.

Untuk sebagian besar orang merupakan kepuasan rohani tersendiri ketika dapat bersedekah dengan nominal yang besar, di mana tentunya hal ini merupakan prestasi sendiri saat kamu dengan uangmu bisa membahagiakan mereka yang kurang mampu.

Namun, jangan sampai ketika kamu merasa punya uang banyak kemudian mendonasikannya atau mensedekahkan ya mengharapkan imbalan, karena percayalah ketika kamu memberi tanpa mengharapkan balasan kehidupanmu akan jauh lebih bahagia.

5. Terbebas dari hutang

Hutang bisa dikatakan seperti penyakit yang menggerogoti kesehatan finansial, apalagi jika kamu selalu melakukan yang namanya gali lubang tutup lubang. Di mana jika kamu melakukan hal tersebut tentunya kondisi finansialmu tidak akan pernah bisa stabil.

Karena itulah ketika kamu memiliki finansial yang mapan, hal ini dapat menjauhkan kamu dari yang namanya hutang. Ketika keuangan kamu mulai stabil maka segeralah membayar hutang-hutangmu agar hidupmu lebih bahagia dan karena bisa menikmati uangmu untuk hal-hal yang memang kamu inginkan.

6. Memiliki usaha impian

Kebahagiaan terakhir ketika finansialmu sudah mapan dan stabil adalah dapat membuka usaha impian yang selama ini kamu inginkan. Dengan uang yang sudah terkumpul tentunya saat kamu ingin membuka sebuah bisnis kamu tinggal menjalankannya saja tanpa harus memikirkan dari mana bisa mendapatkan modal.

Karena saat kamu tidak mempunyai modal yang cukup, tentunya mau tidak mau yang dilakukan adalah mengubur impianmu atau mencari pinjaman dari pihak ketiga supaya usaha tersebut tetap bisa dijalankan.

Namun, tentunya kamu harus memikirkan kembali perihal pengembalian dana kepada lembaga yang memberikan modal. Selain memikirkan tentang pembayaran hutang kamu juga masih dibebani dengan membeli peralatan, bahan baku administrasi, gaji karyawan dan sebagainya.

Tetapi ketika kamu membuka usaha dengan modal yang kamu miliki sendiri karena uangmu sudah cukup, satu beban mengenai pengembalian hutang tentu membuat bisnismu bisa lebih bernafas dan berjalan lebih baik.  

Bagaimana setelah melihat semua poin di atas apakah kamu masih berpikir bahwa uang bukan salah satu pemberi kebahagiaan dalam hidup? Garis bawahi bawa ketika kamu mempunyai uang yang cukup, kamu tentu akan bisa hidup dengan baik. Ingatlah pula ketika kamu mempunyai uang, ada orang-orang yang bisa kamu bahagiakan.

You may also like