Home Tabungan Alasan Kita Harus Rajin Menabung

Alasan Kita Harus Rajin Menabung

by Mas Abadi
menabung sejak kecil

Di era yang serba modern ini ajakan menabung sejak dini semakin marak. Tidak heran jika semakin banyak aplikasi fintech yang bermunculan untuk memfasilitasi kegiatan menabung maupun berinvestasi. Banyak keuntungan yang didapat salah satunya yakni kita jadi tidak perlu repot pergi ke bank-bank konvensional. Karena saat ini menabung dapat dilakukan kapanpun serta dimana pun. Targetnya tidak lain adalah anak-anak muda yang masih sekolah ataupun yang sudah berumah tangga. Lalu, mengapa kita harus rajin menabung ?

“It is not your salary that makes you rich, it is your spending habits.”
— Charles A. Jaffe.

Bagi kaum milenial yang sudah bekerja pasti akan sangat senang begitu menerima gaji. Apalagi jika baru pertama kali merasakan yang namanya gajian, keinginan untuk segera membelanjakan gaji tersebut semakin menjadi. Tidak peduli apakah barang-barang yang dibeli memang dibutuhkan atau hanya menuruti hasrat semata. Padahal belum tentu dengan begitu akan membuat kita menjadi kaya dan sukses. 

Justru sebaliknya, kita harus mulai membiasakan diri untuk menabung agar kita bisa belajar mengutamakan kebutuhan di atas keinginan. Kita tidak mudah tergoda mengeluarkan uang untuk hal yang memang bukan menjadi prioritas kita.  

Jalan keluar dari keadaan darurat

Sering kali dalam menjalani kehidupan kita dihadapkan oleh situasi yang tidak pernah kita duga sebelumnya. Misalnya saja seperti perusahaan tempat kita bekerja bangkrut, otomatis kita  kehilangan pekerjaan yang juga merupakan sumber penghasilan kita. Belum lagi ketika kita atau keluarga terkena musibah seperti kecelakaan atau mendadak sakit yang mana dibutuhkan biaya yang tidak sedikit. 

Tentu keadaan darurat tersebut akan mudah diatasi jika kita sudah mempunyai dana simpanan dari menabung. Sehingga meminimalisir kita untuk mengajukan pinjaman-pinjaman atau dengan memotong uang bulanan yang justru akan menambah beban kedepannya. 

Persiapan masa pensiun

Usia setiap manusia pasti bertambah dan waktupun terus berjalan, jadi mau tidak mau semua yang bekerja di perusahaan akan menghadapi masa pensiun. Memang perusahaan tempat kita bekerja  pasti akan memberikan upah pesangon namun belum tentu itu cukup untuk biaya hidup dalam jangka waktu yang lama. 

Selain itu sudah pasti kita tidak akan mempunyai penghasilan bulanan lagi. Inilah pentingnya menabung, kita tidak perlu kebingungan jika sudah mempunyai dana simpanan. Selain bisa digunakan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari namun bisa juga dipakai untuk tambahan modal usaha, misalnya. 

Mempunyai life goal

Ketika kita sudah terbiasa menabung, maka kita akan mempunyai tujuan hidup yang lebih jelas. Kok bisa ? Karena kita akan terbiasa memiliki target contohnya dalam jangka waktu yang pendek kita ingin  lima tahun lagi bisa membeli rumah atau mobil secara tunai. Dan contoh lainnya seperti menyiapkan dana pendidikan untuk anak-anak kita nanti serta harapan lainnya yang sifatnya long term. Tujuan-tujuan tersebut kemungkinan besar bisa kita capai jika kita selalu menyisihkan uang dari penghasilan yang diterima.

Melatih disiplin

Mempunyai kebiasaan rajin menabung, menjadikan kita lebih disiplin dan juga teratur. Kenapa begitu? Karena setiap bulan kita akan punya manajemen pengeluaran yang baik. Setiap bulan kita menjadi disiplin untuk mencatat dan mengevaluasi tiap pengeluaran. Selain itu kita terbiasa membuat skala prioritas kebutuhan serta membuat perencanaan keuangan untuk bulan berikutnya. Dengan begitu, hidup dan kondisi keuangan kita jadi lebih balance dan mudah diatur.

Menghargai uang

Menabung akan melatih kita untuk menghargai setiap uang yang didapat dan terhindar dari sifat ingin menghamburkan uang tersebut untuk hal-hal yang tidak penting. Apalagi di zaman yang serba digital ini banyak bermunculan berbagai platform aplikasi belanja online maupun ojek online. Hal itu memang jadi memudahkan kita untuk mendapat apa yang diinginkan tanpa perlu keluar rumah. Namun jika kita tidak bijak dalam penggunaannya, semua itu akan membuat kita terlena dan sering kali boros bahkan tidak terkontrol. 

Mapan secara finansial 

Kebanyakan orang pasti akan sangat mendambakan kalau sudah bisa mapan finansial di usianya yang masih muda. Nah, dengan rajin menabung, sebenarnya kita sedang mempersiapkan langkah awal untuk mendapatkan masa depan yang lebih baik. Hal itu akan membuat kita mandiri secara finansial dan tidak perlu merepotkan orang tua lagi. Bahkan mungkin bisa membantu mereka mencukupi kebutuhan rumah atau misal mengajak mereka berlibur.

Itulah tadi beberapa manfaat menabung yang sudah pasti banyak sekali keuntungan yang bakal didapatkan kalau kita menerapkan disiplin menabung sejak dini. Menabung bukan berarti akan menjadikan kita cepat kaya tapi kebiasaan menabung bisa menjadi faktor yang sangat berpengaruh dalam usaha untuk mencapai hidup yang lebih makmur dan nyaman. Tidak rugi bukan?  Jadi bagi kalian kaum muda upayakan yuk untuk mulai rajin menabung mulai dari sekarang. 

You may also like