Home Bisnis Alasan Kenapa Bisnis Franchise Tidak Bisa Berkembang

Alasan Kenapa Bisnis Franchise Tidak Bisa Berkembang

by Mas Abadi

Sejak dari dulu bisnis franchise banyak diminati oleh para pengusaha yang ingin memulai usaha secara instan dengan menggunakan modal yang tidak sedikit untuk membeli label usaha yang sudah terkenal dan memiliki lisensi penuh atas bisnis yang dijalankan. 

Franchise adalah upaya bisnis yang sejatinya bermaksud untuk mendapatkan keuntungan yang lebih dari sebuah brand usaha baik barang, makanan atau jasa yang sudah ada, dan siap untuk dikelola secara pribadi asalkan membayar franchise fee nya pada pemilik asli brand tersebut. 

Tapi apakah franchise sesuai dengan maksud dan tujuannya yang mengatakan upaya meraup untung yang lebih? Atau justru usaha dari franchise ini tidak berkembang oleh sebagian franchisor. Franchisor adalah individu atau lembaga yang sudah memiliki lisensi hak dari perjanjian waralaba atau franchise. Lalu apa saja alasan kenapa bisnis franchise tidak bisa berkembang? 

Nah Maka sebelum itu untuk kamu para pemula, harus mengetahui apa itu franchise dan seperti apa contoh bisnis franchise. 

Apa itu Bisnis Franchise? 

Franchise atau yang orang kebanyakan bilang dengan waralaba yaitu dalam bahasa Indonesia artinya sebuah bisnis yang akan meraup keuntungan lebih. Jika dilihat perkata, maka wara artinya lebih sedangkan laba artinya keuntungan. Pada dasarnya franchise merupakan bentuk usaha investasi yang digunakan pada berbagai bidang produksi dengan brand yang sudah ada baik barang, jasa, ataupun makanan. 

Contoh Bisnis Franchise

Di Indonesia banyak sekali bisnis franchise yang tersebar di berbagai penjuru. Mungkin saat kamu belum mengetahui apa itu franchise, sama sekali tidak akan menyadari. Ini dia contoh bisnis franchise yang harus kamu ketahui. 

Bisnis Franchise Makanan

Makanan sebagai salah satu ide bisnis yang tidak ada habisnya. Maka dari itu ribuan cabang bisa menyebar di seluruh Indonesia dengan brand atau pemilik induk yang sama. Makanan yang cukup terkenal banyak gerai nya adalah bisnis ayam tepung. Di Indonesia ada beberapa macam brand mulai berasal dari luar maupun dalam negeri. Beberapa nya adalah MCD, KFC, Geprek Bensu, De Chick dan masih banyak lainnya. 

Bisnis Franchise Jasa Pengiriman

Saat ini bisnis dalam bidang pengantaran atau jasa makin berkembang pesat, kita tahu bahwa maraknya sistem belanja online membuat semua orang bisa mendapatkan barang dari daerah mana pun. Maka jumlah cabang jasa pengiriman makin banyak dengan brand sama yang memiliki beberapa  franchisor. 

Alasan Bisnis Franchise Tidak Berkembang

Modal Awal yang Terlalu Besar

Jenis bisnis franchise adalah usaha yang bisa kamu dapatkan dengan harga yang tidak murah. Biasanya satu gerai usaha dengan brand terkenal dapat mematok harga sampai milyaran rupiah. Jelas bahwa bisnis ini bukan hal yang main-main. Harus diperhitungkan dengan sangat matang dang penuh persiapan.

Salah satu yang harus dipersiapkan adalah modal awal yang besar. Kebanyakan para pebisnis yang memulai akan meminjam uang untuk modal. Hutang yang besar ini akan semakin menumpuk padahal pada awal berjalannya bisnis tidak akan langsung mencapai target. Hal ini yang membuat bisnis franchise tidak berkembang

Dinilai Tidak Kreatif

Karena bisnis ini merupakan suatu hal yang sifatnya meneruskan bisnis dari brand sebelumnya, sehingga tidak sedikit orang bosan dan beranggapan jika bisnis tersebut tidak kreatif. Kamu tidak bisa sembarangan merubah menu yang sudah dipilih ataupun mengubah resep yang ada. Karena induk perusahaan hanya memberikan kewenangan usaha, bukan resep dari produk. Biasanya jika masyarakat bosan akan membuat usaha tidak lancar dan tidak dapat berkembang dengan baik. 

Lokasi Tidak Terkontrol

Lokasi adalah hal yang paling penting untuk sebuah usaha. Seharusnya lokasi bisnis yang kamu miliki dapat dikontrol dengan rutin untuk dilakukan pengecekan apakah bisnis berjalan, apakah ada masalah atau hal yang harus dibetulkan. Sehingga segala jenis kesalahan akan diminimalisir langsung oleh pihak yang berkenan yaitu pemilik usaha tersebut. 

Tetapi dalam bisnis ini biasanya ketentuan dari brand yang kamu pilih dapat menentukan di mana saja titik gerai yang akan di buka. Menyesuaikan dengan kondisi atau sudah berapa banyak gerai di satu daerah. Sehingga kemungkinan besar kamu akan mendapatkan lokasi yang jauh dan tidak dapat mengontrol dengan mudah segala kondisi di lokasi. 

Nah itu dia beberapa alasan kenapa bisnis franchise tidak bisa berkembang dengan baik oleh para franchisor. Alasan ini bisa dijadikan pertimbangan untuk kamu yang mau mulai bisnis franchise agar tidak terjadi kesalahan dalam mengembangkan suatu bisnis yang dibeli dengan franchise. Kami tidak ingin bukan, sudah mengeluarkan modal yang begitu banyak tetapi hasil yang diperoleh tidak sesuai dengan yang diharapkan? Jadi semoga informasi ini bermanfaat buat kamu. 

 

You may also like