Home Perencanaan Alasan Harus Mengelola Keuangan Dengan Baik

Alasan Harus Mengelola Keuangan Dengan Baik

by Mas Abadi
kelola keuangan

Uang seringkali menjadi sumber masalah besar yang datang secara tak terduga. Tentu saja ini bisa terjadi karena hampir semua aspek dalam hidup kita membutuhkan uang, baik itu dalam memenuhi kebutuhan pokok, investasi, dan biaya-biaya lainnya. Maka tak heran kalau orang-orang rela bekerja keras mencari uang agar selalu terpenuhi. Melihat betapa pentingnya uang dalam kehidupan, membuat kita merasa bahwa segala hal di dunia ini bisa dimiliki dengan uang.

Sudah bekerja sekeras mungkin namun uang hanya numpang lewat di rekening bank? Bisa jadi karena Anda tidak mengelola keuangan dengan baik. Padahal mengatur keuangan sangatlah penting, namun sangat sedikit orang yang paham dan mau melakukannya.

Mengapa Mengatur Keuangan itu Penting? Inilah Alasannya

Tingginya biaya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari menuntut kita untuk memiliki perencanaan keuangan yang baik. Hal ini membuat kita dapat menyeimbangkan antara pemasukan dan pengeluaran setiap bulan. Jangan sampai keluar istilah lebih besar pasak daripada tiang, alias pemasukan yang tidak dapat mencukupi pengeluaran karena jumlahnya terlalu besar.

Perencanaan keuangan dapat menciptakan proses berkelanjutan yang akan mengurangi stres finansial, mempersiapkan masa pensiun ketika sudah tak bekerja, dan tentunya mendukung kebutuhan saat ini. Berikut beberapa alasan kenapa harus mengatur keuangan.

1. Bisa Memiliki Dana Darurat

Dana darurat sama seperti namanya digunakan untuk memenuhi berbagai keadaan darurat. Banyak perencana keuangan yang menyarankan masyarakat untuk bisa memiliki dana satu ini agar tidak terjerat hutang. Dengan adanya darurat Anda tetap dapat memenuhi berbagai biaya yang tidak dianggarkan, seperti biaya berobat ke rumah sakit, biaya perbaikan kendaraan akibat kecelakaan, dan lain sebagainya.

Apalagi bagi masyarakat yang hanya memiliki satu sumber penghasilan. Saat terjadi PHK secara tak terduga, Anda tetap bisa memenuhi berbagai kebutuhan hidup sampai menemukan sumber penghasilan baru. Segera siapkan secepat mungkin, dan untuk jumlah dana darurat yang harus dimiliki setidaknya enam kali lebih besar dari biaya bulanan.

2. Mempersiapkan Tabungan Pensiun

Siapa sih yang tidak ingin di masa pensiunnya nanti bisa hidup dengan aman dan nyaman? Semua orang tentu ingin merasa bebas secara finansial, meski sudah tak bekerja akan tetap ada tabungan yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan. Itulah alasan mengapa penting mengatur keuangan sejak dini, di usia Anda yang masih produktif.

Jika sedang mempersiapkan tabungan pensiun, maka Anda bisa mengalokasikan sebagian pemasukan ke instrumen investasi. Atur keuangan dengan cermat dan tepat agar di masa pensiun bisa hidup nyaman dan aman.

3. Membiasakan Diri Hidup Lebih Teratur

Tidak teratur dalam mengeluarkan uang merupakan kebiasaan buruk yang paling sering dilakukan orang-orang. Mungkin Anda termasuk salah satunya? Menghabiskan uang memang jauh lebih mudah daripada mengumpulkannya. Nah, hal ini tidak akan terjadi kalau sudah terbiasa mengatur keuangan.

4. Memberikan Motivasi untuk Menabung

Masa punya uang hanya di awal bulan saja? Jika Anda ingin memiliki uang kapan saja maka kuncinya adalah menabung. Kebiasaan baik ini memberikan banyak manfaat, salah satunya membuat Anda lebih terbiasa untuk membeli sesuatu dengan dana yang sudah disiapkan.

Sehingga kebiasaan berhutang bisa dihindari. Seperti yang kita tahu, kebiasaan berhutang sangat mungkin membebani Anda di masa depan. Apalagi kalau terus bertambah, belum lagi ada banyak kebutuhan yang harus dipenuhi. Menabung juga menambah jumlah dana darurat. Dengan menabung Anda bisa andal dalam mengatur keuangan.

5. Dapat Menentukan Skala Prioritas Keuangan

Menyusun skala prioritas sangat membantu kita dalam pengelolaan keuangan, terutama dalam hal menentukan setiap kebutuhan yang bersifat urgent agar bisa terpenuhi secara maksimal.

Mengatur keuangan dengan baik dan bijak bisa membiasakan diri kita untuk hidup berhemat, teratur, serta mengeluarkan uang sesuai kebutuhan. Impian Anda untuk masa depan yang lebih baik akan lebih mudah terwujud.

Ada beberapa hal yang mempengaruhi skala prioritas kebutuhan, bisa berbeda setiap orangnya. Hal tersebut adalah pendapatan dan, lingkungan, serta peran dalam keluarga dan masyarakat.

Tips Mengatur Keuangan Demi Mencapai Kebebasan Finansial

Setiap orang tentu berharap punya penghasilan besar. Sangat menyedihkan jika punya penghasilan besar tapi hanya habis untuk bayar hutang. Sebanyak apapun penghasilan yang dimiliki bila tidak diatur dengan baik maka tidak akan menjamin kesejahteraan hidup Anda. Bahkan orang kaya sekalipun sering stres finansial karena tidak mampu menyeimbangkan pengeluaran dan pemasukannya.

Kalau ingin menjalani hidup yang lebih baik, silahkan ikuti tips mengatur keuangan berikut ini.

  •       Membuat catatan keuangan pribadi, ini adalah langkah paling dasar yang harus dilakukan setiap orang. Melalui catatan ini, Anda dapat mengetahui kemana saja uang dibelanjakan.
  •       Membuat anggaran bulanan dengan metode 40-30-20-10.
  •       Lebih bijak dalam mengatur pengeluaran, untuk itu silahkan buat skala prioritas.
  •       Membuat dana darurat dari tabungan investasi.

Itulah beberapa alasan kenapa kita harus mengelola keuangan dengan baik. Silahkan ikuti tips mengatur keuangan dari kami kalau Anda ingin mencapai kebebasan finansial di masa depan.

 

You may also like