Home Investasi Alasan Harga Platinum Lebih Tinggi Dibandingkan Emas

Alasan Harga Platinum Lebih Tinggi Dibandingkan Emas

by Mas Abadi
investasi emas

Untuk perempuan perhiasaan sudah menjadi aksesoris yang penting untuk selalu dibawa dan dikenakan setiap harinya. Karena perhiasaan memberikan rasa kepercayaan dan keindahan tersendiri untuk yang mengenakannya. Bahkan, perhiasaan tidak lagi hanya sebatas aksesoris, tetapi banyak juga yang menggunakannya sebagai bagian dari investasi. 

Sementara ini, emas masih menjadi primadona dan paling populer yang ada dipasaran. Tetapi, sebenarnya ada juga loh beberapa perhiasaan yang tidak kalah menarik dan lebih mahal dari emas, diantaranya adalah platinum. Tidak tanggung-tanggung dipasaran, harga platinum sendiri jauh lebih tinggi dibandingkan dengan membeli emas. 

Kenapa Harga Platinum Lebih Mahal? 

1. Tingkat Kepadatan 

Hal yang mendasari harga platinum lebih mahal adalah tingkat kepadatan yang dimiliki jauh lebih tinggi  apabila Anda membandingkannya dengan emas. Tentunya ini menjadi penyebab harganya yang sangat tinggi. Dengan demikian, mungkin kedepannya Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli platinum sebagai perhiasaan atau bagian investasi. 

Apalagi dengan ukuran yang sama, perhiasaan yang berbahan platinum jauh lebih banyak dan beratnya mencapai 50 persen lebih tinggi. Tahapan satu ini tentunya menjadi perhitungan tersendiri, sehingga tidak heran harganya sangat fantastis. Misalnya, jika Anda membuat cincin dengan ukuran 8, untuk kebutuhan bahannya Anda memilih emas, maka prosesnya akan sama dengan ukuran dari cincin tersebut dengan berat 8 gram.

Berbeda ketika Anda menggunakan bahan berdasar platinum, karena ukuran 8 tersebut akan menghabiskan jumlah bahan sekitar 14 gram. Tingkat kepadatan yang tinggi itulah membuat harganya begitu tinggi di pasaran. Apabila Anda membutuhkan perhiasaan yang lebih besar ukurannya, otomatis biaya yang akan Anda habiskan akan jauh lebih mahal. 

2. Kemurnian Mencapai 95 Persen 

Untuk proses pembuatan perhiasaan tersebut, dalam tahap pencairan dan pencampuran logam tersebut, tentu ada proses campuran dari logam utama dengan bahan logam yang lainnya. Proses satu ini berlaku untuk semua jenis perhiasaan yang ada, sehingga termasuk emas dan platinum juga pastinya akan melakukan proses pencampuran. 

Analoginya untuk lebih mudah dalam memahaminya, jika Anda membeli emas dengan tingkat 18 karat, maka bahan baku emasnya sendiri akan digunakan sebesar 75 persen. Selanjutnya, sisanya akan menggunakan bahan logam lainnya sebesar 25 persen. Sehingga dalam tahap satu ini emas yang Anda beli tersebut telah bercampur sekitar 25 persen dengan logam lainnya. 

Hal ini berbeda ketika Anda menggunakan platinum, pada tahap ini tingkat kemurnian pada platinum sendiri mencapai 95 persen yang mana hanya membutuhkan 5 persen bahan logam yang lainnya. Dengan demikian, tingkat kemurnian akan jauh lebih terjamin dan bermutu antara satu sama lainnya. 

Bahkan, untuk proses pencampurannya sendiri bahannya pun langsung dari logam mulia yang kisaran harganya pun tidak berbeda jauh dengan platinumnya sendiri. Pada beberapa tahapan tersebut sangat berbeda dengan emas, karena kandungan bahan campurannya biasanya berasal dari perak atau tembaga yang harga pasarannya pun jauh lebih rendah. 

3. Harga Produksi Tinggi 

Dengan tingkat kemurnian yang tinggi, maka proses pembuatan untuk menjadi perhiasaan yang berkilau tersebut membutuhkan waktu yang lama dan tingkat presisi yang tinggi. Selain itu juga, kandungan dalam platinum yang terbilang keras, maka untuk proses pengukiran dan pembentukannya sendiri tidak semudah dengan perhiasaan emas. 

Jika emas ketika dipanaskan, maka akan langsung lunak dan sangat mudah untuk dibentuk. Tidak heran untuk tingkat produksinya sendiri, emas tidak begitu lama dan begitu mahal. Berbeda dengan platinum yang sangat sulit dalam proses pembentukannya. Tingkat peleburannya saja sangat jauh berbeda, emas berada pada posisi 1949 Derajat Fahrenheit, sedangkan platinum berada pada titik lebur mencapai 3214 Derajat Fahrenheit. 

Oleh karena itu, mengenai harga produksinya sendiri akan sangat mahal. Karena kebutuhan dari segi peralatan, kemampuan, dan bagian lainnya benar-benar harus sudah berpengalaman untuk menghasilkan mahakarya yang memukau. 

4. Logam Langka 

Platinum termasuk dalam bagian dari perhiasaan yang langka, berbeda dengan emas yang tingkat produk jauh lebih tinggi. Berdasarkan pada perhitungan data yang ada, produksi untuk emas sendiri setiap tahunnya mencapai 1.500 ton, sedangkan platinum untuk tingkat produksi setiap tahunnya hanya mencapai 160 ton saja. 

Perbedaan yang sangat tinggi tersebut membuat kebutuhannya akan sangat terbatas dan langka, tidak heran harganya pun sangat melambung tinggi. Untuk logam mulia saja hanya ditemukan pada negara saja, diantaranya ditemukan pada Afrika Selatan dan Rusia yang menjadi penghasil utama dari bahan baku logam mulia tersebut. 

Berdasarkan pada prinsip ekonomi, semakin langka bahan tentu akan berpengaruh pada harganya tersebut. 

 

Nah, demikianlah penjelasan lengkap mengenai harga platinum yang lebih mahal dibandingkan dengan emas yang sering Anda temukan. Bagaimana tertarik untuk membeli emas sebagai perhiasan dan bagian investasi? 

 

You may also like