Home Perencanaan Alasan Asuransi Kesehatan Sangat Penting Saat Ini

Alasan Asuransi Kesehatan Sangat Penting Saat Ini

by Mas Abadi

Sejak adanya pandemi, hampir seluruh masyarakat di berbagai belahan dunia semakin aware untuk menjaga kesehatannya. Segala upaya dilakukan salah satunya dengan mematuhi protokol kesehatan (prokes) Covid-19. 

Pasalnya, jumlah kematian akibat virus ini telah mencapai jutaan orang. Bahkan di Indonesia sendiri sekitar 150 ribu orang meninggal karena terserang Covid-19, terhitung hingga November 2022. 

Namun ternyata masih banyak yang menganggap bahwa dirinya pasti tidak akan terinfeksi virus corona. Bahkan tak sedikit juga yang merasa masih dijauhkan dari segala macam penyakit karena masih muda. Inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa asuransi kesehatan belum terlalu diminati. 

Padahal jika berkaca dari kasus kematian Covid-19, virus ini bisa menyerang siapa saja dan tidak mengenal usia. Dan faktanya, penyakit apa saja bisa datang tanpa diduga-duga sebelumnya. Apa jadinya ketika kamu atau keluarga mendadak jatuh sakit dan tidak memiliki asuransi kesehatan, mengingat biaya medis tidaklah murah.

Asuransi kesehatan tentu sangat penting untuk dimiliki saat ini. Apa alasannya ? Yuk, ketahui  beberapa alasan di bawah ini agar tahu kenapa kamu sebaiknya memiliki asuransi kesehatan.

Pentingnya Asuransi Kesehatan 

Berikut 5 alasan yang membuat asuransi kesehatan penting untuk dimiliki :

  • Memberikan Proteksi untuk Diri Sendiri Maupun Keluarga

Tentu tidak ada yang bisa menjamin bahwa kamu atau keluarga akan selalu diberikan kesehatan. Bahkan untuk orang yang sangat menjaga pola hidupnya pun bisa saja sewaktu-waktu terkena penyakit. Inilah sebabnya kamu harus selalu siap dengan segala kemungkinan terburuk. 

Nah, dalam hal ini asuransi kesehatan berperan besar untuk memberikan perlindungan ketika kamu atau keluarga ada yang jatuh sakit. Beberapa asuransi kesehatan akan menanggung seluruh biaya pengobatan selama di rumah sakit maupun biaya rawat jalan.

Dan meskipun tidak seluruhnya ditanggung oleh asuransi kesehatan, namun besarannya tidak akan memberatkan. Sehingga kamu tidak perlu bingung bagaimana melunasi tagihan rumah sakit dan kebutuhan lainnya bisa tetap terpenuhi.

  •  Meminimalisir Kerugian Finansial 

Biaya rumah sakit kian hari justru semakin bertambah mahal. Bukan hal yang mengherankan lagi karena teknologi yang digunakan untuk keperluan penyembuhan pasien juga semakin canggih. 

Disaat kamu memiliki asuransi kesehatan, mahalnya biaya rumah sakit tidak akan menjadi beban kamu sepenuhnya. Dengan begitu kamu bisa meminimalisir berbagai masalah finansial kedepannya, seperti penurunan pendapatan, terjebak utang, hingga kebangkrutan.

Uang simpanan akan terkuras habis untuk membiayai pengobatan selama kamu atau keluarga sakit. Belum lagi jika harus menjalani pengobatan yang lama karena penyakit yang diderita termasuk berat. Tentu ini bisa membuat keuangan kamu tidak terkontrol sehingga berdampak pada kebutuhan lainnya. 

  • Mendapatkan Fasilitas Kesehatan Terbaik

Asuransi kesehatan akan memberikan akses kepada para nasabahnya agar lebih mudah mendapatkan fasilitas kesehatan yang terbaik. Namun hal tersebut tetap disesuaikan dengan besaran premi yang kamu bayarkan setiap bulannya. 

Berbagai pelayanan kesehatan bisa kamu dapatkan dengan asuransi kesehatan, seperti penanganan dokter spesialis, kamar rawat inap, pengobatan penyakit kritis, kamar ICU, biaya operasi, dan masih banyak lagi.

Umumnya, perusahaan asuransi akan bekerja sama dengan rumah sakit yang kompeten. Sehingga fasilitasnya pun sangat lengkap dan pelayanan yang diberikan sangat baik. 

  • Sebagai Bagian dari Perencanaan Keuangan Masa Depan

Asuransi kesehatan bisa dikatakan sebagai salah satu bagian untuk merencanakan keuangan masa depan. Karena bagaimana pun juga kamu harus mengatur keuangan agar bisa membayar kewajiban premi asuransi setiap bulannya tanpa menganggu anggaran pengeluaran yang lain.

Kemampuan kamu dalam mengatur keuangan tersebut, secara tidak langsung akan membuatmu belajar bagaimana merencanakan keuangan yang baik di masa depan. 

Dan tanpa disadari kamu sudah mempersiapkan keperluan untuk masa depan dengan asuransi kesehatan. Masa depan memang harus dipersiapkan dari sekarang agar tidak menjadi beban pikiran ketika ada kejadian diluar dugaan terjadi pada kamu dan keluarga. 

  • Memberikan Rasa Aman dan Tenang    

Siapa pun pasti tidak ingin hidupnya diselimuti rasa takut dan khawatir akan hal-hal tak terduga yang mungkin terjadi di masa depan. Perasaan tersebut bisa diminimalisir dengan memiliki asuransi kesehatan. Karena kamu sudah mendapatkan proteksi atau perlindungan kesehatan dari perusahaan asuransi, yang mana bisa diklaim kapan pun ketika diperlukan.

Kamu akan merasa lebih aman dan tenang meskipun masa depan tetap tidak bisa kamu prediksi. Inilah kenapa kamu harus mulai pertimbangkan untuk memiliki asuransi kesehatan. Sehingga jika sewaktu-waktu membutuhkan biaya pengobatan dalam jumlah banyak bisa diatasi dengan asuransi kesehatan.

Itulah 5 alasan pentingnya memiliki asuransi kesehatan yang perlu kamu ketahui. Saat ini ada banyak jenis asuransi kesehatan yang menawarkan beragam manfaat dengan premi yang terjangkau. Kamu bisa memilih salah satu produk asuransi kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansialmu.

           

You may also like