Home Investasi Agar Tak Rugi, Kenali Dulu Cara Buka Rekening Deposito BCA

Agar Tak Rugi, Kenali Dulu Cara Buka Rekening Deposito BCA

by Mas Abadi
deposito bca

Sebagian besar orang berpendapat bahwa deposito bukanlah instrumen investasi. Melainkan tabungan yang sifatnya jangka panjang, karena cara kerjanya mirip seperti tabungan biasa. Padahal didalam deposito mengandung unsur investasi, yang menawarkan keuntungan di masa depan. Begitu pula dengan deposito BCA, simak ulasan berikut untuk kenal lebih jauh.

Persiapan Awal Sebelum Melakukan Deposito

1. Pahami dengan Baik Tentang Deposito

Pertama kali yang perlu anda ketahui ialah pengertian tentang deposito. Salah satu produk dari BCA ini merupakan instrumen investasi, berupa simpanan berjangka. Nasabah akan menyimpan uang dalam bentuk tabungan, dengan bunga di atas bunga tabungan. Jenisnya terbagi dua yaitu berdasarkan jangka waktu penyimpanan dan kurs mata uang yang digunakan.

Untuk pilihan jangka waktunya mulai 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan. Sedangkan mata uang yang digunakan, BCA menawarkan sembilan pilihan mata uang. Diantaranya rupiah, dolar Amerika Serikat, dolar Singapura, dolar Australia, Yuan, dan Poundsterling. Masing-masing jenis deposito ini memiliki bunga yang sudah ditentukan pihak BCA.

2. Pelajari Bunga yang Ditawarkan

Bunga deposito BCA yang disediakan untuk nasabah lumayan beragam. Biasanya tergantung dari besarnya jumlah deposito, jenis mata uang, dan jangka waktu simpanan. Semakin panjang jangka penyimpanan deposito, maka bunga yang diajukan lebih besar. Contohnya deposito berjangka rupiah, untuk 1 bulan sebesar 5,75 persen sedangkan 12 bulan sebesar 6,25 persen.

Tidak hanya berlaku pada mata uang rupiah saja, dolar Singapura hingga Yuan juga berbeda besar bunganya. Sayangnya bunga deposito tersebut bersifat fluktuatif, akan berubah setiap saatnya. Tergantung dari kondisi perputaran uang dunia, atau kenaikan satuan mata uang. Hal ini jelas perlu anda perhatikan agar tidak salah waktu ketika melakukan investasi deposito.

Cara Mendaftar untuk Buka Deposito

1. Lengkapi Formulir Permohonan

Untuk melakukan cara deposito BCA, anda perlu melengkapi isian formulir permohonan. Disana terdapat kolom-kolom identitas diri yang wajib diisi. Cermati dengan baik saat pengisian, kalau salah pendataan bisa beresiko. Setelah diteliti ulang, formulir tersebut harus ditandatangani sebagai bentuk persetujuan kedua pihak.

2. Bawa Berkas Persyaratan

Sebagai pelengkap data diri dalam formulir, anda perlu menyerahkan fotokopi yang menunjukkan identitas diri. Berupa KTP/SIM/Passport dan NPWP untuk calon nasabah kewarganegaraan WNI. Sedangkan untuk Warga Negara Asing perlu menyerahkan KITAS/Passport. Barulah pihak BCA akan memproses pengajuan setor deposito anda.

3. Penuhi Setoran Awal

BCA mensyaratkan setoran awal minimum sebagai saldo pertama deposito. Untuk produk deposito berjangka rupiah, setoran awalnya sebesar 8 juta rupiah. Bila menggunakan deposito valuta asing besarannya sesuai dengan mata uang asal. Misal ingin deposito valas Amerika berarti sekitar USD 1.000, lalu valas Singapura sebesar SGD 2.000.

Baca Artikel Selanjutnya : Mengulik Bunga Deposito BRI Dan Cara Buka Rekening Untuk Investasi Terpercaya

4. Hubungi Kantor BCA

deposito bca

Setelah syarat dirasa cukup, cara deposito BCA berikutnya ialah menghubungi kantor BCA. Anda tinggal datang ke alamat kantor bank ini yang paling dekat dengan rumah. Kemudian mengambil nomor antrean lalu tunggu hingga dipanggil oleh counter. Bisa pula langsung bertanya melalui Halo BCA, baik telepon maupun email.

Keuntungan Memilih Deposito Lewat BCA

1. Terjamin Aman

BCA sudah berkiprah dalam dunia perbankan sejak tahun 1957, dan berpengalaman melayani berbagai transaksi keuangan. Oleh karena itu, untuk mengurus tabungan deposito seperti ini jelas pelayanannya terbaik. Anda juga tak perlu khawatir deposito bermasalah di tengah jalan, sebab BCA sebisa mungkin menjaga amanah yang diberikan oleh nasabah.

2. Bisa Pilih Waktu Deposito

Salah satu bank terbesar di Indonesia ini menawarkan jangka waktu deposito. Anda bisa memilih antara 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, atau 12 bulan. Tergantung dari kemampuan masing-masing nasabah. Perjanjian jangka waktu ini disepakati di awal setoran pertama, setelah menandatangani formulir permohonan.

3. Menyediakan 9 Mata Uang

Keuntungan melakukan deposito di bank ini ialah anda dapat menyimpan dalam bentuk kurs apapun. Tidak hanya rupiah saja melainkan bisa US Dollar, Singapura Dollar (SGD), Australia Dollar (AUD), Yen (JPY), Poundsterling (GBP), Euro (EUR), China Yuan (CNH), dan Hongkong Dollar (HKD). Nasabah bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan dalam jangka panjang.

4. Banyak Keunggulan yang Didapat

Keuntungan lain yang anda dapatkan adalah besar bunga yang bisa ditransfer ke rekening tabungan anda, baik di rekening BCA maupun bank lain. Selain itu, ada sistem Non-Automatic Roll Over, dimana deposito berjangka akan berakhir sesuai perjanjian. Ada pula Automatic Roll Over dan Automatic Roll Over Plus, yang berlaku selama deposito berjalan.

Deposito BCA tergolong instrumen investasi berupa tabungan jangka panjang. Bedanya anda dapat menentukan waktu deposito, sesuai dengan kemampuan masing-masing nasabah. Selain itu, terdapat setoran awal minimum serta memilih kurs untuk deposito. Paling mudah bila anda sudah memiliki rekening BCA sebelumnya, jadi transaksi bisa langsung dilakukan.

You may also like