Home Bisnis Agar Laku Keras, Berikut Cara Jualan Di Bukalapak Bagi Pemula

Agar Laku Keras, Berikut Cara Jualan Di Bukalapak Bagi Pemula

by Mas Abadi
Agar Laku Keras, Berikut Cara Jualan Di Bukalapak Bagi Pemula

Berbelanja online sudah menjadi tren tersendiri bagi masyarakat dunia. Fenomena ini bahkan didukung dengan banyaknya e-commerce yang menawarkan berbagai produk demi memenuhi kebutuhan pelanggan. Aplikasi ini memberikan kesempatan bagi Anda untuk menjadi pembeli atau bahkan penjual. Bagaimana cara jualan di Bukalapak bagi pemula ? Berikut caranya.

Tips Jitu Berjualan di Bukalapak

Agar Laku Keras, Berikut Cara Jualan Di Bukalapak Bagi Pemula

1. Mendaftarkan Lapak

Mendaftarkan lapak adalah hal utama ketika ingin membuka toko online menggunakan situs belanja online tersebut. Pendaftarannya sendiri bisa dilakukan melalui beberapa cara seperti menggunakan email, nomor telepon, Facebook, atau menggunakan Akun Google. Cara mendaftarkan lapak secara keseluruhan dianggap cukup serupa.
Misalnya jika Anda hendak mendaftarkan lapak menggunakan email atau nomor telepon. Pertama tama silahkan kunjungi situs belanja online tersebut lalu tekan opsi daftar yang bisa ditemukan pada kanan atas laman tersebut. Selanjutnya silahkan isi kolom email atau nomor telepon dan data diri pribadi dengan informasi yang benar sebelum klik daftar.
Tidak perlu menunggu lama, Anda akan mendapatkan email atau notifikasi terkait dengan permintaan aktivasi dari situs belanja online tersebut. Klik konfirmasi email tersebut sebagai tanda persetujuan. Apabila terjadi kesalahan, segeralah meminta konfirmasi permintaan ulang email yang tersedia pada lama tersebut.
Jika Anda hendak pendaftaran menggunakan akun Facebook, silahkan klik opsi daftar yang berada di kanan atas laman website terkait. Selanjutnya silahkan pilih opsi daftar dengan Facebook. Otomatis Anda akan diminta login akun Facebook untuk masuk ke halaman website media sosial tersebut. Kemudian buka kembali website Bukalapak untuk login.
Masukkan nama akun Facebook Anda dengan benar. Tidak perlu menunggu lama, situs belanja online ini mengirimkan pesan untuk meminta izin akses segala informasi yang ada pada akun Facebook. Jika Anda menyetujuinya, silahkan tekan tombol ok dan isilah data pribadi yang disediakan sebelum tekan tombol daftar.
Sedangkan bagi Anda yang hendak mendaftarkan diri menggunakan akun Google, silahkan klik opsi daftar pada kanan atas websitenya. Selanjutnya klik daftar dengan Google dan login terlebih dahulu. Berikan izin akses informasi akun Google dan lanjutkan dengan klik izinkan. Isilah data pribadi sesuai dengan kolom yang disediakan lalu tekan daftar.

2. Upload Produk yang Ditawarkan

Setelah akun berhasil dibuat, inilah saatnya untuk mengunggah produk yang hendak ditawarkan kepada para calon konsumen. Pertama tama silahkan masuk ke situs belanja online tersebut dan temukan menu Lapak Saya yang berada di sebelah kanan atas, lalu tekan opsi Jual Barang. Kemudian Anda diminta mengisi data produk yang dijual sebelum mengunggahnya.
Beberapa detail produk yang harus dilengkapi yakni nama produk, stok, berat produk, kondisi produk (baru atau bekas), harga, berikan deskripsi lengkap, varian baik warna hingga ukuran, jasa pengiriman yang digunakan, etalase, dan dilengkapi dengan video. Setelahnya silahkan klik jual atau simpan dengan klik opsi simpan ke draft.

3. Percantik Tampilan Lapak

Jangan biarkan lapak sepi karena tampilannya yang kurang menarik. Agar lapak semakin menarik, silahkan tambahkan dengan foto profil, foto header, catatan, deskripsi, hingga lokasi Anda berada. Anda bisa melengkapi informasi tersebut dengan mengunjungi website resmi Bukalapak lalu klik ikon profil atau akun.
Klik opsi menu pengaturan, dan pilih opsi Lapak untuk masuk ke Edit Informasi Lapak. Silahkan lengkapi data yang dibutuhkan dan isi sesuai dengan benar. Sebelum menekan tombol selesai, silahkan lakukan cek kembali agar tidak terjadi kesalahan input data. Selain dilengkapi dengan data detail, Anda juga bisa menambahkan sejumlah fitur canggih.

4. Perbaiki Feedback Penjualan

Feedback yang diberikan oleh para pelanggan memegang peranan penting pada kesuksesan lapak online Anda. Karena mendapatkan penilaian langsung, otomatis Anda harus berusaha memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh customer. Tentu saja feedback yang diberikan cukup beragam, namun uniknya penjual bisa menghapus feedback negatif ketika memenuhi persyaratan tertentu.
Pemberian feedback sendiri dilakukan dengan mempertimbangkan beberapa hal seperti kecepatan pengiriman, pelayanan yang ramah, proses pemesanan yang mudah, dan lai sebagainya. Umumnya para pelanggan tidak segan memberikan bintang 5 untuk pelayanan memuaskan, namun akan memberikan bintang 1 atau 2 jika merasa kecewa.

Baca Juga Artikel Berikut : Ingin Tahu Cara Daftar dan Berjualan di Tokopedia? Cek Di Sini!

5. Menerima Tantangan Baru

Menerima tantangan baru merupakan salah satu cara untuk meningkatkan skor performa toko online Anda. Cara ini bisa dilakukan dengan menggunakan fitur tantangan. Fitur tersebut siap memandu Anda mengejar target kecil kecilan hingga yang paling sulit digapai sekalipun bak bermain game. Tentu saja fitur ini bisa digunakan usai mengetahui cara daftar bukalapak yang benar.

6. Gunakan Fitur Promosi

Berjualan online dianggap menggiurkan karena area jangkauannya yang cukup luas. Tidak heran jika banyak generasi milenial yang tertarik berjualan demi mendapatkan uang jajan tambahan. Produk yang ditawarkan pun beraneka macam dan cukup kreatif, sehingga Anda harus bisa bersaing sehat dengan menerapkan cara jualan di Bukalapak bagi pemula di atas. Selamat mencoba !

You may also like