Home Perencanaan 8 Kebiasaan Yang Membantu Merdeka Secara Finansial

8 Kebiasaan Yang Membantu Merdeka Secara Finansial

by Mas Abadi

Salah satu tujuan keuangan yang ingin dicapai oleh setiap orang yaitu bisa merdeka secara finansial. Kondisi di mana kamu sudah memiliki uang yang cukup untuk memenuhi semua kebutuhan hidup, bahkan tanpa bekerja sekalipun. Kamu akan merasa bebas dari segala tuntutan keuangan. 

Beban keuangan yang setiap hari kamu rasakan, tentu akan membuatmu terbelenggu. Kamu tidak bisa bebas untuk membelanjakan uang karena masih banyak kewajiban yang harus dipenuhi. Misalnya, membayar cicilan KPR, kendaraan bermotor, tagihan kartu kredit, dan kewajiban lainnya. 

Lain halnya jika kamu sudah merdeka secara finansial, tidak akan ada rasa cemas saat membelanjakan uangmu. Dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan tersier untuk aktualisasi diri pun bisa kamu penuhi.

Langkah-langkah untuk Mencapai Merdeka Secara Finansial

Siapa pun pasti ingin merdeka secara finansial, sehingga tidak membebani orang sekitar. Akan tetapi, apa saja sih yang bisa kamu lakukan untuk mencapainya ? Mulai dari sekarang, lakukan kebiasaan berikut ini agar di masa depan kamu bisa merdeka secara finansial.

1. Punya Tujuan Finansial

Langkah pertama untuk mencapai merdeka secara finansial yaitu memiliki perencanaan keuangan atau tujuan finansial yang jelas. Artinya, kamu harus tahu hal apa saja yang ingin dicapai kedepannya, berapa jumlah dana yang dibutuhkan dan tentukan target waktunya. 

Dengan memiliki tujuan finansial, maka kamu akan lebih mudah menyusun skala prioritas kebutuhan. Sehingga tidak sulit bagi kamu untuk mewujudkan satu per satu tujuan-tujuan tersebut.

2. Disiplin Mengatur Keuangan Pribadi

Keuangan pribadi harus dikelola sebaik mungkin karena banyak manfaat yang bisa kamu peroleh nantinya. Kamu bisa mulai mengatur keuanganmu dengan membuat pos-pos anggaran yang disesuaikan dengan skala prioritas. Sehingga penghasilan yang kamu dapatkan setiap bulannya bisa dipergunakan dengan bijak.

Kamu akan lebih berhati-hati dalam membelanjakan uang karena lebih mengutamakan kebutuhan pokok terlebih dahulu. Jika kamu disiplin dalam mengatur keuanganmu, maka kamu akan terhindar dari gaya hidup boros.

3. Mulai Menyiapkan Dana Darurat

Untuk mencapai kebebasan finansial di masa depan, maka kamu harus memiliki dana darurat. Karena dana darurat bisa sangat bermanfaat jika suatu saat ada kebutuhan mendesak yang harus dipenuhi. Contohnya, ada anggota keluarga yang butuh biaya pengobatan rumah sakit, memperbaiki kerusakan rumah akibat terkena bencana, dan kondisi darurat lainnya. 

Maka dari itu, kamu bisa mulai menyisihkan sebagian penghasilanmu untuk dialokasikan sebagai dana darurat. Miliki dana darurat paling tidak tiga kali dari pengeluaran setiap bulannya. 

4. Memiliki Investasi

Menyisihkan penghasilan untuk ditabung dan berinvestasi adalah cara tepat untuk mencapai kebebasan finansial. Di zaman sekarang, sudah tersedia berbagai jenis produk keuangan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan seperti tabungan, investasi hingga asuransi.

Semua produk keuangan yang ada tentu akan menawarkan berbagai keuntungan yang bermanfaat untuk masa depanmu. Dan untuk memulainya pun bisa dari nominal yang paling kecil yaitu dengan uang Rp 10 ribu saja. Kamu bisa mengalokasikan 20% hingga 30% dari penghasilan bulanan untuk tabungan dan investasi. 

5. Bebaskan Diri dari Utang Konsumtif

Pada dasarnya, untuk bisa merdeka secara finansial, usahakan agar kamu tidak memiliki utang konsumtif. Namun yang kerap terjadi adalah kita terlalu ingin meniru standar gaya hidup orang lain. Akhirnya berbagai cara dilakukan, termasuk dengan memiliki utang konsumtif misalnya menggunakan kartu kredit atau paylater untuk memenuhi kebutuhan yang sifatnya tidak begitu penting.

Jika kamu sudah terlanjur memilikinya, maka prioritaskan anggaran untuk melunasi seluruh hutang konsumtif tersebut. Setelah bisa terbebas dari hutang jenis ini, maka kamu bisa mulai menata keuangan dengan lebih baik. 

 6. Miliki Proteksi Keuangan

Memproteksi diri dan keluarga adalah hal terpenting yang seharusnya tidak kamu lewatkan. Proteksi yang dimaksud yaitu berupaya melindungi diri sendiri dan keluarga di masa depan dengan asuransi. Produk asuransi beragam jenisnya, namun yang sering digunakan yaitu asuransi jiwa dan asuransi kesehatan. 

7. Mencari Sumber Penghasilan Tambahan

Jika dirasa gaji dari pekerjaan utama tidak cukup, maka pertimbangkanlah untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Banyak sekarang pekerjaan sampingan yang bisa kamu lakukan untuk menambah sumber penghasilan. Misalnya, dengan berjualan online, menjadi freelancer, dan lain sebagainya. 

 8. Catat Setiap Pemasukan dan Pengeluaran

Kebiasaan terakhir yang harus kamu lakukan agar mencapai merdeka secara finansial yaitu mencatat seluruh pemasukan maupun pengeluaran bulanan. Dengan begitu, kamu akan lebih tahu bagaimana kondisi keuanganmu saat ini. Cara ini juga bisa membantu kamu untuk melakukan financial check up, sehingga bisa segera dievaluasi ketika ada sesuatu yang harus diperbaiki. 

Itulah tadi 8 kebiasaan yang bisa membantumu untuk mencapai kebebasan finansial di masa depan. Bagaimana, apakah kamu sudah siap melakukannya ? Semoga ulasan di atas bisa menjadi insipirasimu, ya !

 

You may also like