Home Perencanaan 7 Negara dengan biaya kuliah termurah

7 Negara dengan biaya kuliah termurah

by admin

Mengenyam pendidikan adalah kebutuhan semua orang. Bukan hanya sekedar untuk menjadi pintar, gelar yang didapatkan pun kini juga menjadi salah satu acuan dan pertimbangan dalam mencari pekerjaan dengan mempertimbangkan skill yang dimiliki. Banyak orang yang berlomba-lomba untuk mengejar pendidikannya hingga strata yang tertinggi serta memfokuskan diri dan dedikasinya pada pendidikan. Bahkan tak sedikit pula yang sampai kuliah ke luar negeri untuk mengejar cita-citanya.

Banyak orang beranggapan bahwa kuliah di luar negeri memerlukan biaya yang besar. Memang anggapan itu tidaklah salah karena harga yang harus dibayar tidaklah murah termasuk dengan biaya hidup selama berkuliah di sana. Tapi jangan salah sangka, ada beberapa Negara yang menawarkan pendidikan dengan biaya yang murah tapi tetap berkualitas. Banyak juga dari universitas-universitas ternama yang menawarkan beasiswa bagi siapapun  untuk bisa berkuliah di sana tanpa biaya sepeserpun. Menarik kan? Tertarik untuk berkuliah di luar negeri? Yuk mari kita simak 7 negara dengan biaya kuliah termurah yang bisa menjadi pilihan destinasi pendidikan. 

7 Negara dengan biaya kuliah termurah

  • Norwegia

Menduduki tingkat teratas sebagai Negara dengan biaya pendidikan termurah ada Negara Norwegia.  Norwegia adalah salah satu Negara di Eropa yang menjadi salah satu tujuan pendidikan terbaik di dunia. Hal itu terjadi bukan hanya karena murahnya saja, system pendidikan yang diberlakukan pun sangat baik.  Biaya pendidikan yang murah di NOrwegia karena pihak pemerintah dari Negara Norwegia mempunyai aturan pendidikan gratis untuk siapapun. Dan yang lebih menariknya lagi, hal itu juga berlaku untuk orang asing. Untuk bisa mendapatkan fasilitas tersebut kita hanya perlu membayar administrasi yang ditetapkan pemerintah dan biayanya juga tidak terlalu besar berkisar satu jutaan saja bila dirupiahkan yang harus kita bayar setiap semesternya. Tapi yang perlu diingat adalah aturan itu hanya berlaku pada sekolah hingga universitas negeri saja. Kita tetap harus membayar biaya kuliah apa bila kita mendaftar di universitas swasta di sana. Walau demikian,. Biaya pendidikan di swasta pun masih cukup terjangkau di Norwegia. Tertarik untuk berkuliah di Norwegia?

  • Jerman

Urutan berikutnya diisi oleh Negara Jerman. Sama halnya dengan Norwegia, Jerman juga menjadi salah satu destinasi pendidikan karena dianggap sebagai salah satu Negara yang mempunyai universitas-universitas terbaik di dunia. Selain itu Jerman juga mempunyai biaya pendidikan yang cukup murah. Biaya pendidikan di Jerman berkisar pada 8 jutaan saja pertahunnya. Cukup murah kan? Hal ini disebabkan oleh filosofi yang dimiliki oleh Negara Jerman bahwa pendidikan harus mudah diakses dan terjangkau. Dan menariknya itu berlaku untuk semuanya baik warga lokal maupun internasional. Selain biaya yang terjangkau, banyak juga ditawarkan beasiswa pendidikan pendidikan gratis yang bisa dimanfaatkan. Kita juga tidak perlu khawatir terkendala bahasa karena beberapa universitas di Jerman juga sudah membuka progam kuliah yang menggunakan bahasa inggris sebagai pengantar perkuliahan.   

  • Kenya

Menempati urutan berikutnya, Negara Kenya juga mempunyai biaya pendidikan yang sangat murah. Di salah satu Negara yang terletak di daratan Afrika ini biaya pendidikannya cukup terjangkau. Biaya pendidikan di Negara Kenya berkisar pada 16 jutaan pertahunnya. Dengan banyaknya pilihan universitas dan juga jurusan, Kenya juga menjadi salah satu destinasi pendidikan yang memiliki biaya pendidikan yang terjangkau. Salah satu universitas yang cukup dikenal di Kenya adalah Universitas Nairobi.    

  • Spanyol

Kembali ke dataran eropa, Negara Spanyol masuk di urutan berikutnya. Di Negara yang terkenal dengan adu bantengnya ini juga memiliki biaya pendidikan yang juga masih relatinf murah. Biaya pendidikan di Negara  Spanyol berkisar antara 10 hingga 20 juta rupiah pertahunnya. Selain itu spanyol juga menawarkan banyak sekali beasiswa yang bisa dimanfaatkan oleh semua orang termasuk warga asing sehingga bisa meringankan beban biaya pendidikan yang harus dibayarkan hingga selesai pendidikan. 

  • Bangladesh

Masuk ke wilayah Asia, Negara Bangladesh masuk ke daftar berikutnya dari Negara dengan biaya kuliah termurah. Salah satu negara dengan yang jumlah penduduk terbanyak ini mempunyai biaya pendidikan yang cukup terjangkau bagi penduduknya maupun internasional. Biaya pendidikan di Bangladesh berkisar pada 20 jutaan pertahunnya. Salah satu universitas yang cukup terkenal dari Bangladesh adalah universitas Dhaka.

  • Yunani

Selain biaya hidup yang rendah, Yunani juga menjadi salah satu Negara yang mempunyai biaya pendidikan yang juga cukup murah. Di Yunani biaya pendidikan yang dikeluarkan untuk satu tahun hanya berkisar di 23 jutaan rupiah saja. Selain itu kita juga akan mendapat semua buku pelajaran secara gratis di sana. Dengan biaya hidup yang juga relative murah dibandingkan dengan Negara eropa lain, yunani bisa dijadikan salah satu destinasi pilihan pendidikan yang tepat.

  • Taiwan

Kembali ke Asia, Negara Taiwan masuk ke urutan berikutnya sebagai Negara dengan biaya kuliah termurah tapi tetap berkualitas. Biaya kuliah di Negara Taiwan ini berkisar pada 25-30 jutaan saja pertahunnya untuk program sarjana maupun program pascasarjananya. Selain itu, kita bisa memanfaatkan beasiswa yang banyak ditawarkan sehingga biaya pendidikan yang harus kita tanggung bisa jauh lebih terjangkau. 

Itulah beberapa Negara yang memiliki biaya kuliah termurah dan tentu saja tetap berkualitas. Tertarik untuk kuliah di luar negeri? 

You may also like