Home Keterampilan 7 Kecerdasan Finansial yang Jarang Diajarkan di Bangku Sekolah

7 Kecerdasan Finansial yang Jarang Diajarkan di Bangku Sekolah

by Mas Abadi

Dengan bersekolah kita dapat mengetahui berbagai hal tentang ilmu pengetahuan seperti pengetahuan alam, pengetahuan sosial, perhitungan matematika, dan lain sebagainya. Konsep dasar dalam bersekolah adalah belajar baca, tulis, dan berhitung atau dikenal dengan istilah “Calistung”. Tiga hal tersebut menjadi dasar yang penting kamu kuasai dalam hidup.

Sekolah berfungsi untuk mencetak anak didik yang berakhlak mulia, cerdas dan berilmu pengetahuan tinggi. Oleh karena itu peran Pendidikan sangatlah penting.

Kecerdasan Finansial Yang Jarang Diperoleh Di Sekolah

Dasar pengetahuan baca, tulis, dan hitung atau “Calistung” yang telah diajarkan saat di bangku sekolah menjadi bekal penting untuk pengembangan pengetahuan di jenjang Pendidikan yang semakin tinggi. Kecerdasan yang telah diperoleh perlu terus diasah, contohnya dalam perhitungan. Kaitkanlah hal itu dengan persoalan finansial.

Kecerdasan dalam mengatur finansial di usia dewasa sedikit banyaknya kamu akan peroleh dari bangku sekolah. Namun, jangan kamu cukup puas sampai disana. Pengalaman untuk mengasah kemampuan dan kecerdasan finansial khususnya, perlu kamu dapatkan di luar itu. 

Istilah-istilah dalam finansial yang jarang kamu dapatkan di bangku sekolah, namun justru dapat membantu kamu lebih cerdas dalam hal finansial. Untuk mengetahui infonya, simak artikel ini baik-baik.

1. Kecerdasan Untuk Menghasilkan Uang

Latihlah pola pikir kamu untuk kreatif dalam menghasilkan uang. Gunakan informasi dan teknologi yang ada saat ini untuk meningkatkan penghasilan. Banyak hal yang dapat kamu lakukan jika kamu kreatif dan cerdas memanfaatkan segala peluang yang ada.

Contoh kecerdasaan dalam menghasilkan uang, jika kamu memiliki hobi dalam hal fotografi, kamu dapat memanfaatkan hal tersebut dari berbagai sisi. Teknik foto yang kamu kuasai dapat kamu jual sebagai jasa foto kepada orang-orang yang tengah membutuhkan jasa foto seperti pernikahan, liburan, foto produk dan lain sebagainya. Disisi lain, kamu dapat memanfaatkan sosial media untuk mengunggah hasil foto kamu sehingga akan banyak orang yang melihat hasil karya kamu, dengan hal itu jumlah pengikut kamu akan bertambah dan berpeluang sebagai sarana endorsement dan media promosi.

2. Kecerdasan Untuk Melindungi Keuangan Pribadi

Melindungi keuangan pribadi dapat dilakukan dengan berbagai hal. Secara teoritis manajemen keuangan menjadi salah satu ilmu yang diajarkan di bangku sekolah untuk dapat kita analisis keuangan sekaligus mengajari bagaimana mengatur keuangan. Namun, jika hal itu tidak diterapkan sebagai kebiasaan akan menjadi hal yang tidak berarti.

Kecerdasaan melindungi keuangan dapat kamu lakukan dengan tidak bersikap konsumtif, cerdas dalam memilih pergaulan dan lingkungan, bijak masalah keuangan, memiliki pola pikir dan tujuan untuk kepentingan jangka panjang.

 3. Kecerdasan Dalam Mengatur Alokasi Dana

Dana yang didapat perlu diatur dan dialokasikan dengan tepat. Alokasi dana untuk memenuhi kebutuhan pokok tanpa berinvestasi itu kurang baik, namun berinvestasi secara berlebih tanpa memperhitungkan kebutuhan pokok yang perlu dipenuhi juga bukan hal yang baik pula. Maka, atur alokasi dana kamu dengan baik tepat itu.

Tips untuk mengatur alokasi dana, kamu dapat terapkan perhitungan 50/30/20. Artinya, penuhi kebutuhan pokok hidup kamu dari 50% uang yang kamu miliki. Sisanya, 30% boleh kamu gunakan sebagai dana kebebasan untuk senang-senang seperti liburan, nonton, karoke, dan lain-lain. Terakhir, 20% gunakan untuk dana pengembangan atau investasi.

4. Kecerdasan Kecerdasan Mengembangkan Uang Yang Dihasilkan

Seperti yang telah dijelaskan di poin sebelumnya, dana yang kamu miliki jangan dirasa cukup puas. Pasalnya, kebutuhan dan keinginan seiring berjalannya waktu terus bertambah nilainya. Maka, cerdaslah dalam mengembangkan keuangan dengan cara investasi, usaha atau bisnis, melakukan deposito, dan lain-lain,

 5. Kecerdasan Untuk Mencari Peluang dari Uang

Kreatif, inovatif, dan kritis dalam mencari peluang usaha untuk mengembangkan dana yang dimiliki. Jika kamu telah menemukan peluang dan menjalani usaha atau investasi yang cocok akan seiring dengan uang yang kamu keluarkan akan bertambah. Seperti dalam roda usaha, uang kamu perlu untuk berputar untuk meningkatkan revenue.

 6. Kecerdasan Dalam Money Spending

Hindari sikap dan sifat suka menghabiskan uang tanpa tersisa. Hilangkan istilah “gimana nanti aja deh”, “gampang deh”, dan lain sebagainya. Sifat menyepelekan saat kondisi uang kamu habis akan menjadi kebiasaan buruk. Kamu perlu cerdas menyikapi dana yang kamu peroleh untuk mendapat ketenangan dan sekaligus kesenangan. Make, Money Spending turut menjadi kecerdasan finansial untuk membuka berbagai peluang.

 7. Kecerdasan Dalam Berinvestasi

Saat ini banyak cara yang dapat kamu tempuh untuk mulai berinvestasi. Saking mudahnya, berapapun dana yang dimiliki dapat kamu gunakan untuk berbagai macam investasi. Seiring perkembangan jenis investasi pun sangat beragam. Untuk itu, cerdaslah dalam memilih jenis investasi. Karena, bersamaan dengan perkembangan jenis investasi ini juga kamu akan banyak menjumpai tindak kriminalitas investasi.

Mulai saat ini, beri perhatian lebih pada kondisi keuangan kamu. Agar kamu bisa benar-benar merasakan financial freedom yang sesungguhnya. 

 

You may also like