Home Bisnis 7 Ide Peluang Usaha Modal Kecil Menguntungkan Di Tengah Pandemi

7 Ide Peluang Usaha Modal Kecil Menguntungkan Di Tengah Pandemi

by Mas Abadi
usaha modal kecil

Gempuran pandemi Corona di tahun 2020 memang masih menghasilkan efek besar di Indonesia. Apalagi dengan menurunnya penghasilan dan ketersediaan pekerjaan. Tak ayal, deretan usaha modal kecil yang dianggap menguntungkan pun mulai dicari. Lantas apa saja jenis usaha tersebut? Jangan terburu memulai, berikut hal yang harus Anda kenali terlebih dahulu.

Tips Usaha Dengan Modal Kecil Yang Tahan Lama

1. Menentukan Jenis Bisnis

Jenis usaha apa yang ingin dirintis? Jika memiliki keterbatasan dana, maka lebih baik pilih jenis yang sesuai minat dan kemampuan. Yang paling mudah adalah berkaitan dengan hobi atau skill. Jika Anda punya skill dalam membuat barang, bisa saja proses usaha dijalankan dengan lebih mudah. Seperti contohnya adalah memasak.

2. Riset Pasar

Setelah tahu jenis usaha yang mungkin cocok, saatnya melakukan riset pasar. Di sini, Anda harus melek dengan tren dan juga peluang usaha yang ingin dirintis. Apa yang membuat ide usaha Anda menarik? Apa yang harus dilakukan agar unggul dibanding pesaing? Selain melek dengan jenis usaha, Anda juga harus pintar estimasi kebutuhan.

3. Alokasi Modal

Estimasi ini berkaitan dengan modal. Agar peluang usaha yang dirintis sesuai harapan, maka pintar pintarlah mengatur keuangan. Alokasikan modal dengan tepat, terutama untuk bahan baku, perlengkapan, dan peralatan bisnis. Pastikan modal tersebut mencakup operational expenses atau kebutuhan operasional seperti biaya listrik, hingga sewa lokasi.

4. Lokasi Terstrategis

Lokasi juga berkaitan dengan keberlangsungan usaha. Tidak jarang, alasan utama usaha kecil gulung tikar karena pembeli dan supplier tidak bisa menjangkau lokasi. Karenanya pilih lokasi terstrategis, seperti di dekat jalan utama, sekitar kampus, atau perkampungan. Jika Anda tidak punya tempat usaha, bisa saja menyewa, kontrak, atau bahkan menggunakan media online.

5. Promo

Consumer satisfaction bisa menjadi bensin agar usaha berjalan panjang. Salah satunya adalah promo, namun pastikan harga yang ditawarkan tidak berlebihan. Konsistensi promo dan pengolahan uang dapat menjadi cara mempertahankan pembeli setia. Untuk menekan biaya operasional, gunakan media daring untuk menawarkan promo dan penawaran menarik.

Baca Artikel Selanjutnya : Pebisnis Online Wajib Tahu, Berikut Langkah Usaha Online Agar Penjualan Naik

Ide Bisnis Modal Rendah Untuk Dijalankan Di Masa Pandemi

usaha modal kecil

1. Bisnis Makanan

Mengingat setiap orang masih butuh makanan untuk bertahan hidup, bisnis ini seakan tidak ada matinya. Macam makanan yang dijajakan pun beragam melihat pasar sekitar. Makanan ringan murah meriah bisa dimulai di area kampung yang banyak anak anak. Pilih saja jenis makanan yang mudah dibuat dan tidak butuh banyak modal, seperti gorengan, keripik, atau kue.

2. Jasa Pengetikan

Hanya bermodal laptop atau komputer, jasa ini bisa menjadi ladang uang di tengah pandemi. Meski aktivitas kampus dan sekolah berkurang, tapi kebutuhan ini masih akan ada. Terutama jika tempat usaha berada di area sekitar kampus, sekolah, atau perkantoran. Anda bisa tambahkan printer untuk pelengkap jasa ini.

3. Bisnis Dropship

Peluang usaha yang satu ini kian marak karena tingkat permintaan belanja online ikut meningkat. Uniknya, bisnis ini tidak butuh modal besar karena hanya perlu memasarkan produk saja. Bahkan, Anda juga tidak perlu stok barang. Kemudian, Anda bisa meneruskan pemesanan dan pembayaran ke penjual. Kebutuhan untuk kirim pun sudah diatur oleh penjual.

4. Jasa Desain Grafis

Jika Anda punya kemampuan berkarya melalui desain, maka usaha ini bisa jadi media menyalurkan, mengasah, dan mendapat uang dari bakat. Menariknya, jasa ini juga sudah didukung oleh aplikasi modern yang mudah diakses seperti apk smartphone. Anda bisa membuat berbagai macam desain seperti logo, interior, poster, dll. Kemudian, melakukan transaksi online.

5. Aksesoris Handmade

Lagi lagi hobi bisa jadi acuan berbisnis. Untuk usaha ini, Anda bisa mengeluarkan modal hanya untuk kebutuhan bahan dasar aksesoris. Seperti contohnya kain flanel, manik aksesoris, atau cat pewarna. Dengan pintar mengatur lajunya modal, tidak menutup kemungkinan Anda akan mendapat untung besar.

6. Menjual Menu Sarapan Di Rumah

Jika Anda hobi masak untuk kebutuhan sarapan pagi, tidak ada salahnya dijadikan usaha tanpa modal yang satu ini. Idenya sangat sederhana, yaitu menawarkan menu sarapan yang Anda masak untuk dijual. Anda bisa menjualnya di depan rumah, menawarkan pada teman kerja, atau memasarkannya melalui whatsapp dan melakukan COD.

7. Usaha Minuman

Meski pamornya meredup di tengah pandemi, namun usaha jualan minuman masih tetap memegang potensi. Terutama mengingat bahwa banyaknya tren minuman kekinian. Anda dituntut untuk melek akan tren terbaru, sehingga dapat menciptakan customer interest, meningkatkan potensi jual beli, dan menggunakan daring sebagai media promosi.

Jika direncanakan dan dikelola dengan baik, suatu usaha modal kecil bisa saja bertahan lama dan memberi untung tinggi. Terutama di tengah pandemi, yang mana usaha kecil dapat dijadikan alternatif masukan untuk pekerjaan utama. Anda bisa buka bisnis makanan kecil, jasa pengetikan atau desain, hingga buka toko online dengan sistem dropship.

You may also like