Home Tips 7 Cara Mengelola Keuangan Dengan Baik, Pelajari Yuk

7 Cara Mengelola Keuangan Dengan Baik, Pelajari Yuk

by Mas Abadi
manajemen keuangan

Untuk mencapai kemerdekaan finansial di masa depan, niat saja tidaklah cukup. Anda harus memperhatikan cara mengelola keuangan yang baik supaya hasilnya optimal.  Kalau ingin masa depan terjaga dan kondisi keuangan dapat memenuhi segala kebutuhan yang sifatnya mendadak atau sudah terencana, memang harus dimulai di usia muda dan produktif.

Anda membutuhkan waktu cukup panjang serta usaha yang besar, karena menemukan metode yang sesuai bukanlah hal mudah. Mungkin beberapa langkah mengelola keuangan dengan baik berikut bisa dijadikan landasan awal. Simak, yuk!

  1.     Menyiapkan Anggaran Keuangan

Anggaran dibutuhkan sebagai sebuah acuan dalam segala perhitungan finansial, mulai dari kebutuhan sehari-hari (pengeluaran), kemudian pendapatan dari gaji, serta keperluan akses terhadap pelayanan kesehatan. Jangan lupa sertakan juga investasi dalam anggaran keuangan Anda. Ini merupakan langkah awal dalam mengelola keuangan yang baik, karena Anda bisa menentukan aspek-aspek yang dibutuhkan atau tidak. Cara ini cukup membantu untuk mengendalikan kondisi finansial, terutama dalam hal menentukan skala prioritas agar selalu seimbang dan mendapatkan keuntungan.

  1.     Evaluasi Jumlah Pemasukan dan Pengeluaran Setiap Bulan

Setelah menyiapkan anggaran keuangan, Anda bisa melakukan evaluasi terhadap jumlah pemasukan dan pengeluaran. Hal ini dapat membantu Anda mengetahui apakah pemasukan setiap bulan cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Anda juga bisa mengalokasikannya ke hal lain. Untuk pengeluaran yang tidak perlu bisa dihilangkan sehingga akan lebih berhemat.

Mulailah mengatur pos pengeluaran. Utamakan hal-hal yang bersifat prioritas atau kebutuhan, kalau hanya ingin bisa ditunda terlebih dahulu.

  1.     Menyiapkan Tabungan

Hingga saat ini, menabung adalah salah satu cara terbaik dalam mengelola keuangan yang terbukti ampuh. Apalagi kalau Anda sedang mempersiapkan kemerdekaan finansial di masa depan. Dengan menabung, secara tidak langsung Anda telah menyisihkan sebagian penghasilan untuk kebutuhan tak terduga maupun terencana. Sehingga saat dibutuhkan sewaktu-waktu bisa digunakan tanpa perlu merasa kesulitan untuk mencari uang kesana kesini, bahkan sampai mengajukan pinjaman. Namun perlu dipahami bahwa cara satu ini membutuhkan kedisiplinan yang tinggi. Pasalnya Anda harus mau mengalokasikan sebagian penghasilan untuk tidak dipakai dalam waktu dekat. Mulai dari sekarang cobalah untuk mengubah gaya hidup supaya kegiatan menabung semakin lancar.Hindari pengeluaran berlebihan, upayakan lebih banyak uang masuk ke tabungan.

  1.     Identifikasi Keinginan dan Kebutuhan

Kebutuhan dan keinginan, dua hal berbeda namun sering disalahartikan. Hal ini perlu diidentifikasi agar Anda lebih bijak dalam mengatur keuangan. Cara membedakannya cukup mudah, untuk kebutuhan merupakan sesuatu yang harus selalu dipenuhi karena mempengaruhi kehidupan. Contohnya makan dan minum. Sementara keinginan merupakan sesuatu yang tidak terlalu mempengaruhi kemampuan bertahan hidup, masih bisa ditunda dan bersifat tidak mendesak. Kalau Anda dapat mengidentifikasi antara kebutuhan dan keinginan, maka akan lebih mudah dalam menentukan skala prioritas pengeluaran per bulan.

  1.     Menghindari Hutang

Saat ini tersedia berbagai platform pinjaman online yang kadang membuat kita tergoda untuk berhutang. Apalagi ada beberapa marketplace yang menyediakan sistem bayar nanti guna mempermudah pelanggan dalam membayar belanjaan. Layanan tersebut memang membantu, namun terkadang sering membuat sebagian orang terlena dan kalap. Ini dapat memunculkan perilaku konsumtif yang berlebihan.  

Secara tidak langsung fitur bayar nanti memberikan kebiasaan untuk berhutang terlebih dahulu. Kalau digunakan untuk keperluan mendesak sih tidak masalah, namun kalau hanya sekedar berbelanja tentu bukan merupakan kebiasaan baik. Malahan bisa mengganggu perencanaan keuangan Anda. Kalau ingin mengelola keuangan dengan baik, sebaiknya hindari hutang konsumtif. Anda masih ada hutang yang belum lunas? Silahkan diselesaikan agar bisa melangkah lebih bebas.

  1.     Mulai Berinvestasi

Kemerdekaan finansial akan lebih mudah terwujud dengan cara berinvestasi. Dengan berinvestasi sejak dini, Anda bisa melindungi nilai aset dari gerusan inflasi yang semakin mengganas setiap waktu. Tak hanya itu, investasi juga membantu memenuhi kebutuhan di masa depan. Anda akan lebih siap menghadapi tantangan serta resiko yang mungkin muncul secara tak terduga. 

Ada beberapa cara investasi yang bisa dilakukan, salah satunya pasar modal. Namun untuk jenis satu ini punya risiko yang sama besarnya dengan keuntungan yang diperoleh. Kalau ingin aman dan minim resiko, Anda bisa memilih investasi reksadana, emas, deposito, tabungan berjangka, dan properti. Semakin cepat melakukannya maka semakin bagus perencanaan keuangan Anda.

  1.     Menentukan Tujuan Keuangan dan Belajar Berkomitmen

Memiliki impian atau tujuan tentu akan membuat kita lebih berusaha konsisten dalam melakukan sesuatu. Tak terkecuali saat belajar mengelola keuangan, kita harus dapat meraihnya dalam waktu yang telah ditentukan. Dengan motivasi yang kuat, Anda bisa menahan diri untuk tidak membeli barang yang tidak dibutuhkan. Sehingga gaji bulanan dapat dialokasikan ke tabungan atau pengeluaran lainnya yang bersifat menguntungkan.

Kondisi finansial yang kuat merupakan hal penting yang harus dimiliki setiap individu. Apalagi untuk sekarang, dimana kondisi ekonomi dunia yang naik turun akibat pandemi. Guna mengantisipasi hal tersebut, Anda harus mengetahui dan mulai menerapkan cara mengelola keuangan dengan baik. Semoga informasi kami di atas membantu.

You may also like