Home Bisnis 7 Cara Memulai Usaha Jualan Sepatu dan Modal yang Dibutuhkan

7 Cara Memulai Usaha Jualan Sepatu dan Modal yang Dibutuhkan

by Mas Abadi
Bisnis sepatu

Tidak dapat dipungkiri bahwa berjualan sepatu adalah yang paling menjanjikan. Hal ini karena sepatu adalah item fashion yang juga masuk dalam kebutuhan pokok masyarakat untuk digunakan sehari-hari. Maka tidak heran, bila membuka usaha jualan sepatu bisa menjadi bisnis yang menarik. Bagi Anda yang ingin memulai usaha ini, ada beberapa cara yang harus diikuti dan juga besaran modal yang dipersiapkan. 

7 Cara Memulai Usaha Jualan Sepatu 

Dalam memulai sebuah usaha sudah pasti ada caranya sendiri agar bisnis bisa berkembang dengan pesat, termasuk usaha sepatu. Berikut ini adalah caranya: 

1. Carilah informasi 

Tidak mungkin Anda memulai usaha tidak mencari informasi terlebih dahulu. Dalam memulai usaha sepatu yang perlu dicari informasinya adalah menganalisa tentang bisnis sepatu sebanyak-banyaknya. Untuk mencari seluruh informasi yang berkaitan, Anda bisa berdiskusi kepada pengusaha sepatu yang sukses. 

Selain itu membaca buku, majalah dan artikel bisnis sepatu juga sangatlah penting. Dengan mencari tahu informasi tentang bisnis sepatu, maka Anda bisa mempersiapkan segala macam keperluan untuk berbisnis sepatu. Seperti target pasar, produsen yang tepat dan lain sebagainya. sehingga ketika memulai bisnis ini, maka Anda tidak akan mendapatkan masalah berarti. 

2. Seleksi segmen serta harga 

Segmen yang dimaksud adalah Anda akan menjual sepatu wanita, pria, anak-anak, olahraga atau yang lainnya. Perlu Anda ketahui bahwa dengan menjual sepatu dengan segmen khusus akan membantu dalam menentukan target pasar. Kemudian, tentukan juga harga yang ingin dijual. 

Seperti yang sudah disebutkan bahwa segmen pada bisnis ini sendiri sangatlah banyak. Semisalnya, Anda memilih sepatu wanita untuk dijual. Maka, tentukan harga yang akan dipasang. Apakah Anda ingin menjual kepada masyarakat kalangan bawah atau atas. Dari sini, maka target Anda akan diperkecil dan akan mudah sekali menyusun rencana bisnis lainnya. 

3. Pilih distributor 

Jika Anda sudah menentukan segmen sepatu mana yang akan dipilih dan harganya, maka carilah distributor yang tepat. Anda harus mencari distributor yang memang sudah terpercaya. Hal ini sangatlah penting sekali agar terjalin kerjasama yang menguntungkan kedua belah pihak. 

Anda bisa mencari distributor ini dari internet dan pastikan bahwa produk sudah teruji kualitasnya. Apabila Anda ingin menjual sepatu branded, maka pastikan bahwa distributor sudah memiliki pengalaman panjang. Bisa juga Anda bertanya kepada teman yang sekiranya sudah pernah berjualan sepatu. 

Tidak hanya sampai sini saja, ketika sudah menemukan distributor yang cocok maka bicarakan bahwa Anda akan menjual sepatu-sepatu tersebut. Katakan bahwa Anda ingin membeli barang dalam jumlah banyak, supaya bisa mendapatkan harga yang lebih murah. Jika ingin mempunyai brand sendiri, maka yang Anda ajak kerja sama adalah para pengrajin sepatu. 

4. Pilih brand dan jenis sepatu 

Cara selanjutnya adalah dengan memilih brand dan jenis sepatu yang akan dijual. Cobalah cari sepatu yang dicari oleh banyak orang. Semisalnya adalah Anda memilih sepatu sneakers yang sering digunakan anak mudah nongkrong atau olahraga. Dengan memilih sepatu yang sekiranya sedang hits, maka ada kemungkinan peluang mendapatkan pembeli juga akan besar. 

5. Manfaatkan teknologi

Agar Anda bisa menjual seluruh sepatu, sebaiknya mulai manfaatkan teknologi yang ada pada saat ini. Gunakanlah media sosial atau marketplace yang bisa memasarkan produk sepatu Anda lebih luas. Pasarkan melalui Instagram, lalu arahkan pembeli ke toko pada market place yang Anda gunakan. 

Karena sekarang ini, lebih banyak orang yang lebih percaya berbelanja di marketplace. Hal ini tidak lepas dari tingkat keamanan yang tinggi. Anda pun juga bisa memanfaatkan berbagai event yang ada seperti Harbolnas, event tanggal tertentu dan lain sebagainya. 

6. Foto harus jelas 

Ketika Anda memanfaatkan social media dan market place, pembeli hanya bisa melihat dari foto. Jadi, pastikan bahwa foto sepatu jelas dan jangan sampai terpotong atau buram. Warna dari sepatu juga terlihat dengan jelas, sehingga pembeli dapat menilai kualitas sepatu dari foto. 

Anda juga harus memberikan keterangan atau deskripsi pada setiap foto sepatu. Semisalnya dari warna yang tersedia, ukuran, brand dan juga sistem pengiriman. Ini akan membantu calon pembeli bisa membayangkan sepatu yang akan dibeli. 

7. Promosi

Sudah tidak mungkin bila tanpa promosi sepatu akan terjual. Lakukanlah promosi sebanyak-banyaknya. Seperti yang tadi sudah disinggung, Anda bisa melakukan promosi melalui media sosial. Bisa juga Anda memberikan potongan harga atau gratis ongkir untuk bisa menarik minat pembeli. 

Modal Memulai Bisnis Sepatu

Modal yang sekiranya dibutuhkan untuk membuka bisnis sepatu adalah sekitar 10 juta hingga 15 juta rupiah. Modal tersebut jika Anda ingin menjual sepatu branded dengan kisaran harga 350 ribu sampai 2,5 juta rupiah. Apabila Anda ingin menjual sepatu dengan brand sendiri, maka kira-kira modal yang dibutuhkan 5 juta hingga 7 juta rupiah saja. 

Demikianlah penjelasan 7 cara memulai bisnis sepatu dan juga kisaran modal yang dibutuhkan. Saat membuka bisnis ini, hal paling utama adalah dengan mengikuti trend serta mendapatkan sepatu dengan kualitas yang baik. 

You may also like