Home Tips 7 Buku Tentang Finansial yang Bisa Dijadikan Pilihan

7 Buku Tentang Finansial yang Bisa Dijadikan Pilihan

by Mas Abadi

Bagi kamu yang ingin belajar mengenai finansial, tentu saja dengan belajar dari media digital yang diunggah oleh para ahli keuangan di media sosial seperti Youtube, TikTok, Instagram dan beberapa media digital lainnya tidak akan cukup. Maka dari itu, tidak heran jika banyak orang yang belajar finansial memilih untuk membaca dari buku saja.

Ini Buku-Buku Tentang Finansial yang Bisa Jadi Pilihan Terbaik

Apabila kamu sedang mencari referensi, berikut ini adalah daftar 7 buku tentang finansial yang bisa kamu jadikan sebagai pilihan. Ada apa saja, intip yuk!

The Total Money Makeover

Seorang analis, ahli serta seorang praktisi dalam dunia finansial, Dave Ramsey telah menuliskan buku dengan judul “The Total Money Makeover”. Jika dilihat dari pengalamannya dalam bidang finansial sudah tidak bisa diragukan lagi, karena sudah memiliki pengalaman selama 20 tahun lamanya.

Dave Ramsey menuliskan pengalamannya sendiri dalam hal finansial ke dalam buku ini. Ia juga menambahkan beberapa ilmu dalam hal finansial agar pembaca bisa teredukasi tentang finansial. Dalam buku ini, Ramsey menuliskan hal yang sangat penting serta memberikan arahan yang benar tentang adanya mitos dalam dunia finansial. Beberapa diantaranya adalah tentang dana pensiun serta dana darurat.

The Millionaire Next Door

Penulis dari buku ini adalah William D Danko dan Thomas J Stanley. Buku ini menjelaskan bagaimana hasil penelitian dari kedua penulis tersebut mengenai jutawan.

Terdapat suatu hal yang cukup menarik perhatian yang sudah dituliskan dalam buku yang satu in. Menjelaskan bahwa terdapat jutawan yang hidupnya tidak mewah. Hidup dari jutawan tersebut berada di suatu lingkungan yang biasa serta kendaraan yang dimiliki juga biasa saja.

Selain itu, juga memberikan gambaran bahwa seorang jutawan memiliki kehidupan yang biasa saja. Hal ini sangat bertentangan dengan imajinasi orang pada umumnya yang berpikir bahwa jutawan pasti akan hidup serba mewah.

50 Financial Wisdom

Datang dari Indonesia, penulis buku tentang finansial tersebut adalah Eko P Pratomo. Buku ini ditulis dalam bentuk series. Terdapat topik yang sudah dibahas dengan cara yang khusus pada setiap seri buku yang sudah diterbitkan. Buku yang satu ini juga dikenal menggunakan bahasa yang mudah untuk dipahami, bahkan oleh orang awam sekalipun.

Make Your Kid A Money Genius (Even If You’re Not)

Buku yang satu ini ditulis oleh Beth Kobliner yang memberikan ajaran kepada orang tua mengenai finansial, dengan dasar pengalaman pribadi Beth sendiri. Bertujuan supaya orang tua memberikan ajaran kepada anak-anak mereka agar lebih sadar terhadap keuangan.

Supaya anak-anak dapat dengan bijaksana dalam menggunakan uang ketika sudah beranjak dewasa nanti. Selain itu, dalam buku tersebut juga mengajarkan kepada orang tua bagaimana mengajarkan anak-anaknya supaya tidak berhutang dan masih banyak ilmu keuangan lainnya. 

Tidak hanya itu saja, buku yang satu ini juga membahas mengenai keuangan yang rumit bisa jadi mudah dan juga bisa sederhana. Maka dari itu, bagi orang tua pun buku ini akan mudah untuk dipahami.

Rich and Poor Dad

Tahun 1997 buku tersebut rilis dan ditulis oleh seseorang yang bernama Robert Kiyosaki dan Sharon Letcher. Buku tentang finansial yang bertajuk “Rich and Poor Dad’ tersebut menceritakan mengenai pengalaman pribadi langsung dari sang penulis tentang kehidupan keluarganya sendiri yang memiliki perbedaan dengan keluarga dari temannya yang lebih kaya.

Jangan khawatir, dalam buku tersebut juga memberikan tips penting mengenai keuangan. Bahkan, dalam bukunya juga menjelaskan bahwa utang bukan sesuatu yang seburuk itu. Selain itu, terdapat cara yang dijelaskan mengenai seseorang bisa juga menjadi kaya tanpa memiliki gaji yang banyak.

I Am Net Worthy

Buku ini ditulis oleh Claire Smith, dan ia menjelaskan tentang bagaimana caranya supaya bisa menghadapi suatu pinjaman, tagihan, menabung, mulai kredit dan masih banyak yang lain.

Buku yang satu ini sangat cocok bagi kamu yang seorang milenial, terutama yang sedang mengalami kebingungan dalam bagaimana mengelola finansial pribadi dengan baik dan benar. Bahkan, dalam buku yang bertajuk “I Am Net Worthy” tersebut, Claire Smith juga telah melakukan kerjasama dengan 9 penulis lain. Kemudian, Claire Smith menjelaskan berbagai macam sudut pandang tentang finansial yang sudah dikumpulkan.

Get A Financial Life

Buku yang sangat populer tersebut adalah terbitan dari New York Times. Tidak heran jika buku yang satu ini mengalami beberapa pembaruan berkali-kali. Buku tentang finansial yang satu ini bertujuan untuk pembaca yang usianya sudah matang atau dewasa.

Bagi kamu yang menginjak usia yang sudah matang atau dewasa dan memerlukan panduan, pengetahuan dan tips dalam urusan mengatur finansial. Buku yang satu ini bisa jadi pilihan terbaik untuk kamu.

You may also like