Home keuangan 6 Tips Pinjam Uang di Pinjol, Waspada Masih Banyak Layanan Pinjaman Online Bodong

6 Tips Pinjam Uang di Pinjol, Waspada Masih Banyak Layanan Pinjaman Online Bodong

by admin
Rincian Gaji ke-13 PNS Semua Golongan yang akan Cair Juni 2023(UNSPLASH/Mufid Majnun)

EduFinansial – Menjamurnya layanan pinjaman online dewasa ini tak kurang turut pula dibarengi dengan pihak-pihak tidak bertanggung jawab yang membuat layanan bodong dari jenis tersebut, Tak memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) merupakan salah satu ciri khas layanan pinjaman online bodong. Selain itu, beberapa hal lain juga turut pula diwaspadai dari kian bermunculannya jenis layanan pinjaman online tak berizin alias ilegal tersebut.

Disebut pula fintech lending, pinjaman online adalah salah satu solusi mudah untuk mendapatkan pendanaan dalam bentuk uang tunai dengan syarat mudah dan tanpa proses berbelit. Hal tersebut menjadikan layanan ini kian marak ditemukan di tengah-tengah masyarakat.

Layanan pinjaman online atau pinjol sering muncul dalam bentuk aplikasi maupun laman (website). Beberapa bahkan sudah kita temui melalui layanan aplikasi belanja, misalnya Shopee dengan layanan SPinjam mereka atau Lazada dengan LazBon mereka.

Menjadi pengawas yang juga memiliki kewenangan untuk memeriksa, memberikan izin, dan menyelidiki layanan fintech lending, OJK memberikan enam tips aman pinjam uang melalui layanan pinjaman online (pinjol). Beberapa tips di bawah ini digunakan sebagai salah satu cara untuk tidak terjebak utang dengan pinjaman online, maupun lebih parah lagi, yaitu terjebak dengan layanan pinjol ilegal alias pinjol bodong tak berizin OJK.

Perhatikan tips berikut sebelum mulai melakukan transaksi dengan layanan pinjaman online.

Jangan kalap, pinjamlah sesuai kebutuhan

Mudahnya mengajukan peminjaman uang melalui layanan pinjol bukan berarti membuat pengguna kalap. Pinjamlah sesuai kebutuhan dan digunakan untuk kegiatan produktif. Sesuaikan pula, misalnya maksimal dari 30% jumlah penghasilan, sebelum mengajukan pinjaman uang ke pinjol.

Jangan mengajukan pinjaman untuk menutup utang

Jangan mengajukan pinjaman untuk menutup utang alias gali lubang tutup lubang. Prioritaskan gaji yang diterima untuk membayar cicilan utang pinjaman online.

Lunasi cicilan tepat waktu

Poin di atas masih berkaitan dengan poin ini, yaitu melunasi cicilan tepat waktu. Hal ini patut diperhatikan terutama untuk menghindari denda keterlambatan dari pinjol yang tergolong tinggi.

Pilih pinjol dengan bunga dan denda rendah

Jangan terburu-buru memilih layanan pinjol, pastikan Anda telah memahami bunga dan denda yang diberikan oleh layanan pinjaman online terkait. Pelajari dan survei terlebih dahulu tentang bunga dan denda yang ditawarkan.

Pilihkan pinjaman online yang menawarkan bunga dan denda paling rendah. Hal ini bertujuan untuk meringankan cicilan.

Pastikan pinjol telah kantongi izin OJK

Di atas telah sedikit dijelaskan bahwa hingga sekarang ini, layanan pinjaman online ilegal alias pinjol bodong masih bertebaran di tengah masyarakat. Modus rayuan berikut tampilan pinjol bodong yang bahkan beberapa mirip layanan fintech lending asli menjadi salah satu hal yang patut diwaspadai.

Periksa apakah perusahaan layanan pinjaman online yang ingin Anda tuju memang memiliki alamat yang jelas, tidak memaksa meminta data keseluruhan dari isi ponsel Anda, serta tidak memberikan bunga dan denda yang terlalu melambung tinggi.

Selain itu, cara terampuh lainnya adalah dengan memeriksa izin perusahaan fintech lending bersangkutan di laman resmi OJK atau melalui Kontak OJK 157.

Penting untuk memahami kontrak perjanjian

Kontrak perjanjian pasti akan diberikan ketika Anda menghubungi layanan pinjaman online, Jangan tergiur dan langsung menandatangani kontrak perjanjian, perhatikan dengan benar poin-poin yang diberikan. Bertanyalah jika merasa janggal maupun kurang jelas.

Demikian, beberapa hal yang wajib diperhatikan sebelum melakukan transaksi dengan layanan pinjaman online, salah satunya untuk menghindari layanan pinjol bodong alias tidak berizin OJK.***

You may also like