Home Tips 6 Tips Penting Melangsungkan Pernikahan Tanpa Hutang

6 Tips Penting Melangsungkan Pernikahan Tanpa Hutang

by Mas Abadi
pernikahan tanpa hutang

Apakah tahun ini Anda sudah menargetkan untuk menikah? Mungkin dari Anda sudah membayangkan beberapa bentuk pernikahan yang diimpikan. Karena hubungan yang Anda lalui akan naik satu level dan sudah membayangkan bersama-sama mengarungi kehidupan dan berbahagia bersama-sama. 

Melangsungkan pernikahan memang menjadi tujuan yang terbaik, tetapi impian untuk mewujudkan pernikahan yang sesuai ekspektasi memerlukan biaya yang tidak sedikit. Sehingga banyak orang yang terkadang memutuskan untuk melangsungkan pernikahan dan berhutang sana-sini.

Hal tersebut tentu akan memberikan banyak permasalahan nantinya, sehingga harus benar-benar bijak dalam memperhatikannya. Nah, berikut ini beberapa tips untuk Anda yang ingin melangsungkan pernikahan dan bebas hutang, simak yuk. 

Melangsungkan Pernikahan Tanpa Hutang

1. Mempersiapkan Biaya Pernikahan 

Untuk Anda yang sudah mantap dan berkomitmen untuk melangsungkan hubungan ke tahap atau jenjang pernikahan, maka mulai sekarang untuk mempersiapkan biaya pernikahan. Bagian ini juga sangat penting untuk Anda pahami, sehingga kedepannya estimasi biaya yang akan dihabiskan sudah masuk dalam hitungan yang diinginkan. 

Hal ini harus Anda komunikasikan terlebih dahulu dengan calon pasangan Anda nantinya, jika Anda berdua telah menyepakati untuk menikah dalam setahun atau dua tahun kedepan, maka sudah bisa mempersiapkan beberapa biaya pernikahan yang akan dihabiskan. Kondisi satu ini perlu dan penting untuk Anda lihat agar bisa melangsungkan pernikahan yang sesuai keinginan. 

2. Tidak Hanya Perencanaan Saja 

Jika Anda tidak ingin melangsungkan pernikahan dengan hutang, tahapan selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk menyusun beberapa rencana yang ada. Hal ini juga sangat penting untuk Anda lihat secara menyeluruh. Karena banyak kasus yang ada ketika seseorang memutuskan menikah dan memutuskan menghutang, terpengaruh oleh impian pernikahan. 

Semuanya harus Anda pertimbangkan secara matang dan jangan sampai Anda salah dalam memutuskannya, sebab tindakan satu ini benar-benar penting untuk dipahami dengan jelas. Hal inilah yang menjadi pertimbangan dan jangan sampai salah dalam memutuskannya. Sedini mungkin harus ada perencanaan cadangan yang bisa disesuaikan dengan budget yang dimiliki. 

3. Perencanaan Tabungan 

Langkah berikutnya memang biaya pernikahan yang diinginkan dan diimpikan menghabiskan biaya yang tidak sedikit. Untuk bisa melakukannya sendiri Anda tinggal merencanakan semuanya dengan mempersiapkannya dengan tabungan yang sudah direncanakan dan dilakukan sejak lama, sehingga biaya pernikahan nantinya tidak terlalu besar. 

Hal ini memang harus bisa Anda pahami dengan jelas dan menyeluruh. Pada proses satu ini juga bisa Anda pahami dengan jelas mengenai kebutuhan dalam melangsungkan pernikahan. Dengan begitu, tidak ada salahnya Anda berdua untuk memutuskan menabung bersama-sama untuk meringankan biaya pernikahan yang diinginkan kedepannya. 

4. Bantuan Keluarga dan Sahabat

Mungkin bagian satu ini memang harus Anda perhatikan secara matang dan jelas, karena meminta bantuan kepada orang lain meskipun keluarga atau orang terdekat ada beberapa rasa yang tidak enak untuk dilakukan. Tetapi, jika kebutuhannya sendiri untuk melangsungkan pernikahan yang jauh lebih hemat tidak ada salahnya mencoba. 

Dalam tahap ini asal Anda meminta bantuan yang masih dalam tahap wajar dan tidak begitu berlebihan, melibatkan orang terdekat asal tujuannya baik dan komunikasinya juga cukup jelas tidak ada salahnya untuk meminta bantuan. Mungkin saja mereka akan lebih bersemangat dan membantu Anda untuk melangsungkan pernikahan yang jauh diatas ekspektasi Anda tersebut. 

5. Selektif Memberi Undangan 

Apabila Anda ingin melangsungkan pernikahan dan tidak mengalami biaya yang terlalu membengkak, sehingga menimbulkan hutang bisa dilakukan dengan memperhatikan beberapa biaya yang sesuai dengan kemampuan Anda miliki. Bagian satu ini sangat penting untuk Anda lihat agar tidak ada biaya tambahan diluar ekspektasi Anda habiskan nantinya. 

Saran terbaik yang bisa Anda lakukan adalah lebih selektif dalam menentukan undangan sebelum melangsungkan pernikahan. Tahapan satu ini sangat penting untuk lebih terukur dan jelas dalam memahaminya, sehingga tidak ada permasalahan yang akan membuat biaya pernikahan yang Anda lakukan akan lebih besar. 

Undang saja keluarga, sahabat, dan rekan kerja yang sudah lama dikenal, sehingga tamu undangan tidak terlalu banyak dan biayanya pun akan lebih murah. 

6. Sesuaikan Dengan Budget 

Terkadang banyak orang melangsungkan pernikahan yang menghutang sendiri diakibatkan oleh biaya budget yang tidak sesuai dengan kesanggupan. Padahal bagian satu ini sangat penting dan mutlak untuk dipahami bersama-sama. Terpenting jangan sampai Anda melebihi dari biaya yang telah Anda tentukan dan sesuaikan. 

Apabila Anda salah dalam menentukannya akan ada banyak kerugian yang menanti dan hutang yang menumpuk setelah pernikahan. Jangan sampai Anda salah dalam melakukannya, semua prosesnya harus benar-benar bisa Anda pahami dan sesuaikan dengan budget yang dimiliki saja. 

 

Hal ini sangat penting untuk dipertimbangkan, apabila Anda ingin melangsungkan pernikahan dan tidak ingin hutang harus memperhatikan beberapa bagian tersebut. 

You may also like