Home keuangan 6 Strategi Mengelola Keuangan untuk Yang Baru Pertama Kali Bekerja 

6 Strategi Mengelola Keuangan untuk Yang Baru Pertama Kali Bekerja 

by admin

Mereka yang baru pertama kali memasuki dunia kerja atau baru mendapat pekerjaan, gaji pertama merupakan hal yang istimewa bagi mereka. Saat mendapat gaji pertama, Anda pasti ingin membeli sesuatu yang Anda impikan menggunakan hasil kerja Anda tersebut. Namun, agar tidak habis terbuang begitu saja, Anda memerlukan strategi untuk mengelola keuangan yang baik untuk gaji pertama Anda.

Kemudian, dengan mengatur keuangan sejak dini, maka Anda akan merasa terbiasa untuk mengelola keuangan Anda dengan lebih baik kedepannya. Hal tersebut akan membantu Anda mempunyai kondisi finansial yang baik. Nah, beberapa strategi atau tips yang akan dijelaskan berikut ini tidak akan sulit untuk diterapkan.

 

  • Tentukan Anggaran Pengeluaran

Anda dapat menentukan anggaran untuk pengeluaran dalam jangka waktu satu bulan. Menyusun anggaran atau budgeting bukan merupakan hal yang sulit untuk dilakukan. Anda dapat melakukannya secara manual, yaitu dengan menuliskannya di atas kertas, maupun di handphone atau komputer. 

 

Catat perkiraan berbagai jenis pengeluaran yang akan Anda butuhkan. Kemudian beberapa hal yang biasanya ada di dalam anggaran pengeluaran atau budgeting adalah pengeluaran makan, tabungan, uang transportasi, dan lain sebagainya. Anggaran ini nantinya akan menjadi pedoman untuk Anda menggunakan gaji agar sesuai dengan kebutuhan Anda. Lalu, jika semua kebutuhan pokok telah terpenuhi, Anda dapat menambahkan anggaran untuk hiburan.

  • Siapkan Dana Darurat dan Tabungan

Langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan untuk mengatur keuangan Anda ialah dengan menyisihkan gaji atau pendapatan Anda untuk ditabung dan dana darurat. Alokasikan beberapa persen dari pendapatan Anda untuk tabungan dan dana darurat, sebab hal tersebut cukup krusial untuk dilakukan. Usahakan untuk menyisihkan tabungan dan dana darurat di awal setelah Anda menerima gaji. 

Anda tidak harus menabung dengan dana yang besar, akan tetapi, sesuaikan dengan pendapatan dan pengeluaran Anda. Mungkin, jika masih awal, Anda dapat memulainya dengan persentase 10%. Asal dilakukan secara rutin. Ketika nantinya Anda telah menyelesaikan berbagai tagihan dan memenuhi pengeluaran, maka Anda dapat menabung sisanya.

 

  • Sebisa Mungkin Hindari Hutang atau PInjaman

Sebisa mungkin Anda harus menghindari hutang atau pinjaman. Mungkin Anda memiliki kebutuhan yang harus dipenuhi, namun ternyata pendapatan atau gaji Anda tidak dapat menutupi kebutuhan Anda. Jika keadaannya demikian, pada akhirnya Anda mungkin harus berhutang sehingga Anda dapat menutupi kebutuhan tersebut. Jika memang harus berhutang, pastikan Anda telah memperhitungkannya dan memastikan Anda dapat membayarnya. 

 

Namun, jika berhutang hanya untuk memenuhi kebutuhan yang tidak begitu penting, lebih baik jangan dilakukan. Sebab hal tersebut bisa membuat Anda semakin kesulitan dalam mengatur keuangan Anda. Jika Anda tidak dapat mengatur keadaan keuangan Anda dengan bijak, maka hal tersebut dapat mempengaruhi kesehatan finansialmu.

 

  • Sediakan Setidaknya Dua Rekening

Hal ini juga perlu Anda siapkan saat Anda telah menerima gaji pertama. Anda memerlukan minimal dua buku tabungan atau rekening yang akan digunakan untuk tujuan yang berbeda-beda. Rekening pertama digunakan untuk mempermudah Anda dalam melakukan berbagai jenis transaksi, seperti transportasi, belanja bulanan, dan sebagainya. 

Kemudian rekening kedua, dapat Anda gunakan sebagai tempat menabung dengan rutin. Ketika Anda menerima gaji, Anda perlu mentransfer dana tabungan dan darurat ke rekening ini. Dengan demikian, target menabung Anda juga akan tercapai. Anda dapat menggunakan dana tabungan untuk kegiatan atau hal yang Anda inginkan.

  • Jangan Langsung Membuat Kartu Kredit

Perlu diingat, bahwa mempunyai kartu kredit bukan merupakan sebuah kewajiban. Anda dapat tetap beraktivitas dengan normal meskipun tidak memiliki kartu kredit. Maka dari itu, lebih baik jangan terburu-buru untuk mempunyai atau membuat kartu kredit. Anda memang boleh memilikinya, namun jika Anda memang benar-benar membutuhkan. 

Anda harus selalu mengingat bahwa kartu kredit merupakan hutang yang wajib Anda bayar dengan rutin. Dana yang berada di dalam kartu kredit, bukanlah uang milik Anda. Pikirkan juga bunga yang perlu Anda bayar nantinya setiap ada tagihan kartu kredit. 

 

  • Mulai Belajar Berinvestasi

Belajar investasi sejak dini merupakan salah satu langkah mengatur keuangan yang dapat membantu Anda untuk mewujudkan berbagai rencana Anda di masa depan. Apalagi saat ini telah tersedia berbagai jenis instrumen investasi yang dapat Anda jajal. Anda hanya perlu untuk mengunduh aplikasinya, kemudian Anda dapat langsung berinvestasi. 

 

Akan tetapi, Anda tetap harus mempelajari jenis investasinya lebih dahulu supaya Anda tidak kapok melakukan investasi saat baru saja memulainya. Lalu setelah Anda memahami dasarnya, Anda dapat melanjutkan investasi sambil terus belajar dan nantinya Anda dapat masuk ke dalam dunia investasi yang lebih advance.

 

Itulah beberapa tips untuk mengatur keuangan bagi Anda yang pertama kali bekerja. Anda dapat memulainya dari awal secara perlahan agar nantinya semakin terbiasa.

 

You may also like