Home Tips 6 Pengusaha Sukses Indonesia yang Ternyata Berasal dari Keluarga Miskin

6 Pengusaha Sukses Indonesia yang Ternyata Berasal dari Keluarga Miskin

by Greg Pascal
pengusaha sukses di indonesia

Menjadi pengusaha sukses dan kaya memang bukan perkara mudah kecuali anda berasal dari keluarga kaya yang hartanya tidak habis dimakan oleh 7 turunan. Namun, untuk menjadi sukses, anda juga tidak harus berasal dari keluarga kaya, karena pada faktanya banyak orang sukses dan kaya bahkan jadi miliarder padahal mereka berasal dari keluarga miskin 

Orang – orang tersebut telah merasakan banyak pengalaman terkait kepahitan hidup sejak kecil. Untuk itu, mereka akhirnya bekerja keras untuk meraih keuntungan dan menghindari kepahitan hidup itu lagi. 

Mereka terus mencari cara bagaimana caranya untuk mengumpulkan uang lebih banyak lagi. Hingga pada akhirnya, mereka memiliki jumlah kekayaan di atas rata – rata dan menduduki jajaran orang – orang terkaya di Indonesia. 

Untuk itu, anda tidak perlu minder jika ingin kaya sedangkan keluarga anda berasal dari latar belakang orang tidak mampu. Buktinya sudah ada banyak kisah sukses dari latar belakang tersebut. 

Berikut adalah kumpulan orang terkaya di Indonesia yang ternyata berasal dari keluarga miskin.

1. Dahlan Iskan

Kisah sukses Dahlan Iskan dimulai sejak Ia masih kecil, Ia hanya memiliki satu stel pakaian saja yaitu kaos, celana dan satu sarung. Ayahnya adalah pekerja serabutan dan ibunya adalah pengrajin batik. 

Sepulang sekolah, Ia harus membantu kedua orang tuanya untuk mencari uang. Segala pekerjaan Ia jalani, mulai dari menjadi kuli hingga menggembala kambing. 

Berkat latar belakangnya yang berasal dari keluarga kurang mampu itu, Ia terus bekerja keras untuk mendapatkan pekerjaan lebih baik lagi. Hingga pada akhirnya, kini Ia menjadi pengusaha ternama di Indonesia lewat bisnis media, real estate, hotel, dan perusahaan yang berkaitan dengan listrik.

Dia juga pernah memimpin perusahaan PLN dan menjadi menteri BUMN. Sekarang, total kekayaannya tercatat sebesar US$ 445 Juta. 

2. Sudono Salim

Sudono Salim memiliki nama lain yaitu Liem Sioe Liong. Ia berasal dari desa kecil di China. Ia menapakkan kakinya di Indonesia untuk pertama kali pada tahun 1939. 

Pada saat itu, China termasuk negara yang sangat miskin, hingga pada akhirnya banyak warga China yang lebih memilih untuk mengadu nasib ke negara lain. 

Sudono Salim terlahir sebagai anak petani yang serba kekurangan. Ia juga pernah mengalami putus sekolah karena masalah ekonomi. 

Setibanya di Indonesia, Ia mencoba memulai sebuah bisnis, menjadi pemasok cengkeh di Semarang dan Kudus. Hingga pada akhirnya Ia berhasil membangun kerajaan bisnis Grup Salim yang membawahi beberapa perusahaan Indofood. 

Pada tahun 2006, Ia menjadi pengusaha terkaya se-Indonesia dan menduduki peringkat ke 10 orang terkaya di Indonesia dengan total kekayaan US$ 800 juta. Namun, Sudono Salim telah meninggal pada tahun 2012.

pengusaha sukses di indonesia

Baca Artikel Selanjutnya :

3. Tommy Winata

Tommy Winata adalah pebisnis dari berbagai bidang, mulai dari bisnis properti, perbankan, dan transportasi di Grup Artha Graha. 

Ia adalah seorang yatim piatu dan harus berusaha memenuhi kehidupannya sendiri sejak kecil. Jadi, sejak kecil Ia sudah terbiasa untuk tidak bergantung kepada orang tuanya. 

Untuk anda yang juga yatim piatu, jangan patah semangat, anda juga memiliki kesempatan untuk sukses. Sedangkan anda yang masih memiliki orang tua, bahagian baik – baik orang tua anda dengan menjadi orang sukses, karena kesempatan anda untuk menjadi sukses adalah lebih besar. 

Berkat kegigihannya dalam berbisnis, Ia berhasil menjadi konglongmerat di Indonesia dengan total kekayaan US$ 900 juta.

4. Ciputra 

Nama Ciputra sangat dikenal di bisnis properti. Ia telah sukses mengembangkan Jaya Group, Metropolitan Group dan Ciputra Group. Sejak kecil, Ia hanya tinggal berdua dengan Ayahnya dengan kondisi hidup yang serba sulit. 

Ia lahir dan tumbuh di Parigi, Sulawesi Tengah. Ayahnya, Tji Siem Po, pernah tertangkap oleh para pasukan tidak dikenal dengan tuduhan sebagai mata – mata penjajah. 

Total kekayaan yang berhasil Ia kumpulkan adalah sebenar US$ 1,6 miliar.

5. Chairul Tanjung

Saat remaja, Chairul Tanjung mengalami kesulitan ekonomi yang sangat parah. Usaha Ayahnya terpaksa ditutup karena bertentangan dengan penguasa. 

Ayahnya juga adalah seorang wartawan yang bekerja mengelola penerbitan surat kabar kecil. 

Akibat usahanya yang tutup itu, tempat tinggalnya dijual, lalu mereka pindah ke tempat tinggal sempit di Keramat Jaya, Stesen, Jakarta Pusat. 

Chairul Anwar adalah seorang yang rajin, gigih, dan pintar. Berkat kerja kerasnya, Ia berhasil masuk ke Fakultas Kedokteran UI. Untuk membiayai kuliahnya, Chairil Anwar mencoba membuka usaha foto kopi di ruang sempit bawah tangga kampus. 

Berkat kegigihannya, sekarang Ia berhasil membesarkan CT.Corporation yang sebelumnya memiliki nama Para Group. Total kekayaannya adalah US$ 4,8 miliar. 

Itulah beberapa kisah pengusaha sukses di Indonesia yang pada mulanya berasal dari keluarga tidak mampu. Jika anda berasal dari keluarga tidak mampu jug, jangan minder, semua bisa sukses asalkan mau berjuang. Berdasarkan kisah – kisah inspirasi di atas, kita bisa ambil kesimpulan, bahwa cara jadi sukses adalah dengan semangat dan kegigihan yang tinggi. 

You may also like